Kosha Ramen: Gurih Pekat Ramen Bertopping US Beef yang Kenyal Juicy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Feb 2018 18:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Kemang Village, ada restoran ramen baru. Menu andalannya ramen kaldu sapi dengan topping irisan US Beef yang kenyal juicy. Slurrpp!

Semakin banyak restoran ramen di Jakarta. Sajian mie asal Jepang ini memang sudah mendapat tempat di hati banyak foodies. Apalagi pilihan jenis ramen makin beragam.

Paduan mie tipis dalam kuah gurih hangat membuat ramen selalu diincar, apalagi dalam cuaca mendung! Penasaran dengan yang baru di Jakarta, kami mampir ke Kosha Ramen di Kemang Village.

Kosha Ramen: Gurih Pekat Ramen Bertopping <i>US Beef</i> yang Kenyal <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Berlokasi di lantai Upper Ground, bangunan Kosha Ramen menarik perhatian karena menghadirkan suasana Jepang yang kental. Bagian depannya ada torii gate khas Jepang. Sementara suasana dalamnya seperti di yatai atau gerai khas Jepang.

Kami berkesempatan mengintip proses perebusan mie ramen yang dibuat sesaat ada pesanan. Ada 9 jenis ramen di sini mulai dari shoyu, kuro, tobanjang, miso, tan tan dan seafood. Kami tak melewatkan US Beef Ramen (Rp 100.000) yang jadi andalan dan Tan Tan Ramen (Rp 60.000).

Proses perebusan ramen rupanya tak lama. Hanya butuh 50 detik untuk merebus mie homemade ini. Tiap mangkuk ramen lalu diracik dengan pelengkap berbeda, sesuai pesanan pengunjung.

Kosha Ramen: Gurih Pekat Ramen Bertopping <i>US Beef</i> yang Kenyal <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

US Beef Ramen disajikan dalam mangkuk lebar. Nampak irisan jamur kuping, tauge, daun bawang dan taburan wijen dalam semangkuk ramen ini. Yang jadi primadona adalah beef yakiniku dari irisan US beef.

Lembaran daging sapi impor ini dipadukan irisan bawang bombay. Warnanya cokelat gelap dengan aroma gurih khas daging yang menggoda. Porsi dagingnya cukup royal dengan selingan lemak yang gurih juicy!

Semakin enak dipadukan mie ramen yang tipis, lembut dan kenyal. Apalagi gurih kaldu dagingnya lumayan kuat. Nampak titik-titik genangan minyak di permukaannya. Slurrpp!

Kabarnya kaldu ini dibuat dari daging sapi yang diproses selama 40 jam. Ramen Kosha mengklaim sebagai penyedia US Beef Ramen pertama dengan kuah seperti ini.

Kosha Ramen: Gurih Pekat Ramen Bertopping <i>US Beef</i> yang Kenyal <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Ingin mencari yang pedas, langsung saja kami mencicip Tan Tan Ramen. Wah, tampilannya bikin kami ngiler dengan kuah kental. Tercium sedikit aroma pedas khas sambal dari ramen ini.

Tan Tan Ramen dilengkapi cincangan daging sapi, irisan daun bawang dan jamur kuping. Porsinya sama besar dengan US Beef Ramen. Hanya saja kuahnya berwarna oranye kemerahan.

Huahh! Pedasnya ramen terasa namun sengatannya tak terlalu kuat. Dibanding ramen tan tan yang pernah kami coba di tempat lain, kuah ramen Kosha Ramen lebih kental. Aroma dan rasa pedasnya mengingatkan kami akan sambal goreng khas Indonesia.

Oh iya, selain ramen, Kosha Ramen punya Cha Han (Rp 40.000). Alias nasi goreng ala Jepang yang dilengkapi potongan ayam, telur, wortel dan daun bawang. Cita rasanya tak jauh berbeda dengan nasi goreng Indonesia, hanya saja nasinya lebih pulen.

Kosha Ramen: Gurih Pekat Ramen Bertopping <i>US Beef</i> yang Kenyal <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Sebagai pelengkap nasi goreng, ada Karaage (Rp 35.000) yang kami pesan. Tiga potong ayam goreng tepung dilengkapi salad wortel, kol dan mayonnaise.

Aroma gurih ayam goreng amat menggoda, mirip buttermilk. Tekstur ayam gorengnya lembut dan juicy, sementara tepungnya empuk alias tak terlalu renyah. Sangat pas dipadukan nasi goreng Jepang.

Wah, santap ramen dan nasi goreng kami sore di sini lumayan memuaskan. Kalau mampir ke sini, pastikan mencicip US Beef Ramen-nya. Ada juga ramen bebek untuk kamu yang suka. Mampir, yuk!

Kosha Ramen
Kemang Village (Lippo Mall), Lantai Upper Ground OD3
Telepon: 021 29528389

(adr/odi)