Rempah Bali: Gurih Pedas Gurame Bakar Jimbaran dan Nasi Berlauk Ayam Betutu

Maya Safira - detikFood Rabu, 13 Sep 2017 12:07 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Mau makan nasi komplet dengan ayam betutu dan sate lilit? Di sini bisa racik sendiri nasi campur gaya Bali dengan aneka lauk.

Di Citywalk Sudirman ada restoran Rempah Bali yang punya andalan menu khas Pulau Dewata. Dari dekorasinya, bisa terlihat mural nuansa Bali. Mulai dari pura, barong hingga penari Bali.

Rempah Bali: Gurih Pedas Gurame Bakar Jimbaran dan Nasi Berlauk Ayam BetutuFoto: Detikfood


Tak jauh dari pintu masuk, terdapat etalase kaca berisi aneka lauk yang bisa dipilih. Sebab restoran ini menawarkan menu paket berisi nasi, sayuran dan lauk utama. Tersedia tiga paket dengan perbedaan pada jumlah lauknya yang ditandai warna hijau dan oranye.

Untuk menunya, ada makanan Bali maupun makanan rumahan. Seperti ayam suwir kuning, ayam betutu, ayam bakar, ikan tongkol, ikan asin balado, tempe orek, kacang teri, sayur nangka, krecek, urap, terong dan lainnya.

Rempah Bali: Gurih Pedas Gurame Bakar Jimbaran dan Nasi Berlauk Ayam BetutuFoto: Detikfood


Kami memesan Paket 1 (Rp 39.000) dengan dua menu berwarna hijau dan satu warna oranye. Pilihan pun jatuh pada nasi dengan ayam betutu, sate lilit dan urap. Tak ketinggalan tambahan sambal matah.

Potongan paha ayam betutu rasanya pedas gurih. Bumbunya yang gurih pedas meresap sampai ke daging ayam. Pada bumbu tersebut ada irisan cabai, daun jeruk dan serai yang menambah kenikmatannya. Pas dimakan dengan nasi pulen.

Rempah Bali: Gurih Pedas Gurame Bakar Jimbaran dan Nasi Berlauk Ayam BetutuFoto: Detikfood


Sate lilit juga tak kalah enak. Memakai paduan daging ayam dan udang, sate terasa gurih dan lembut pada bagian dalam. Aroma daun jeruk dan jejak kelapa parut tercecap di tiap gigitan.

Sayur urap yang melengkapi nasi memakai campuran kangkung, kacang panjang dan tauge. Kemudian diberi parutan kelapa yang rasanya gurih pedas.

Kalau mau makin pedas segar, bisa menambahkan sambal matah. Bikin makan makin semangat. Apalagi aromanya harum dengan irisan daun jeruk, kecombrang dan bawang merah.

Rempah Bali juga menawarkan menu a la carte. Salah satunya Gurame Bakar Jimbaran (Rp 67.000) yang termasuk direkomendasikan.

Sayangnya kami perlu menunggu agak lama sampai menu ini tiba di meja. Saat terhidang, nampak gurame bakar diberi baluran bumbu kemerahan yang royal. Pendampingnya berupa sambal merah dan sambal matah.

Rempah Bali: Gurih Pedas Gurame Bakar Jimbaran dan Nasi Berlauk Ayam BetutuFoto: Detikfood


Gurame bakar teksturnya lembut dengan daging tebal, tanpa ada aroma mengganggu. Sementara bumbunya agak mirip bumbu rujak. Rasanya cukup pedas menyengat dengan jejak agak manis dari gula merah. Cocok bagi yang suka pedas.

Apalagi ada cocolan sambal merah yang didominasi rasa terasi. Jika mau rasa segar, tinggal tambah sambal matah. Sedap!

Untuk mengatasi rasa pedas, tersedia aneka minuman segar. Ada ice squash dengan pilihan leci maupun mangga, flavoured ice tea, jus, dan aneka es. Antara lain es campur, es cendol, es teler, es cincau hitam, dan es degan. Mampir yuk!

Rempah Bali
Citywalk Sudirman Lt. 1 #21
Jl. KH Mas Mansyur
Sudirman
Jakarta
Telp: 021-29704064/46





(msa/odi)
Load Komentar ...