One Eighty Coffee: Gurihnya Baked Rice Salmon dan Burger Berlelehan Mayonnaise

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Sep 2016 18:09 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Kafe ini menawarkan suasana unik untuk menikmati kopi. Ada juga ragam menu Barat lezat sebagai santapan. Yuk, mampir!

Bandung jadi surga bagi para pencinta kuliner. Banyak kafe dan restoran baru menawarkan suasana dan menu unik di sini. Salah satunya One Eighty Coffee yang sedang banyak diperbincangkan di media sosial.

Kafe ini nampak dipadati pengunjung saat kami mampir di akhir pekan. Kami perlu menunggu cukup lama untuk mendapat tempat.

Sesuai namanya, One Eighty Coffee menawarkan kopi sebagai andalan. Meski begitu, ada burger, pizza hingga sandwich.

Dari luar bangunan kafe terlihat seperti rumah kuno bergaya kolonial. Namun kafe tidak terletak di dalam rumah melainkan di sisi kanannya.



Sepertinya One Eighty Coffee mengusung konsep minimalis modern dengan elemen bata dan kayu mendominasi ruangan. Beberapa area terlihat menarik seperti open kitchen untuk meracik sandwich dan kopi di bagian tengah. Serta kolam sebagai tempat bersantap di luar ruangan.

Kolam berbentuk layaknya kolam renang sungguhan. Hanya saja dangkal dan diisi kursi serta meja kayu untuk bersantap. Jadi pengunjung bisa asyik menikmati makanan sambil merendam kakinya di air. Sementara itu kebun vertikal di sisi kolam menambah suasana asri saat bersantap.

Melirik daftar menunya, One Eighty Coffee menawarkan ragam salad, sup, pizza, pasta, dan sandwich. Kamipun tertarik mencicip One Eighty Burger (Rp 49.000), Crusted Salmon Spinach Baked Rice (Rp 59.000), dan Butterscotch Cappuccino (Rp 28.000).


One Eighty Burger disajikan di atas talenan kayu. Nampak isian burger begitu menggiurkan berupa patty daging sapi dan lelehan mayonnaise.

Begitu dipotong terlihat isian burger lain seperti selada lolorasa, jamur champignon, dan bawang bombay dalam jumlah royal. Sementara bun burger ditaburi wijen putih dan hitam.

Agaknya bun diolesi banyak mentega lalu dipanggang terlalu lama. Sehingga teksturnya garing dan berminyak dengan rasa gurih kuat.

Patty daging sapi kabarnya dibuat sendiri oleh One Eighty Coffee. Teksturnya cenderung mudah hancur karena dibuat dengan komposisi daging cincang lebih banyak dibanding lemak.

Ada rasa gurih dari garam, lada, dan bawang bombay yang sepertinya turut dicampur dalam adonan patty. Rasa gurih ini berpadu enak dengan mayonnaise BBQ yang terasa manis asam.

Burger makin sehat karena dilengkapi tumisan jamur champignon, selada lolorosa, dan bawang bombay. Tentu mengenyangkan karena porsinya cukup besar dan dilengkapi french fries.


Crusted Salmon Spinach Baked Rice tak kami lewatkan. Dalam mangkuk terlihat nasi diselimuti keju mozzarella dan diberi pelengkap potongan salmon, daun bayam, daun dill, dan saus lemon butter.

Hmmm... Wangi gurih mentega dan bawang putih tercium kuat dari sajian ini. Begitu nasi diangkat terlihat keju mozzarellanya mulur hingga membentuk benang-benang yang sulit diputus.

Paduan nasi dan keju ini terasa gurih legit namun tidak membuat eneg. Makin enak disuap dengan bayam rebus dan fillet salmon goreng tepung yang lembut gurih.

Sayangnya saus lemon butter yang didiskripsikan dalam menu tidak terlacak di lidah kami. Tidak ada aroma atau rasa lemon segar dalam saus putih tersebut. Tekstur dan rasanya justru mirip mayonnaise biasa.

Namun kami menyukai baked rice ini. Terlebih karena lelehan keju mozzarella-nya yang royal.



Santap sore kami tutup dengan menyesap Butterscotch Cappuccino. Dalam gelas biru mungil tersaji latte dengan foam berbentuk hati.

Slurrpp! Cappucinonya terasa lembut creamy dengan jejak rasa asam arabica yang enak. Sayangnya rasa mentega dan brown sugar khas butterscotch tercecap samar karena tertutupi rasa cappucino yang lebih kuat.

Nah, kalau mau bersantai sore hari, One Eighty Coffee bisa jadi pilihan. Anda bisa menikmati suasana kafe yang asyik ditemani kopi dan ragam menu Barat.

One Eighty Coffee
Jalan Ganesha Nomor 3
Siliwangi, Coblong, Bandung
Telepon: 082218000155

(adr/odi)