Kedai Mamaku: Hangatkan Tubuh Malam Ini dengan Semangkuk Laksa dan Mie Hitam Racikan Mama

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 15 Des 2016 17:14 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Kangen dengan masakan mama? Di sini Anda bisa mencicip masakan rumahan lengkap. Ada empal gentong, mie ayam serta laksa yang
sedap.

Sesuai dengan namanya, 'Kedai Mamaku' merupakan resto yang menyediakan aneka makanan Nusantara bergaya rumahan atau home cooking. Tempatnya ada di kawasan Rukan Permata Senayan, Jakarta Selatan.

Interiornya didominasi dengan paduan meja dan kursi kayu serta dinding bata berwarna putih. Semakin 'homey' karena dibagian belakang terdapat dapur semi terbuka yang mengesankan layaknya seperti berada di rumah.

Mengaku senang memasak sejak remaja dan hobi berwisata kuliner, ibu Cindy mulai membuka usaha restoran ini sejak pertengahan tahun lalu.

Restoran ini menyediakan beragam sajian nasi seperti Nasi Rames, Nasi Bogana, Nasi Empal Gentong hingga Nasi Soto Bandung. Selain itu ada juga aneka sajian berkuah gurih seperti Laksa, Bakso Malang hingga aneka dessert enak yaitu Rujak Tumbuk, Banana Cake, hingga Pisang Bakar.

"Sadar dengan kesehatan, sebisa mungkin makanan yang saya buat harus sehat. Laksa serta empal gentong di sini tidak dibuat dengan campuran santan," tutur Cindy kepada detikFood beberapa waktu lalu.

Semangkuk Laksa (Rp 40.000) menjadi pilihan kami untuk hidangan utama. Disajikan dalam porsi yang royal, terlihat kuah laksa yang tidak terlalu kental dengan warna agak kekuningan. Lamian, mie, fish cake, potongan tahu, telur rebus dan udang menjadi campuran isiannya .

Aroma gurih ebi dengan racikan bumbu kuning yang segar menguap kuat dari laksa ini. Semburat gurih yang ringan ternyata dihasilkan dari penggunaan susu full cream yang dijadikan sebagai pengganti santan.

Kedai Mamaku: Hangatkan Tubuh Malam Ini dengan Semangkuk Laksa dan Mie Hitam Racikan MamaFoto: Lusiana Mustinda/detikFood


Tidak seperti Laksa Penang yang berwarna kemerahan, racikan Laksa dari Kedai Mamaku ini mirip seperti laksa Singapura yang agak kekuningan. Seruputan pertama terasa semburat kunyit dan gurihnya kemiri. Makin enak disantap dengan tambahan sambal yang menyengat. Slurp, gurih enak!

Sementara Empal Gentong (Rp 40.000) yang panas mengepul disajikan dalam mangkuk berukuran sedang. Kuahnya bening sedikit kuning kecokelatan mirip seperti soto, dengan irisan kucai dan daun bawang seledri yang mengapung di permukaannya.

"Untuk membuat sajian empal gentong yang enak, saya sempat belajar langsung di Cirebon dan melihat cara pembuatan empal gentong H. Apud," jelas wanita asal Bandung ini.

Kedai Mamaku: Hangatkan Tubuh Malam Ini dengan Semangkuk Laksa dan Mie Hitam Racikan MamaFoto: Lusiana Mustinda/detikFood


Tidak menggunakan campuran santan, Ibu Cindy mampu meracik empal gentong dengan gayanya sendiri yang enak. Sebagai penyuka sajian berkuah gurih, racikan kuah empal ini punya citarasa yang gurih.

Kuah sotonya mirip dengan soto kuning dengan rasa kaldu yang gurih. Potongan daging berukuran kecil menggunakan daging Australia. Untuk menambah sedap empal gentong ini, perlu ditaburi dengan cabai kering bubuk. Beri sedikit kecap manis jika suka.

Setelah diaduk, kuahnya terasa makin lengkap. Gurih dan sedikit pedas tentu makin menambah semangat. Jangan lupa nikmati bersama dengan kerupuk udang serta nasi hangat.

Puas menyantap sajian lezat, akan tetapi Anda tak boleh melewatkan sajian yang satu ini. Mie Ayam Hitam (Rp 36.000) diracik dengan campuran
bubuk charcoal.

Kedai Mamaku: Hangatkan Tubuh Malam Ini dengan Semangkuk Laksa dan Mie Hitam Racikan MamaFoto: Lusiana Mustinda/detikFood


Teksturnya mulur kenyal. Disajikan lengkap dengan kuah kaldu yang gurih bening. Mienya yang tipis diracik dengan bumbu gurih semakin enak dinikmati bersama potongan jamur hioko, tauge, potongan daging ayam serta taburan daun ketumbar dan bawang goreng yang menambah sensasi berbeda.

Tidak langsung mencampurkan dengan kuah kaldu. Kami justru sangat menyukai sajian mie ayam tanpa kuah. Apalagi porsinya cukup royal. Mantap!

Kedai Mamaku: Hangatkan Tubuh Malam Ini dengan Semangkuk Laksa dan Mie Hitam Racikan MamaFoto: Lusiana Mustinda/detikFood


Tutup santap kali ini dengan aneka puding homemade yang enak. Puding yang dibuat dengan seaweed powder makin enak dicampur dengan matcha asal Hokkaido dan cokelat Godiva yang pekat. Dijamin, puas dan kenyang. Yuk, mampir!

Kedai Mamaku
Rukan Permata Senayan Blok E 29
Jl. Tentara Pelajar, Jakarta Selatan
Telp: (021) 57941163
Minggu: Tutup (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com