Bunga Pepaya: Cakalang Fufu dan Sayur Ganemo yang Pedas Gurih Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 20 Jun 2016 14:48 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Hari ini bisa memilih makanan Manado yang pedas untuk berbuka. Ada ikan cakalang, ayam woku hingga sayur ganemo yang pedas enak.

Berada di kawasan Menteng, restoran Bunga Pepaya cukup populer . Resto ini punya sajian beragam hidangan Manado. Seperti beragam ikan, seafood dan ayam yang dimasak dengan bumbu khas Minahasa.

Di bagian depan restoran dihiasi lambang bunga dengan tulisan Bunga Pepaya. Disisi kirinya merupakan tempat membakar ikan yang mengepulkan aroma gurih wangi ikan bakar.

Semua makanan dipajang di lemari kaca. Bagi Anda yang tak sabar bisa langsung memesan di sini berupa ramesan. Kalau ingin bersantap santai bisa pesan menu a la carte.

Restoran bernuansa putih ini dihiasi dengan aneka piring keramik bermotif biru yang disusun pada dindingnya. Meja marmer berkaki besi juga ditata rapih lengkap dengan kursi berwarna cokelat dengan suasana ruang makan keluarga.

Di dalam buku menu yang berukuran agak besar, ternyata ada banyak sekali pilihan. Mulai dari ikan garopa bakar rica, ikan pampis roa, ayam ganemo, ayam isi bulu hingga aneka sayuran enak khas Manado.

Tak ketinggalan aneka kue khas Manado seperti balapis, apang bakar, cucur, klaapertaart, biapong hingga lalampa.

Pada saat berbuka, kami memilih panada (Rp 8.000), kue khu (Rp 7.000) dan juga apang coe (Rp 7.000). Kue khunya lentur lembut dengan isian pasta kacang. Sedangkan apang coenya kecokelatan dengan aroma wangi gula palem dan kayu manis.

Panada yang jadi ikon jajanan Manado, kulitnya empuk wangi. Adonan roti yang digoreng dengan isian ikan cakalang pedas ini rasanya gurih pedas memuaskan.

Untuk teman bersantap dengan nasi ada cumi garo rica (Rp 50.000), ikan cakalang fufu rabe-rabe (Rp 70.000), ayam woku (Rp 55.000) dan sayur ganemo sambiki (Rp 30.000).

Cumi garo ricanya tak mengecewakan. Cuminya berukuran kecil diselimuti bumbu cabe merah. Ada sedikit kuah dengan jejak minyak.

Cuminya empuk dan bumbunya meresap. Ada wangi daun sereh, daun kemangi, daun jeruk dan daun pandan yang jadi ciri khas masakan Manado. Terasa makin aromatik sajian cumi ini.

Cakalang fufu atau ikan cakalang asap disajikan dengan irisan tomat hijau segar, cabai rawit dan bawang merah. Empuk gurih dengan aroma smoky yang enak. Pedas menggigit diselingi renyah asam tomat. Juara!

Buat penyuka pedas bisa menambah suapan dengan dabu-dabu lilang atau sambal rawit merah menyala khas Manado. Dalam dua suapan pasti terasa sengatan pedas yang membuat keringat menitik di dahi.

Ayam masak wokunya terasa lebih gurih netral. Ini cocok buat yang tak suka pedas. Kuahnya kuning kental dengan irisan daun bawang, kemangi, daun pandan dan daun jeruk purut.

Dagingnya empuk lembut dengan balutan kuah yang gurih wangi. Apalagi diselingi sayur ganemo. Sayur campur ini berisi bunga pepaya, daun melinjo dan labu kuning.

Kuahnya kental dengan rasa santan yang cukup kuat. Bunga pepaya yang renyah berpadu dengan dengan labu kuning yang lembut sedikit manis. Bumbu yang royal membuat sayur ini terasa mantap di mulut.

Kalau ingin meredam rasa pedas dengan yang manis. Ada es brenebon. Kacang merah yang legit lembut dicampur dengan susu, alpukat serta durian. Dijamin puas dan kenyang!

Bunga Pepaya
Jl. RP Soeroso 16
Gondangdia, Menteng
Jakarta Pusat
Telpon: (021) 3141616 (lus/odi)