Folk Gospoda : Mencicipi Masakan Tradisional Gaya Dusun Polandia

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 05 Jan 2018 16:48 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Warsawa - Mau mencicipi masakan tradisional Polandia? Di sinilah tempatnya. Sajian home cooking bisa dinikmati dengan suasana keluarga yang hangat.

Restoran Folk Gospoda terletak di tengah kota Warsawa dan menjadi destinasi turis mancanegara. Tempat ini bukan hanya punya sederetan menu tradisional Polandia. Tetapi juga suasana dan kehangatan khas Polandia.

Konon dulu restoran ini berupa pondok yang dibangun pada tahun 2004 menjadi restoran. Setelah sebelumnya terbakar. Bangunan kayu khas rumah tradisional mendominasi restoran yang tak pernah sepi ini.

Beberapa meja kayu panjang memenuhi bangunan kayu, menandakan restoran ini tempat komunal atau kumpul-kumpul keluarga. Apalagi di bagian tengah ada panggung kecil tempat atraksi tari dan musik Polandia.

Folk Gospoda : Mencicipi Masakan Tradisional Gaya Dusun Polandia Foto: detikfood

Menu santap malam kami awali dengan Chicken Boullion atau sup ayam. Disajikan dalam mangkuk dengan isian sederhana layaknya sup ayam. Suwiran ayam, potongan kentang dan mie serta taburan parsley cincang mengisi sup dengan rasa kaldu ayam yang pekat.

Sambil menanti hidangan utama disajikan kami menikmati 'Beer Tower'. Pipa panjang berisi bir dengan keran di taruh di tengah meja. Bir bisa dituang langsung ke gelas-gelas sesuai selera. Sluurp, segarnya!

Folk Gospoda : Mencicipi Masakan Tradisional Gaya Dusun Polandia Foto: detikfood

O,ya kalau ingin menikmati 'country bread' bisa langsung menuju salah satu meja di depan ruangan. Ada beberapa jenis roti dengan bijian yang bisa dipotong sendiri. Meski sedikit liat aroma segar ragi dan terigunya sangat menggoda. Yang menyenangkan, untuk makan 'country bread' ini ada homemade butter. Mentega buatan Folk Gospoda yang creamy harum dan gurih.

Selain mencicipi Homemade Kopytka, gnocchi khas Polandia, ada juga fillet ayam goreng yang dibalut irisan almond dan digoreng kering. Disajikan dengan white sauce dan brokoli dengan kucuran mayonnaise.

Folk Gospoda : Mencicipi Masakan Tradisional Gaya Dusun Polandia Foto: detikfood

Suasana hangat kekeluargaan makin terasa saat pertunjukan musik dimulai. Tiupan klarinet dan petikan cello serta akordeon membuat suasana jadi meriah. Apalagi dilanjutkan dengan tarian polka dari beberapa wanita dan pria.

Ada yang bilang Pola tarian khas Cekoslovakia. Tetapi orang Polanda dari Hongaria timur mengakui tarian ini sebagai tarian khas Polandia. Suara ketukan sepatu di panggung kayu dan suara musik benar-benar terasa meriah dan penari pun mengajak pengunjung ikut bergoyang di panggung.

Folk Gospoda : Mencicipi Masakan Tradisional Gaya Dusun Polandia Foto: detikfood

Sajian penutup berupa Meringue Cake benar-benar memuaskan. Adonan meringue berisi cottage cheese ditaruh di atas biskuit yang renyah. Rasa renyah manisnya jadi enak dengan cocolan saus berry yang asam segar.

Suasana homey dan msakan rumahan Polandia membuat kami betah berlama-lama di sini. Interior khas pedesaan, kayu dengan paduan vitrage katun putih bersulam dan hiasan bunga carnation memberi suasana nyaman.

Kalau suka dengan benda vintage Anda bisa melihat-lihat koleksi setrika, tempat air dan pernak-pernik rumah kuno. Mau bawa oleh-oleh khas? Ada beragam chutney atau acar dan selai buah homemade. Dikemas cantik dalam botol kaca dengan tutup kain kotak merah.

Folk Gospoda : Mencicipi Masakan Tradisional Gaya Dusun Polandia Foto: detikfood

Atau mau Elixir by Dom Wodki yang nikmat dipadu dengan makanan? Bersantap di sini termasuk relatif terjangkau sekitar 60 zloty (mata uang Polandia) untuk 3 pilihan makanan atau sekitar Rp 200 ribu. Kecuali jika ditambah minuman beralkohol seperti wine, whisky atau vodka.

Kami singgah ke tempat ini bersama rombongan Go365Travel dan tur oprator dari beberapa negara Asia. Tak salah jika tempat ini jadi favorit turis. Makanannya enak, suasananya hangat dan para stafnya juga ramah!

Folk Gospada
Waliców 13, 00-865 Warszawa
Polandia
Jam buka : 12.00 - 24.00 (odi/odi)