Hokkaido Izakaya: Gurihnya Soba Saus Wijen Hitam dan Nasi Topping Seafood Hokkaido

Maya Safira - detikFood Jumat, 22 Sep 2017 18:21 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Restoran ini menyediakan hidangan segar Hokkaido. Andalannya ada soba bersaus kacang wijen dan nasi berkuah gaya Hokkaido.

Hokkaido Izakaya termasuk restoran Jepang baru di Jakarta. Lokasinya ada di Pavilion Retail Arcade, Sudirman. Sebelumnya restoran sudah buka cabang di Singapura tahun 2015.

Restoran berkonsep bar tradisional Jepang (izakaya) ini, menyediakan ragam hidangan Hokkaido. Khususnya aneka seafood segar. Ada juga menu soba, oyster, sushi roll, sashimi dan masih banyak lagi.

Ketika mampir ke sana, memang terasa nuansa izakaya. Ada open kitchen tempat pembuatan makanan yang bisa dilihat dari luar. Terdapat juga mini bar tak jauh dari sana.

Hokkaido Izakaya: Gurihnya Soba Saus Wijen Hitam dan Nasi <i>Topping Seafood</i> HokkaidoFoto: dok. detikFood

Interiornya didominasi warna kayu cokelat muda yang memberi kesan nyaman. Sentuhan Jepang dapat terlihat dari dekorasi yang tampak di dinding.

Mengawali santapan, kami mencoba Milk Omelette (Rp 68.000). Omelet ini termasuk salah satu yang favorit dan banyak dibicarakan, meski harganya cukup tinggi.

Berbentuk tebal, pada permukaan telur ada cap bentuk peta Hokkaido. Saat penyajian, seorang staf mengoleskan mentega tawar ke permukaan omelet yang masih hangat. Kemudian omelet bisa disantap bersama cocolan cream cheese.

Hokkaido Izakaya: Gurihnya Soba Saus Wijen Hitam dan Nasi <i>Topping Seafood</i> HokkaidoFoto: dok. detikFood

Telur terasa agak manis dan begitu lembut. Rasanya juga creamy sekaligus wangi olesan mentega. Karena tak terlalu gurih, rasa tersebut didapat dari pemakaian krim keju. Jadi makin enak!

Selanjutnya kami mencicip Ishiyaki Hokkaido Hitsumabushi (Rp 98.000) yang masuk kategori donburi. Makanan sudah termasuk sup panas, kobachi (makanan pendamping) dan tsukemono (acar).

Tersaji dalam mangkuk batu panas (stone pot), nasi dicampur dengan seafood Hokkaido. Termasuk potongan maguro (tuna), salmon, ikan hamachi yang sudah dikukus.

Uniknya ada teko berwarna merah berisi sup untuk pelengkap nasi. Ketika sup tersebut dituang ke dalam nasi, asap pun langsung mengepul. Seketika topping ikan, ikura (telur ikan), irisan telur, nori dan daun bawang di atas nasi langsung tenggelam.

Hokkaido Izakaya: Gurihnya Soba Saus Wijen Hitam dan Nasi <i>Topping Seafood</i> HokkaidoFoto: dok. detikFood

Aroma ikan cukup menyeruak dari sajian. Sebab kaldu yang dituang seperti berasal dari campuran ayam dan ikan. Kaldu ini punya rasa gurih ringan.

Namun ketika semua bahan tercampur, ada sensasi enak dan tidak terlalu gurih dari nasi. Ikannya juga lembut. Apalagi diselingi aroma harum kaldu. Supaya lebih bercitarasa, nasi bisa disantap bersama kobachi yang berbahan ganggang laut dan acar.

Kuro Goma Maze Soba (Rp 120.000) jadi menu terakhir yang kami santap. Kreasi soba dingin ini memakai saus wijen hitam. Memesan menu soba, pengunjung diberi mini onigiri dan sup hangat.

Soba jadi andalan Hokkaido Izakaya. Soba buatan sendiri itu menggunakan gandum hitam asal kota Horokanai, Hokkaido.

Saat tiba di meja terlihat mangkuk ukuran besar. Mie diberi topping irisan nori, wakame, daun bawang, kuning telur dan ayam cincang.

Hokkaido Izakaya: Gurihnya Soba Saus Wijen Hitam dan Nasi <i>Topping Seafood</i> HokkaidoFoto: dok. detikFood

Saus wijen hitam ternyata baru ada di bagian dasar. Sehingga perlu diaduk dulu semua bahan.

Berwarna kehitaman, soba ternyata begitu enak. Ada rasa dan aroma wijen kuat. Cocok bagi penyuka saus wijen.

Meski berjenis dingin, mie tetap enak. Apalagi ada cincangan daging gurih. Keberadaan wakame membuat mie jadi sedikit mirip salad.

Nah, penyuka makanan Jepang bisa memuaskan selera di sini. Bagi yang minum alkohol, tersedia juga minuman khas Hokkaido berupa Kuroisasinshiki Shocu.

Mau mampir? Hokkaido Izakaya buka pukul 11.30-15.00 dan 17.30-22.00.

Hokkaido Izakaya
Pavilion Retail Arcade Lt. Dasar Unit D 07-12
Jl. KH Mas Mansyur Kav. 24
Sudirman
Jakarta Pusat
Telp: 021-29023271




(adr/odi)
Load Komentar ...