Roemah Rempah: Unik Berempah Wagyu Java Tamarind dan Ikan Gurame Bumbu Rujak

Maya Safira - detikFood Kamis, 30 Jun 2016 16:42 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Makanan kaya rempah tentu nikmat untuk buka puasa. Seperti sajian restoran ini. Ada Ikan Goreng Bumbu Rujak yang gurih manis hingga Wagyu Java Tamarind lembut.

Sudah beberapa tahun Roempah Rempah hadir di Plaza Senayan. Restoran menawarkan beragam menu Indonesia dan fusion Asia yang memakai aneka bumbu rempah sedap.

Sedang berada di Senayan, kami tak melewatkan kunjungan ke Roemah Rempah. Lokasinya agak di pojok, tepat satu lantai di bawah Plaza Senayan XXI.

Restoran membagi area duduk di depan dan dalam. Pada bagian depan terdapat tempat penjualan aneka camilan ringan dari daerah Indonesia. Seperti keripik dan kue kering.

Mengenai interiornya, restoran didesain dengan dominasi warna cokelat tua. Kesan mewah cukup terlihat dari furnitur dan hiasan restoran.

Di beberapa bagian dinding terdapat hiasan piring keramik dan kaca dengan bingkai berbentuk jendela kayu. Restoran juga dilengkapi lampu gantung berwarna kuning temaram yang memberi kesan hangat dan nyaman.

Memang Roemah Rempah nampak menyasar kelas atas. Selain dari interior, bisa dilihat dari harga menu yang cukup tinggi.

Terkait menunya, restoran punya banyak pilihan makanan berempah. Roemah Rempah menyebut menunya sebagai 'IndoAsian Food'. Seperti Salad Pengantin ala Roemah Rempah, Lumpia Asiatic, Kambing Guling Bakar Rempah, Ikan Gulai Merah, Sirloin Sambal Balado Hijau dan Ayam Singgang Sumpu dengan Daun Singkong. Aneka sup hangat, sayuran dan nasi komplet juga tersedia di ini.

Pesanan pertama kami berupa Wagyu Java Tamarind (Rp 170.000) yang masuk dalam rekomendasi restoran. Sebenarnya pada menu Java Grill Wagyu ini ada pilihan Wagyu Java Tamarind dan Java Spice. Tapi Java Tamarind yang memadukan bumbu manis dan asam Jawa tampak lebih menarik bagi kami.

Sambil menunggu makanan datang, kami disuguhi welcome snack berupa combro dan misro. Masing-masing tersaji panas dalam bentuk bulat kecil. Teksturnya kenyal enak dengan isian pedas untuk combro dan manis gula merah pada misro.



Setelah menunggu sesaat, akhirnya Wagyu Java Tamarind tiba di meja kami. Sebuah pan hitam ukuran sedang berisi 4 iris daging wagyu.

Permukaan daging ditaburi sambal dabu-dabu royal dan salad mangga. Pelengkap sajian berupa keripik kentang dan terung panggang. Aroma wangi bakaran dari daging serasa memanggil untuk segera mencicipinya.

Wagyu terasa empuk dan mudah dikunyah tanpa perlawanan. Baluran bumbunya yang gurih manis sedikit pedas meresap ke dalam serat. Seperti ada cecapan cabai, bawang, asam Jawa dan gula merah pada bumbu. Agak mirip rasa bumbu BBQ.



Sensasi baru didapat karena menyantap daging wagyu dengan dabu-dabu pedas segar dari bawang merah, cabai dan irisan tomat hijau. Begitu pula keberadaan selada mangga yang tak kalah segar. Ternyata suapan daging dan sambal cukup cocok sekaligus jadi penyeimbang rasa. Unik!

Keripik kentang yang jadi pendamping juga renyah enak. Tapi agak basah terkena air dari sambal yang menggenang di dasar pan. Terung panggang pun lembut gurih. Mungkin lain kali kami memilih sambal dabu-dabu dan salad mangga disajikan terpisah agar bisa diambil sesuai selera serta tidak terlalu membasahi daging.

Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak (Rp 125.000) jadi pilihan kami selanjutnya. Seekor ikan gurame goreng ditempatkan di atas piring putih berlapis daun hanjuang merah. Permukaan ikan kemudian diberi tumpukan bumbu rujak. Ada pemanis berupa irisan buah belimbing pada piring.



Daging ikan goreng terasa gurih lembut. Bagian kulitnya ada yang renyah, namun ada yang lembab terkena bumbu.

Sesuai nama, bumbunya memang benar-benar seperti rujak serut. Terdiri dari irisan mangga, nanas, ubi, hingga kedondong. Kemudian buah diberi bumbu kacang kental.

Rasa bumbunya pedas segar. Mampu menutupi aroma ikan saat disuap bersama. Tak kalah unik sensasinya dari menu wagyu yang sebelumnya kami coba.

Bagi yang ingin mencoba nasi komplet, Roemah Rempah menyediakan Nasi Campur Bali dengan Udang (Rp 85.000) yang jadi favorit di sini. Sajian memadukan nasi aromatik gaya Bali dengan berbagai pelengkap.

Dalam sepiring hidangan terlihat nasi bakar yang disajikan bersama ayam sisit, kering kentang, plecing kangkung, sate lilit, udang bakar, dan setengah potong telur rebus sambal. Komplet!



Nasi bakar yang dibagi dua, masih terbungkus dengan daun hanjuang. Aroma wangi menyampiri penciuman kami, seperti ada pemakaian daun kemangi juga. Tidak hanya harum dedaunan, rasa nasi pun gurih enak karena dimasak bersama rempah dan irisan cabai.

Ayam sisitnya pas sebagai pendamping nasi. Teksturnya lembut dengan aroma smoky panggangan. Cabai, bawang dan lengkuas nampak dipakai dalam bumbu ayam.

Lauk sate lilit terbuat dari cincangan ikan ditusuk pada batang serai. Begitu lembut, gurih dan aromatik. Sate udang juga cukup gurih dan bertekstur renyah. Sepertinya pemilihan udang segar jadi kuncinya.

Sementara plecing kangkung terasa segar berbalur sambal yang tidak terlalu pedas. Sedikit beraroma terasi. Pelengkap kering kentang yang renyah menjadi penyempurna sajian nasi ini. Ada paduan rasa pedas manis dari gula merah.

Bagi yang ingin menutup santapan dengan dessert, Roemah Rempah menyediakan es hingga bubur manis. Antara lain Apel Tart dengan Cinnamon & Custard Gula Jawa, Creme Brulee Rasa Jahe & Lychee, Bubur Sumsum Pelangi, Es Kisangga, Es Putri Hijau dan Es Campur Selasih.

Tertarik mencoba aneka menu tersebut? Yuk mampir ke Roemah Rempah sore ini!

Roemah Rempah
Plaza Senayan Lt. 4
Jl. Asia Afrika No. 8
Senayan
Jakarta Selatan
Telp: 021-5725813/31 (msa/odi)