Izakaya Issei: Nikmatnya Nasi Bawang Putih Bertabur Jacko dan Kulit Ayam Renyah

Maya Safira - detikFood Senin, 08 Agu 2016 18:54 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Mau menikmati sajian Jepang yang tak terlalu berat? Di sini ada nasi goreng Jepang bertabur ikan kecil garing mirip teri dan aneka yakitori lezat.

Di kawasan Senopati terdapat izakaya (bar) yang menawarkan aneka menu Jepang modern. Andalan Izakaya Issei berupa yakitori, donburi dan aneka minuman beralkohol seperti sake.

Restoran berada di lantai dua gedung. Ketika masuk menuju tangga, ada kain menyerupai gorden dengan gambar yakitori dan botol sake. Interiornya sudah terlihat sangat Jepang dengan dominasi pemakaian kayu berwarna cokelat.

Sesampainya di restoran, semakin terlihat nuansa bar Jepang. Hampir seluruh area restoran termasuk furnitur memakai kayu. Salah satu dindingnya dihiasi ilustrasi geisha.

Ternyata tempat yang tak begitu luas ini cukup ramai di malam hari. Karena meja terisi penuh, kami pun duduk di area bar. Menghadap barista yang sedang meracik minuman. Dari sini bisa terlihat juga area tempat membakar yakitori yang letaknya bersebelahan dengan area bar.

Perut yang sudah minta diisi membuat kami segera meminta buku menu. Pilihannya ternyata beragam. Ada bento, karage, salad, yakitori manis dan gurih, donburi, udon, hingga ramen.

Kami mengawali santap malam dengan Age Dori Negi Sauce (Rp 43.000). Dalam piring keramik, tersaji 3 potong paha ayam berbalur saus cokelat. Biji wijen dan irisan daun bawang jadi pelengkapnya.



Saus cokelat yang harum jadi yang pertama kami cicipi. Ternyata rasanya begitu pas di lidah kami. Gurih dengan semburat manis.

Saus yang sedikit berminyak seperti memakai soy sauce, gula, jahe dan bubuk cabai. Agak mengingatkan kami akan ayam goreng Korea.

Ayam yang digoreng terlebih dahulu, memberi jejak renyah pada permukaan kulitnya. Sementara bagian dalam bertekstur lembut enak karena memakai bagian paha. Dimakan bersama dengan saus terasa sempurna. Tak salah pilih!

Selanjutnya kami menikmati Enoki Karubi (Rp 28.000). Berada dalam jejeran menu yakitori, sajian bisa dipilih saus tare (manis) atau shio (asin). Kami pun mencoba saus manis.

Sebanyak tiga gulungan daging sapi berwarna cokelat diisi dengan jamur Enoki. Kemudian daging ditusuk seperti sate.



Daging yang tipis dengan permukaan agak kering karena pembakaran, terasa empuk. Baluran saus manisnya enak berjejak soy sauce, gula dan bawang putih. Penggunaan jamur enoki memberi sensasi krenyes di tiap gigitan.

Salmon tak terlewatkan dari menu makan malam. Sake Shiso (Rp 31.000) berbentuk seperti sate salmon. Dua potong gulungan salmon diberi mayonaise di bagian atasnya.

Di bagian dalam salmon ada ruang untuk daun shiso (perilla) dan mayonaise. Penggunaan bahan tersebut membuat salmon bakar yang bercitarasa gurih jadi lebih creamy dan segar. Cukup seimbang. Apalagi rasa daun shiso cukup khas dan aromatik.

Hidangan utama kami santap terakhir. Berupa Jacko Garlic Rice (Rp 57.000) yang jadi favorit di restoran.

Nasi disajikan dalam mangkuk berukuran sedang. Porsinya tak terlalu besar.

Ketika terhidang di meja, langsung tercium aroma bawang putih semerbak. Hmm.. menggugah selera.



Nasi bawang putih diberi topping jacko dan kulit ayam goreng. Jacko (jako) merupakan anak ikan sarden (shirasu) yang direbus dan dikeringkan. Tampilannya yang kecil tipis mirip teri medan.

Nasi pulen terasa gurih dengan dominasi rasa bawang putih. Enak disuap dengan jacko yang garing. Ditambah kulit ayam goreng yang benar-benar renyah. Sajian sederhana tapi nikmat. Sebaiknya tak dilewatkan saat ke sini.

Izakaya Issei bisa jadi pilihan untuk menikmati sajian Jepang modern. Terutama jika ingin mencoba aneka yakitori atau makanan dengan porsi tak begitu besar.

Izakaya Issei
Jl. Senopati Raya No. 82 Lantai 2
(gedung sebelah Cacaote)
Jakarta Selatan
Telp: 021-60798880
Jam buka:
11.30-23.00 (weekday)
11.30-00.00 (weekend) (msa/odi)