Dermaga Makassar Seafood: Enaknya Ikan Sukkang Bakar Rica dan Fillet Ikan Kudu-Kudu

Maya Safira - detikFood Senin, 13 Jun 2016 16:29 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Jika kangen seafood khas Makassar, coba saja datang ke restoran ini. Ada ikan sukkang bakar berbumbu rica atau ikan kudu-kudu goreng. Lengkap dengan 6 jenis sambal.

Sudah lama tak mencicipi makanan Makassar, membuat kami melangkahkan kaki ke Dermaga Makassar Seafood di The Breeze BSD City. Restoran ini mengusung menu seafood khas Sulawesi Selatan. Seperti olahan ikan segar, kepiting, udang dan lainnya.

Restoran yang berlantai dua ini punya desain paduan tradisional dan modern Makassar. Dominasi pemakaian kayu warna cokelat pada furnitur dan interior restoran memberi kesan hangat.

Di lantai 1 restoran terdapat area tempat seafood segar. Seperti ikan, udang, kerang dan kepiting.

Ada ikan yang masih dalam akuarium, namun ada pula yang sudah ditempatkan di atas tumpukan es batu. Seperti ikan kudu-kudu, kuwe, ayam-ayam, baronang, sukkang dan lainnya. Tamu bisa langsung memilih ikan di sana atau di meja.

Kami memilih memesan di meja sambil melihat daftar menu. Pilihannya ada kepala ikan, ikan hidup, ikan segar, kerang, kepiting, cumi, dan udang. Olahan masak bisa Bakar Parape, Bakar Rica Kuning, Goreng Telur Asin, Goreng Dabu-dabu, Sup Dermaga Palumara, Sup Woku dan masih banyak lagi. Tersedia pula berbagai menu sayuran.

Kami pun memesan Ikan Kudu-Kudu Tepung Fillet (Rp 22.000/ons) dan Ikan Sukkang Bakar Rica Merah (Rp 21.000/ons) yang jadi andalan di sini. Masing-masing ikan dipilih seberat 7 ons yang cukup untuk 2-3 orang.

Sebelum pesanan kami datang, seorang pramusaji mengantarkan sambal set kreasi Dermaga Makassar. Ada 6 jenis sambal dalam mangkuk-mangkuk terpisah. Sambal set terdiri dari Sambal Mangga, Sambal Terasi, Dabu-Dabu, Bumbu Petis, Bumbu Kacang dan Acar Mangga.

Menurut staf restoran, sambal bisa disantap masing-masing. Tapi biasanya semua sambal dicampur jadi satu. Kami pun meracik semua sambal dalam satu wadah.

Setelah dicampur, ternyata rasanya bisa cocok berpadu. Sambal jadi terasa manis, pedas, sekaligus asam segar. Aroma terasi cukup mendominasi campuran ini.

Tak lama, ikan kudu-kudu sudah tiba di meja lengkap dengan garnish dari kulit luar ikan yang mirip ikan buntal ini. Nampak cukup banyak potongan fillet ikan kudu-kudu yang sudah dibaluri tepung kuning keemasan.

Fillet ikan kudu-kudu terasa lembut dengan permukaan tepung renyah. Lamat-lamat aroma khas ikan laut menghampiri penciuman saat menyantapnya.

Citarasa gurihnya ringan, tidak begitu dominan terasa di lidah kami. Lebih pas saat dicocol campuran sambal. Paduan ikan lembut dengan sambal jadi makin kaya rasa.

Selanjutnya kami mencoba olahan ikan sukkang bakar berbumbu rica. Aroma sedap ikan bakar langsung tercium ketika ikan sampai di meja.

Pada sajian ini, ikan sukkang diberi baluran bumbu warna kuning dan irisan cabai merah. Biji-biji cabai mengerumuni permukaan ikan. Wah, dari tampilannya saja sudah terlihat pedas!

Ikan bakar empuk terasa gurih berempah. Ada paduan rasa kemiri, kunyit, dan bawang putih.

Bagi penyuka pedas, cocok rasanya menyantap hidangan ini. Sebab rasa pedasnya langsung menjalari lidah. Pantas saja karena ada penggunaan cabai merah dan cabai rawit.

Diantara kedua olahan, kami lebih menyukai bakar rica merah. Lebih terasa gurih dengan paduan bumbu berempah enak. Disuap dengan nasi hangat makin mantap.

Kami juga sempat mencoba Kangkung Hotplate (Rp 45.000). Tersaji panas dalam hotplate, hidangan berisi udang, kangkung dan telur puyuh.

Kangkung dan udang terasa segar renyah. Sementara kuah kecokelatan yang agak kental bercitarasa gurih sedikit asam. Ada cecapan rasa saus tiram, asam Jawa dan gula merah didalamnya.

Sebagai penyegar, Dermaga Seafood punya aneka minuman. Seperti Dermaga Special Drink, Es Kelapa Muda, Es Markisa, Jus Kedondong, Es Merah Deloma dan Es Pisang Ijo.

Kami memesan Jus Buah Naga Merah + Sirsak (Rp 25.000). Dalam gelas tinggi, jus sirsak warna putih ditumpuk dengan jus buah naga merah. Jus ini terasa segar manis dengan dominasi sirsak. Slruup!

Jika ada rencana untuk buka puasa di luar, coba saja mampir ke sini. Tempat yang luas dengan kapasitas 400 orang cocok untuk kumpul bersama keluarga besar.

Dermaga Makassar Seafood
The Breeze
Jl. Grand Boulevard BSD
Green Office Park BSD City
BSD, Serpong - Tangerang
Telp: 021-50386870 (lus/odi)