Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang Gurih

Maya Safira - detikFood Senin, 22 Mei 2017 18:37 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Kalau mau ngemil roti bakar dengan isi lelehan keju atau olesan selai earl grey, datang saja ke sini. Ada juga pasta teri yang tak kalah unik. Nyam!

Di daerah perumahan kawasan Gandaria, ada sebuah rumah yang dijadikan tempat makan. Mengusung nama "Roti Eneng", tempat ini memang punya suasana homey.

Kesan rumah hangat begitu terasa. Apalagi ada furnitur kayu berpelitur cokelat. Menurut pemiliknya, Diana, kafe mungil yang sempat buka di Pasar Santa ini kebanyakan memakai bahan recycle untuk kayunya. Di beberapa bagian dindingnya terdapat mural berwarna hitam putih.

Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang GurihFoto: Detikfood


Mengenai menunya, Roti Eneng punya andalan roti bakar. "Roti (tawar) kami bikin sendiri pakai bahan-bahan yang cukup healthy. Tipenya roti jadul. Sudah dari dulu ibu saya bikin. Selai untuk olesan juga bikin sendiri. Ada earl grey, cream cheese, dan lainnya," tutur Diana saat ditemui Detikfood beberapa waktu lalu.

Kamipun tertarik mencoba Creamy Grilled Cheese (Rp 42.000) dan Earl Grey Milk Toast (Rp 35.000) yang jadi andalan. Disamping itu ada juga pilihan Cheese Butter, Matcha Butter, Hazelnut Crispy, Cream Cheese Blueberry, Bolognaise Grilled Cheese hingga Grilled Cheese Salted Egg.

Menu yang pertama datang yaitu Earl Grey Milk Toast. Setangkup roti panggang yang dipotong dua mengeluarkan aroma harum. Permukaan roti yang cukup tebal itu ada garis-garis kehitaman bekas panggangan. Isian earl grey berwarna kecokelatan terlihat mengintip dari sela-sela roti.

Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang GurihFoto: Detikfood


Roti panggang punya tekstur yang renyah pada bagian luarnya. Sementara bagian dalam lebih empuk. Rasa pekat teh earl grey dengan aroma bergamot cukup terasa.

Selain bertekstur creamy. Terasa ada juga jejak susu kental manis. Sebenarnya earl grey ini enak dimakan bersama roti. Apalagi kami suka aroma wangi earl grey. Tapi bagi selera kami, citarasa selai terlalu manis.

Creamy Grilled Cheese bisa jadi pilihan yang suka roti bakar gurih. Setangkup roti yang tampak agak lebih tipis dari earl grey milk toast, diberi aneka jenis keju. Antara lain keju mozzarella, cheddar, red cheese, dan parmesan.

Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang GurihFoto: Detikfood


Terdapat juga tambahan beef mushroom sauce. Sehingga tampak saus dan keju meleleh keluar dari roti. Menggiurkan!

Roti ini jadi favorit kami. Isiannya terasa gurih, paduan roti renyah dan saus putih creamy beraroma rosemary. Sedikit mengingatkan kami akan beef stroganoff. Lelehan keju mulur menambah kenikmatan roti. Enak!

Bagi yang ingin lebih kenyang, Roti Eneng menyediakan pasta unik. Pilihannya ada Pasta Teri, Pasta Telor Asin dan Aglio Olio Cakalang. Kami memilih Pasta Teri (Rp 38.000).

Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang GurihFoto: Detikfood


Ternyata hidangan ini memakai angel hair pasta yang halus. Toppingnya berupa sambal teri dan irisan daun jeruk.

Rasanya mirip seperti olahan mie Indonesia. Tercecap rasa manis kecap dan sambal teri medan renyah sedikit pedas. Penggunaan daun jeruk menambah segar pasta ini.

Ide pasta unik itu didapat Diana karena suaminya suka pasta. Agar tak bosan, kadang ia tambahkan sambal teri. Pernah juga cakalang. Sehingga menunya berasal dari sajian di rumahnya.

Untuk minuman, salah satu yang bisa dicoba, Ice Chocolate Sea Salt (Rp 29.000). Minuman yang dikemas dalam botol kaca ini terbuat dari dark chocolate dan krim yang dimasak secara tradisional.

Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang GurihFoto: Detikfood


Keunikan ice chocolate terletak pada tambahan garam laut. Diana mendapatkan garam tersebut langsung dari petani di Belitung hingga Flores.

Rasa minuman begitu seperti cokelat kental dan creamy. Ada sentuhan rasa mineral garam juga pada minuman ini. Segar dan cocok untuk penyuka cokelat.

Di Roti Eneng tersedia racikan kopi dari "Bersahaja". Andalannya berupa Es Kopi Bersahaja (Rp 20.000) dan Es Kopi Moka Bersahaja.

Roti Eneng: Ada Creamy Grilled Cheese dan Pasta Bertabur Teri yang GurihFoto: Detikfood


Es Kopi Bersahaja termasuk es kopi susu kekinian dengan citarasa kopi agak lebih kuat dibanding susunya. Masih terasa jejak asam dari racikan kopi Arabica itu. Tapi rasa manis ikut tercecap.

"Kami mau menawarkan segmen berbeda dengan Es Kopi Bersahaja. Karena masyarakat awam suka kopi manis," ujar barista dari Bersahaja.

Roti Eneng
Jl. Gandaria Tengah IV No. 19
Gandaria
Jakarta Selatan
Telp: 021-7251746/081294013000
Jam buka: 08.00 - 21.00 (tutup Senin)


(msa/odi)