Maple and Oak: Bersantai dengan Maple Butter Brioche dan Cappucino Hangat di Kafe Mungil

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 17 Okt 2016 18:36 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Menikmati brunch tak harus pagi hari. Sepanjang hari, Anda bisa menikmati kopi dengan brioche bersiram maple sauce yang manis gurih.

Berselancar di media sosial, ada kafe dikawasan Menteng yang sedang jadi pembicaraan. Kafe mungil dengan tulisan 'Maple & Oak' merupakan kafe milik Chef Odie Djamil yang bisa jadi destinasi mencicip sajian makanan 'All Day Brunch'.

Kafe yang buka sejak Juli 2016, sejak pagi sudah dipadati pengunjung. Interiornya memberi suasana hangat dan nyaman dengan nuansa berwarna cokelat muda. Apalagi gantungan tanaman hijau memberi kesan 'segar' pada kafe ini.

<i>Maple and Oak</i>: Bersantai dengan <i>Maple Butter Brioche</i> dan Cappucino Hangat di Kafe Mungil Foto: detikFood


Ada dua area santap yaitu di bagian dalam kafe yang dilengkapi dengan pendingin AC dan dibagian teras luar. Karena ingin menikmati santap enak dengan menghirup udara pagi, kamipun memilih untuk duduk di teras dengan bangku dan kursi kecil berpelitur cokelat muda.

Walaupun kecil, tapi makanan yang disediakan patut diacungi jempol. Di dalam daftar menu tersedia aneka jenis salad seperti Chicken Caesar Salad dan Beet Cured Salmon Salad. Sedangkan untuk menu All Day Brunch tersedia Hotcakes, Croque Monsieur, Egg Benedict, Mapple Butter Brioche, Coffee Butter Steak & Egg hingga Big Breakfast.

Ragam menu yang disediakan mengingatkan kami pada konsep kafe brunch bergaya Australia.

Untuk menambah semangat, kami awali dengan secangkir Hot Cappucino (Rp 35.000). Disajikan dengan gelas berwarna biru, dengan latte art berbentuk hati.

<i>Maple and Oak</i>: Bersantai dengan <i>Maple Butter Brioche</i> dan Cappucino Hangat di Kafe Mungil Foto: detikFood


Racikan kopi house blend dari biji kopi Malabar, Gayo, Mandailing dan Bali langsung tercium wangi pada seruputan pertama. Slurp! Terasa lembut dan creamy. Dengan crema berwarna cokelat muda yang melapisi seluruh cangkir keramik ini.

Kalau suka dengan sajian manis dan gurih, Anda bisa mencicip Maple Butter Brioche (Rp 78.000). Satu lembar brioche yang dipotong menjadi dua dipanggang agak kecokelatan. Disajikan dengan beef bacon, potongan strawberry, rocket salad, baby spinach, tomat ceri dan microgreens.

Sedangkan scrambled egg berwarna kuning dimasak dengan kematangan yang sempurna. Teksturnya lembut, cocok dipadukan dengan brioche hangat dan maple truffle butter yang creamy.

<i>Maple and Oak</i>: Bersantai dengan <i>Maple Butter Brioche</i> dan Cappucino Hangat di Kafe Mungil Foto: detikFood


Siraman maple syrup, rasanya manis sedikit gurih dengan tekstur yang lembut dan segar asam dari sayur dan buah segar. Benar-benar lezat dan cocok di lidah kami!

Belum puas dengan sajian pertama, kamipun mencoba Coffee Butter Steak & Egg (Rp 138.000). Seared Angus Sb2+ sirloin steak dengan tingkat kematangan medium well punya tekstur yang lembut juicy.

Dagingnya semakin unik karena dimasak dengan coffee butter buatan sendiri. Walaupun dinamakan Coffee Butter Steak, akan tetapi kami tak merasakan rasa kopi pada sajian ini.

Hal ini dikarenakan, bukan dagingnya yang dicampur dengan kopi melainkan butter yang di infuse dengan biji kopi selama dua hari sehingga menghasilkan rasa yang gurih dengan sensasi rasa karamel dan nutty.

Disajikan lengkap dengan mashed potato yang lembut, tumisan jamur champignon serta sayuran segar. Seperti baby spinach dan juga microgreens.

<i>Maple and Oak</i>: Bersantai dengan <i>Maple Butter Brioche</i> dan Cappucino Hangat di Kafe Mungil Foto: detikFood


Kenikmatan dari irisan daging yang lembut semakin enak karena dipadu dengan telur yang dimasak dengan teknik sous vide. Sehingga menghasilkan tekstur yang super lembut dengan isian kuning telur yang lumer sempurna.

Diberi siraman minyak basil berwarna hijau, sajian di atas piring hitam ini makin cantik dan menggoda selera. Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, sebaiknya santap langsung dagingnya saat masih hangat.

Selain kopi, Andapun dapat menikmati minuman segar dan sehat seperti cold press juice warna-warni yang kaya akan vitamin dan mineral. Lain kali, kami akan mencoba aneka menu manisnya seperti Mascarpone Lychee Berry yang lembut segar. Yuk, mampir!

Maple and Oak
De Ritz Building
Jl. HOS. Cokroaminoto No. 91
Menteng, Jakata Pusat
Telp: (021) 29704981
Senin-Sabtu: 08.00-21.00 WIB
Minggu: 08.00-20.00


(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com