<i>Smorrebrod</i>: Ada <i>Grilled Sandwich</i> Renyah dengan Isi Lelehan Keju dan Marshmallow

ADVERTISEMENT

Smorrebrod: Ada Grilled Sandwich Renyah dengan Isi Lelehan Keju dan Marshmallow

Maya Safira - detikFood
Rabu, 05 Okt 2016 18:53 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Ingin mencari santapan pengisi perut selain nasi atau mi? Coba saja grilled sandwich berisi beef luncheon di sini. Ada juga versi manis dengan marshmallow leleh.

Smorrebrod berasal dari kata 'smor og brod' dalam bahasa Denmark. Artinya 'mentega dan roti'.

Kata tersebut merujuk pada sepotong rye bread bermentega yang diberi aneka topping. Seperti potongan daging, ikan, keju atau selai. Bisa disebut juga open sandwich khas Denmark.

Di Jakarta, terdapat sebuah gerai sandwich yang mengusung nama 'Smorrebrod'. Salah satu cabang Sandwich Shop ini berlokasi di Gandaria City. Terletak persis bersebelahan dengan Gandaria XXI.

Ruang yang berukuran mini hanya terdiri dari lima meja dengan beberapa bangku kuning. Separuh gerai diisi tempat pembuatan sandwich sekaligus kasir. Tulisan-tulisan besar warna kuning dan hitam jadi dekorasi penghias Smorrebrod.



Untuk menunya terdiri dari Grilled Sandwich, Gourmet Sandwich, Dessert Sandwich dan Small Bites. Tak terlalu banyak.

Pilihan kami jatuh pada Classic++ (Rp 60.000) yang berada dalam jejeran Grilled Sandwich. Sebenarnya konsumen bisa juga memilih Classic atau Classic+. Hanya saja Classic++ paling lengkap, semua isian ada di menu ini.

Classic++ termasuk menu andalan. Berupa setangkup roti sourdough diisi dengan empat campuran keju, chive, tomat, beef luncheon, tumisan jamur dan bawang bombay terkaramelisasi. Komplet!



Meski nama gerai Smorrebrod, tapi tampilannya bukanlah seperti open sandwich Denmark. Lebih mirip grilled cheese sandwich gaya Amerika.

Tersaji dalam wadah berlapis kertas tulisan Smorrebrod, setangkup roti agak tipis dibagi dua potong. Permukaan roti berwarna cokelat kekuningan, bekas pemanggangan. Sementara dari bagian tengah dan permukaan roti terlihat jejak lelehan keju.

Tekstur rotinya terasa begitu renyah garing dengan aroma harum ragi. Rasa gurih dari lelehan keju mendominasi. Kami menduga ada pemakaian mozzarella dan cheddar.

Penggunaan beef luncheon, jamur dan bawang bombay menambah rasa serta aroma sandwich. Nikmat!

Kami suka roti panggang keju itu. Ukurannya pun cukup besar dan mengenyangkan.

Kami juga sempat mencoba Grilled S'mores (Rp 37.000) sebagai dessert. Roti panggang diisi marshmallow dan selai cokelat. Kemudian diguyuri sirup karamel dan saus cokelat.



Proses pemanggangan membuat marshmallow meleleh. Persis seperti s'mores. Dari luar saja roti ini sudah terlihat sangat manis.

Tak meleset dari dugaan, memang rasa isian roti panggang renyah ini begitu manis bagi selera kami. Ada rasa paduan lelehan marshmallow creamy dengan selai legit dan sirup. Kami duga selai cokelatnya berupa Nutella.

Meski kurang sesuai untuk selera kami, mungkin pencinta makanan manis akan suka Grilled S'mores. Membandingkan menu ini dengan Classic++, kami lebih menyukai roti panggang yang gurih. Sayangnya bagi kami harga yang dibanderol cukup tinggi untuk setangkup sandwich.

Di Smorrebrod juga tersedia beberapa minuman untuk pelengkap makan. Antara lain Pink Lemonade, Pink Himalayan Salted Caramel Milkshake, dan Red Velvet Latte.

Belum ada tujuan untuk pengisi perut malam ini? Bisa cicipi Grilled Sandwich di Smorrebrod.

Smorrebrod
Gandaria City Lt. 2
Jl. Sultan Iskandar Muda
Gandaria
Jakarta Selatan
Telp: 021-29236334

18 Office Park Lt. Mezzanine
Jl. TB Simatupang No. 18
Jakarta Selatan
Telp: 021-22708247


(msa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT