Yalla: Gurih Enak Menemen dan Ayam Bakar khas Timur Tengah

Maya Safira - detikFood Selasa, 16 Agu 2016 18:20 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Bosan dengan sajian Asia? Menu Timur Tengah sesekali bisa jadi pilihan santapan. Seperti Turkish Menemen atau Israeli Grilled Chicken yang gurih.

Di kawasan Kemang, ada sebuah restoran kecil yang menyajikan makanan Timur Tengah. Kabarnya tempat bernama Yalla ini punya menu street food dengan harga tergolong ramah di kantong.

Bagian luar restoran terdapat beberapa bangku. Di sini ada open kitchen sehingga pengunjung bisa melihat proses pemanggangan makanan.

Terasa nyaman, bagian dalam interiornya ditata gaya minimalis. Terlihat beberapa bangku dan meja kayu memenuhi ruangan. Ada area lantai yang tertutup karpet gaya Timur Tengah. Sementara dinding restoran diberi hiasan bernuansa Mediterania.



Untuk menunya, Yalla menyediakan pilihan mezze atau makanan pembuka. Seperti Kofta, Moroccan Fish Croquette dan Baba Ghanouj.

Menu utama terdiri dari pilihan daging kambing, ayam atau ikan. Misalnya Lebanese Grilled Lamb, Turkish Lamb Tomato Stew and Coconut Milk, Chicken Kebab, dan Chermoula Marinated Fish. Pelengkap makanan bisa berupa Mejadra atau Pita Bread.

Kamipun mengawali santapan dengan Turkish Menemen (Rp 35.000) yang ada dalam deretan menu pembuka. Sajian favorit di sini terinspirasi dari Menemen khas Turki.

Menemen terbuat dari bahan telur, tomat dan paprika. Telur dapat dipilih dalam bentuk orak arik atau mata sapi. Tingkat kepedasannya juga bisa ditentukan.



Yalla menyajikan menemen dalam pan stainless steel. Nampak kuah kemerahan beraroma rempah dan tomat cukup kuat. Karena meminta telur mata sapi, di bagian tengah kuah ada bulatan putih telur yang mengapung.

Kuah menemen yang cukup encer dominan gurih pedas lada dengan jejak rasa puree tomat. Agak mengingatkan kami akan citarasa tomat di saus bolognese. Tercecap pula rasa herba seperti oregano.

Isiannya sendiri ada potongan paprika hijau renyah, tomat dan bawang bombay. Telur yang setengah matang mengeluarkan cairan kuning telur saat dibelah. Menambah nikmat sajian menemen. Menu ini cocok bagi penyuka rasa tomat.

Menemen tersaji bersama satu potong roti pita. Roti bulat tipis ini teksturnya agak basah, lembut dan cenderung manis. Enak dicocol dengan kuah menemen.

Menu utama yang kami pilih adalah Israeli Grilled Chicken (Rp 55.000). Makanan ini kami dampingi dengan Mejadra (Rp 20.000).

Dalam piring berwarna stainless, terhidang potongan ayam panggang bersama irisan daun selada dan saus putih. Sedangkan mejadra ditempatkan dalam piring terpisah.



Israeli Grilled Chicken merupakan fillet paha ayam yang dimarinasi dalam bumbu rempah khas Israel. Aroma smoky bercampur rempah langsung tercium saat akan mencicipinya.

Ayam terasa empuk juicy karena memakai bagian paha. Bumbu rempahnya yang gurih juga terasa meresap hingga ke serat. Sepertinya ada perpaduan herba, jintan dan ketumbar dalam bumbu ini. Rasanya begitu pas di lidah.

Cocolan ayam bercitarasa manis segar. Jejak creamy yogurt juga terasa dalam saus mastokhiar khas Iran ini. Ada sensasi renyah pada saus karena terdapat cincangan mentimun dan bawang bombay.



Nasi mejadra yang berwarna kuning diberi taburan bawang bombay goreng tepung renyah. Menggunakan beras jenis basmati, bulirnya panjang dan teksturnya agak pera. Dari segi rasa, nasi ini cenderung hambar. Perlu dipadankan dengan lauk gurih.

Setelah makan, pengunjung bisa mencoba minuman atau dessert di sini. Diantaranya ada Plain Lassi, Fruit Lassi atau Sorbet.

Nah, tertarik mencoba jajanan kaki lima Timur Tengah? Coba saja mampir ke sini!

Yalla
Bellepoint Commercial Row
Jl. Kemang Selatan VIII No. 55A
(lantai 1 Stockroom Kemang)
Kemang
Jakarta Selatan
Telp: 085718708612 (msa/odi)