Eatlah: Di Sini Ada Salted Egg Chicken Rice Gaya Singapura yang Sedap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 14 Jul 2017 12:26 WIB
Foto: dok. DetikFood Foto: dok. DetikFood
Jakarta - Suka telur asin? Mampirlah ke Eatlah. Resto ini tawarkan dua menu utama yaitu nasi bertopping ayam atau ikan dori saus telur asin. Nikmat!

Tahun lalu hidangan unik berbalut saus kuning telur asin begitu populer di Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian adalah croissant isi lelehan kuning telur asin. Dessert unik ini datang dari Singapura yang warganya memang terkenal suka telur asin.

Selain dessert, salted egg chicken rice juga jadi primadona di Singapura. Menu sederhana ini berupa nasi dengan topping fillet ayam goreng tepung yang disirami saus telur asin. Rasa gurih creamy-nya ternyata jadi favorit banyak orang.

Eatlah: Di Sini Ada <i>Salted Egg Chicken Rice</i> Gaya Singapura yang SedapGerai Eatlah di Lantai 5 Plaza Indonesia (Foto: dok. DetikFood)

Terinspirasi hal ini, restoran Eatlah di Jakarta coba 'membawa' salted egg chicken rice Singapura ke Indonesia. Menu yang ditawarkan hanya ada dua yaitu nasi bertopping ayam atau ikan dori saus telur asin.

Eatlah kini punya banyak cabang di Jakarta. Salah satunya Eatlah Meggxico di lantai 5, Plaza Indonesia yang kami sambangi. Menempati area restoran pop up yang mungil, Eatlah di sini sering laris diantre.

Jumbo Salted Egg Chicken Rice (Rp 50.000) dan Dori Salted Egg Rice (Rp 46.000) jadi santap siang kami. Selain topping nasi, perbedaan kedua menu ini terletak pada ukuran yang kami pesan. Untuk ukuran reguler, menu ditempatkan dalam cup kertas sedangkan pada ukuran jumbo memakai wadah kotak plastik yang praktis.

Eatlah: Di Sini Ada <i>Salted Egg Chicken Rice</i> Gaya Singapura yang SedapProses Pembuatan Salted Egg Chicken Rice di Eatlah (Foto: dok. DetikFood)

Oia, saat memesan pegawai juga akan menanyakan tingkat kematangan telur mata sapi yang kami inginkan. Telur mata sapi memang jadi pelengkap salted egg rice.

Sambil menunggu pesanan dibuat, kami bisa mengintip proses pembuatannya. Pegawai nampak sigap membuat telur mata sapi sekaligus memasak fillet ayam goreng tepung dengan balutan saus telur asin. Terakhir, saus telur asin disirami kembali di atas tumpukan nasi dan fillet ayam.

Hmmm... Salted egg chicken rice yang kami pesan menebar aroma gurih creamy enak. Porsinya betul-betul jumbo dengan susunan fillet ayam goreng tepung memenuhi permukaan. Di bawahnya ada telur mata sapi dan tumpukan nasi hangat.

Eatlah: Di Sini Ada <i>Salted Egg Chicken Rice</i> Gaya Singapura yang SedapSalted Egg Chicken Rice Ukuran Jumbo dari Eatlah (Foto: dok. DetikFood)

Cecapan pertama membuat kami jatuh cinta karena saus telur asinnya tidak amis. Tercecap rasa gurih ringan dengan sedikit sentuhan creamy khas mentega dan susu. Kami menduga kedua bahan ini memang dipakai untuk membuat saus telur asin di Eatlah.

Fillet ayamnya sendiri terasa empuk. Balutan tepungnya tak terlalu renyah karena memang sudah berbalut saus telur asin. Untuk pelengkap, Eatlah menyediakan kecap asin dan potongan cabai rawit merah yang pedas menonjok.

Pada Dori Salted Egg Rice, saus telur asin yang dipakai sama, hanya saja terlihat ada potongan daun kari. Dibanding ayam, potongan fillet dori ini lebih lembut. Cocok bagi pencinta ikan.

Eatlah: Di Sini Ada <i>Salted Egg Chicken Rice</i> Gaya Singapura yang SedapDori Salted Egg Rice Kemasan Reguler dari Eatlah (Foto: dok. DetikFood)

Sebagai pembilas tenggorokan kami memesan Drinklah (Rp 18.000), varian minuman baru yang hanya ada di Eatlah Plaza Indonesia.

Minuman ini berupa es kopi susu kekinian dengan rasa kopi yang kuat dan jejak creamy susu. Menurut kami, racikan kopinya yang sedikit pahit sangat pas untuk menghilangkan jejak gurih saus telur asin di mulut.

Nah, pencinta hidangan saus telur asin atau salted egg chicken rice gaya Singapura pastikan mampir ke Eatlah. Seporsi nasi hangat dengan topping ayam dan dori saus telur asin sedap sudah menanti Anda untuk makan siang!

Eatlah Meggxico
Lantai 5, Plaza Indonesia

Eatlah New Fork
Food Plaza, Pantai Indah Kapuk

Eatlah Tokyolk
Jl. Cipete Raya Nomor 55 H



(adr/odi)
Load Komentar ...