Popolamama: Lembut Mulur Yokubari Aglio Olio Perpaduan Italia dan Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Jun 2016 17:39 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Resto ini punya sajian Italia dengan sentuhan Jepang. Salah satunya pasta aglio olio dengan jamur dan terung (nasu) Jepang sebagai pelengkap. Ada juga dessert pizza yang legit unik.

Popolamama berdiri sejak tahun 1995 di Jepang dengan menu andalan berupa pasta segar dan pizza bergaya Napoli. Di Indonesia, restoran ini hadir pada pertengahan tahun 2014 untuk memperkenalkan menu andalannya.

Nama Popolamama berasal dari bahasa Italia yaitu "popolare" dan "mama" yang berarti masakan homemade paling enak dari dapur mama. Meski menggunakan bahasa Italia, restoran ini memasukkan unsur Jepang dalam beberapa menunya.

Tertarik dengan paduan unik Italia dan Jepang, kami mampir ke gerai Popolamama di Grand Indonesia. Gerai berkonsep terbuka ini memiliki area cukup luas dengan open kitchen berada di sisi depan pintu masuk. Warna hitam, putih, merah, dan penggunaan furnitur kayu mendominasi interior restoran secara keseluruhan.


Mengintip buku menunya, Popolamama tak hanya menyediakan ragam pizza dan pasta. Ada salad, hidangan pendamping, dan hidangan penutup yang menarik selera. Seperti Japanese Mushroom Salad, Bolognese Potato Gratin, hingga Banana Caramel Pizza.

Kami memilih Mini Meat Eater Pizza (Rp 58.000), Yokubari Aglio Olio (Rp 82.000), dan Mini Banana Caramel (RP 40.000) sebagai santapan sore hari. Oia, khusus untuk pizza terdapat ukuran mini dan regular yang bisa dipilih sesuai selera.

Semua pizza di sini bergaya Napoli dengan tekstur tipis dan pemakaian topping sederhana. Pizza dipanggang dengan oven batu (stone oven) bersuhu 450-500C sehingga seluruh permukaannya berwarna cokelat sempurna.

Meat Eater ukuran mini terdiri dari 4 potong pizza. Toppingnya berupa irisan bawang bombay, jalapeno, lembaran daging asap, dan daging cincang. Tampak pinggiran pizza menggelembung dengan sebagian permukaannya sedikit gosong.


Hmmm.. Aroma gurih enak tercium dari sajian ini. Begitu digigit, pinggirannya terasa gurih renyah sementara bagian dalamnya lembut kenyal. Taburan topping yang lumayan royal terasa gurih empuk.

Kalau mau sengatan pedas, coba saja gigit jalapeno-nya. Dijamin puaskan selera pencinta pedas!

Yokubari Aglio Olio tak ingin kami lewatkan. Dalam bahasa Jepang, "Yokubari" berarti serakah. Kata ini menggambarkan limpahan topping pasta yang terdiri dari lembaran daging asap, sosis ayam, jamur shimeji, jamur tiram, terung (nasu), dan brokoli.

Campuran topping rupanya memberi warna cantik yang menerbitkan selera makan. Sekaligus 'menyembunyikan' spaghetti dibawahnya.

Hidangan pasta di sini terasa spesial karena dibuat segar menggunakan 100% tepung durum semolina. Tepung ini merupakan jenis tepung gandum berprotein tinggi yang paling cocok untuk pasta.


Di penciuman kami, pasta ini menebar aroma gurih mirip mie ayam. Setelah diaduk, teksturnya terlihat basah dan berminyak, terutama di bagian bawah. Sedikit berbeda dari aglio olio yang biasa kami makan dengan tekstur agak kering.

Pasta yang lembut mulur ini terasa gurih enak. Tercecap sedikit jejak bawang putih pada racikan aglio olionya. Daging yang jadi pelengkap pasta menambah sentuhan gurih berbeda.

Sementara itu, jamur Jepang terasa kenyal enak. Menghadirkan tekstur unik pada Yokubari Aglio Olio. Begitu juga dengan terung yang sengaja dimasak tidak terlalu matang. Secara keseluruhan, kami cukup menyukai racikan pasta ini.

Puas menyantap hidangan gurih, Banana Caramel Pizza jadi incaran selanjutnya. Karena memesan ukuran mini, pizza ini terdiri dari 4 potong.

Terlihat bagian pinggir pizza sedikit gosong dan menggelembung. Di atasnya tersebar potongan pisang, cacahan kacang almond dan mete, serta whipped cream.


Pisangnya manis lembek sehingga cocok melengkapi gurihnya adonan pizza. Cacahan kacang menghadirkan tekstur renyah sekaligus rasa gurih pada dessert ini.

Begitu disuap bersama whipped cream yang lembut manis, pizza pisang terasa makin enak. Rasanya hidangan dessert ini jadi 'juara' menu santap sore kami di sini.

Sebenarnya masih banyak menu Popolamama lain yang bisa dicoba. Lain kali kami ingin mencicip pizza teriyaki dan pasta dengan wafu soy sauce khas Jepang.

Popolamama
Grand Indonesia, Level 3A
Jl. MH. Thamrin No. 1
Telepon: 021 2358 0415

(adr/odi)