Bumbu Moyang: Mantapnya Berbuka dengan Gurame Telur Asin dan Sop Iga Asam Pedas

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Jun 2016 14:58 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Puaskan selera makan saat berbuka dengan menu tradisional. Ikan gurame berbalut telur asin hingga sop iga asam pedas. Mantap!

Restoran Bumbu Moyang ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin mencicip sajian Indonesia enak dengan banyak variasi. Tempatnya cukup luas sehingga cocok untuk buka puasa bersama keluarga ataupun teman. Memasuki restoran ini, Anda akan disuguhkan dengan barang-barang serta hiasan antik berkesan vintage.

Kesan homey sudah terasa ketika kami memasuki bagian depan dan dalam restoran. Tatanan kursi dan meja di susun secara apik pada bagian luarnya dan dibagian dalamnya juga tersedia meja panjang serta kursi untuk makan dengan keluarga.

Melihat daftar menunya, ada banyak jenis makanan mulai dari hidangan pembuka hingga penutup yang menggiurkan.

Buat camilan ada combro, singkong goreng, pisang keju hingga mantau goreng. Untuk menu utamanya ada ayam, aneka sup hingga ikan dan seafood serta dessert tradisional seperti es campur, es cendol hingga kembang tahu.

Kami memutuskan untuk memilih gurame telur asin (Rp 65.000), daun singkong teri (Rp 17.500) dan sop iga asam pedas (Rp 55.000).

Sop iga pesanan kami tampil menggiurkan dan disajikan dalam mangkuk yang cukup besar. Irisan daun bawang, potongan tomat hijau dan cabai terlihat menggenangi bagian atas sup. Daun ketumbar dan seledri menambah segar tampilannya.

Kuahnya berwarna kuning oranye dengan sedikit jejak minyak. Iganya disajikan dalam bentuk potongan tanpa tulang. Padahal kami sudah membayangkan akan menyobek daging iga langsung dari tulangnya. Walaupun begitu, campuran daging dan lemak terasa lembut empuk.

Kuahnya asam segar yang berasal dari air jeruk limau. Cocok dipadu dengan daging iga yang empuk gurih.

Aroma gurame telur asin sungguh menggoda dengan warna cokelat pucat keemasan. Fillet gurame dibalut tepung lalu digoreng kering. Lalu diberi saus telur asin.

Pada suapan pertama, terasa gurih kuat telur asin dan tak ada aroma lumpur pada ikan. Bagian dalam ikannya lembut dan bagian luarnya renyah. Tambahan daun kari membuat aroma sausnya jadi enak, tidak anyir.

Agar semakin mantap, Anda juga dapat memesan sambal dadak merah (Rp 55.00) untuk teman makan gurame. Sambalnya diracik dengan campuran tomat dan cabai merah segar cocok untuk teman santap gurame dan nasi hangat ataupun nasi bakar. Porsi guramenya besar cukup untuk dimakan bertiga.

Sayur daun singkong teri kami pilih sebagai pengiring makan ikan. Tekstur daun singkongnya empuk dengan sensasi rasa gurih. Aromanya sedap, karena ditumis dengan potongan cabai rawit merah dan teri kecil dengan sensasi rasa paduan bawang putih dan kunyit.

Puas menyantap sajian sop dan gurame, kali ini segarkan tenggorokan dengan es kelapa muda dalam batok (Rp 17.500) atau teh kocok dengan campuran serutan cincau (Rp 21.000) yang segar untuk berbuka puasa.

Bumbu Moyang
Ruko Exclusive Blok C No. 2-3, Bukit Golf Mediterania
Jl. Marina Indah Raya, PIK
Jakarta Utara
Telp: (021) 56946301 (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com