Sam's Pattiserie : Enaknya Ngemil Danish Pastry hingga Cannoncini yang Renyah Legit

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 08 Des 2017 17:00 WIB
Foto: Odilia Winneke Foto: Odilia Winneke
Jakarta - Menikmati sore dengan secangkir cappuccino di bakery ini sangat menyenangkan. Puluhan jenis pastry hangat tersaji. Mau soft bread dan egg tart juga ada.

Sam's Pattiserie ini terletak bersebelahan dengan Sam's Bistro & Lounge. Bentuk banguan gaya Inggris berwarna hitam jadi ciri khasnya. Bahkan dikenal sebagai spot yang Instagrammable. Tak heran jika selalu saja riuh dengan penggila sosmed yang berfoto tak ada habisnya di berbagai sudut bistro dan pattiserie ini.

Di bagian dalam pattiseri ada sofa dan beberapa tempat duduk. Jadi bisa duduk sambil ngemil pastry dan roti. Kami pilih duduk di sofa dekat pintu masuk sehingga setiap saat bisa mengendus aroma wnagi butter yang menebar dari dapur pastry. Ah, sedapnya.

Bingung! Itulah yang kami rasakan saat harus memilih beragam pastry dan roti yang dipajang di lemari dan kotak-kotak di pattiseri ini. Tampilannya cantik dan ada puluhan jenisnya. Danish pastry, puff pastry, soft bread dengan beragam isian dan roti tawar

Bicolour crossant yang sedang tren juga tersedia hangat. Crosant ini memakai adonan berwarna cokelat dan merah sehingga terlihat belang-belang cantik. Ada yang diberi isian tetapi ada yang diberi infused. Saus ditaruh dalam plastuk tube kecil yang ditancapkan pada tengah croissant. Saat akan dimakan tinggal dipencet hingga mengalir ke tengah croissant.

Sam's Pattiserie : Enaknya Ngemil Danish Pastry hingga Cannoncini yang Renyah LegitFoto: Odilia Winneke

Sebuah mini croissant polos (Rp 10.000) kami cicipi pertama. Tekturnya crunchy dengan bagian dalam lembut berserat. Wangi butternya tercium enak. Bagusnya croissant dibuat ukuran agak kecil sehingga pas dinikmati dalam 2-3 kali suap.

Sam's Pattiserie : Enaknya Ngemil Danish Pastry hingga Cannoncini yang Renyah LegitFoto: Odilia Winneke

Danish pastry yang dipotong dan dibentuk cantik juga tak kalah menggoda. Pineapple danish pastry (Rp 12.500 ) berbentuk segi empat dengan pola menyilang di permukaannya sangat renyah. Nanasnya terasa segar dan tak berlebihan manisnya.

Demikian pula Cannoncini alla crema(Rp 12.500) pastry Italia yang dibentuk silinder seperti cerobong kecil sebesar cerutu. isiannya sangat beragam. Krim pistachio yang berwarna hijau cantik memberi rasa manis lembut. Pas dengan renyah gurih puff pastrynya.

Sam's Pattiserie : Enaknya Ngemil Danish Pastry hingga Cannoncini yang Renyah LegitFoto: Odilia Winneke

Roti manis yang kami cicipi Caramel Cheese Bread (Rp 12.500) juga tak mengecewakan. Tekstur rotinya lembut dengan wangi butter yang semerbak dan lapisan karamel di permukaannya yang legit renyah. Sementara di bagian dalamnya terselip keju cheddar serut yang renyah gurih.

Kami beruntung karena datang menjelang sore, Portuguese Egg Tart yang jadi andalan bakery ini baru dijual pukul 16.00, hanya di akhir pekan saja. Wangi semerbak telur dan butter sudah tercium enak dari egg tart yang disajikan hangat mengepul.

Sam's Pattiserie : Enaknya Ngemil Danish Pastry hingga Cannoncini yang Renyah LegitFoto: Odilia Winneke

Kulitnya renyah gurih dengan custard telur yang lembut halus dan tidak manis dan anyir tetapi justru dominan gurih rasanya. Tetapi tidak berlebihan sehingga terasa enak dikunyah dengan adonan kulit yang garing.

Selain teh hangat, pastry renyah ini enak dinikmati dengan secangkir cappuccino atau cafe latte hangat. Sebaiknya tanpa gula agar rasa gurih manis pastry tetap terasa jejaknya di mulut.

Masih banyak yang ingin kami cicipi. Aneka soft bread dengan beragam topping, cake potong dan beragam varian roti tawar. Pattiserie ini juga dikenal dengan aneka cake cokelat dan ombre dengan semburta warna pastel yang cantik.

Sam's Pattiserie & Boulangerie
Jalan Uskup Agung 15
Medan
Jam buka : 10.00-22.00 (lus/odi)