Kopi Kecil: Santai Sore Ditemani Es Kopi Susu dan Chocolate Fudge Cupcake

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Feb 2018 18:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sore ini mau santai? Kopi Kecil di Salihara bisa jadi pilihan. Ada racikan es kopi susu kekinian dan cupcake manis lembut sebagai pendampingnya.

Kopi Kecil baru buka cabang pertamanya di kawasan Salihara, Jakarta Selatan. Kedai kopi mungil ini sebelumnya sudah ada di Jalan Kayu Putih Raya, Pulo Gadung.

Berlokasi di Komunitas Salihara yaitu pusat seni yang didirikan Goenawan Mohamad, ruangan Kopi Kecil menyatu dengan gerai Nasi Pedes. Nampak mesin kopi mungil di bagian depan, dilapisi kayu bertuliskan Kopi Kecil sebagai penanda.

Kopi Kecil: Santai Sore Ditemani Es Kopi Susu dan <i>Chocolate Fudge Cupcake</i>Foto: dok. detikFood

Interiornya dihiasi lantai hitam putih berpola batik dan dinding bata merah. Ada juga logo Kopi Kecil berlatar hitam di bagian dinding utama. Ruangan ini bisa menampung sekitar 4 orang saja.

Kalau mau bersantap di luar juga bisa karena ada area makan yang terbuka bagi semua pengunjung Komunitas Salihara. Mampir ke sini kami tak melewatkan Es Kopi Susu Manis (Rp 19.000) yang jadi andalan Kopi Kecil.

Es kopi susu kekinian ini dikemas dalam cup plastik. Berupa kopi yang dicampur susu segar, sirup karamel dan es batu. Slurrp! Es kopi susu terasa menyegarkan dengan tekstur cukup kental.

Kopi Kecil: Santai Sore Ditemani Es Kopi Susu dan <i>Chocolate Fudge Cupcake</i>Foto: dok. detikFood

Rasa manis susu tak berlebihan, namun juga tidak pahit khas kopi. Rasanya berada di 'tengah-tengah' dengan jejak aroma dan rasa tambahan karamel yang lebih dominan. Sepertinya es kopi susu ini cocok untuk mereka yang masih suka manis.

Kami juga mencicip Hot Latte (Rp 25.000) yang disajikan dalam cup kertas. Terlihat ada buih foam berbentuk hati di atasnya. Hmmm.. harum aroma kopi tercium lebih kuat dari kopi ini.

Teksturnya tak terlalu kental dengan jejak rasa rempah dan 'nutty' di mulut kami. Agak asam dan sedikit pahit sehingga cocok bagi pencinta kopi sejati.

Kopi Kecil: Santai Sore Ditemani Es Kopi Susu dan <i>Chocolate Fudge Cupcake</i>Foto: dok. detikFood

Santai sore kami ditemani cupcake Red Velvet (Rp 10.000) dan Chocolate Fudge (Rp 10.000). Cupcake red velvet berwarna merah terang dengan krim putih dan serpihan cake berwarna merah di atasnya.

Cupcake ini terasa empuk meski kurang lembap. Tadinya kami mengira krim putih merupakan cream cheese yang biasa dijadikan paduan red velvet. Tapi ternyata rasanya manis mirip susu.

Sementara chocolate fudge cupcake menggunakan adonan cokelat sebagai dasar cupcake. Rasanya sedikit manis pekat khas cokelat. Saat dipotong terlihat ada cokelat cair di bagian tengahnya.

Kopi Kecil: Santai Sore Ditemani Es Kopi Susu dan <i>Chocolate Fudge Cupcake</i>Foto: dok. detikFood

Frosting cupcake terasa seperti mocca. Kami lebih menyukai cupcake ini ketimbang red velvet cupcake yang lebih manis.

Nah, selain latte dan es kopi susu kekinian, Kopi Kecil masih punya banyak pilihan kopi lain. Ada dari kategori Kopi Premium dan Kopi Sehari-hari. Yuk, mampir!

Kopi Kecil
Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu
Telepon: 0813 80666363

(adr/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya