Coffee World: Menghirup Cafe Latte yang Wangi Ditemani Churros Cokelat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Mei 2016 18:20 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Mengawali minggu, Anda bisa ngopi enak di tempat ini. Ada camilan churros cokelat legit hingga sandwich tuna yang gurih. Yuk, mampir!

Tak sulit menemukan tempat makan di Setiabudi One. Ada pilihan gerai fast food ternama, restoran dengan menu Indonesia, hingga kafe bersuasana nyaman.

Menyusuri lorong lantai bawah, kami tertarik mampir ke Coffee World. Kafe waralaba internasional asal Swiss ini berkonsep terbuka dengan area bersantap luas. Furnitur kayu dan dinding putih dengan lukisan pop-art aneka warna mendominasi interior restoran secara keseluruhan.

Pengunjung bisa memilih duduk di sisi kiri kafe dengan kursi kayu, di sisi tengah dengan meja dan kursi bar, atau di sisi kanan dengan pilihan sofa. Saat kami mampir beberapa pengunjung tampak asyik bercengkrama sambil melahap menu ringan di sini.


Coffee World menyediakan kopi dan teh sebagai minuman utama. Untuk kopi, ada pilihan Espresso, Ristretto, Picollo, Macchiato, Flat White, dan CW Royal. Sedangkan untuk teh tersedia Black Tea, Earl Grey, Chamomile, Red Berries, Green Tea Mango, Rooibos, dan Lemongrass.

Menu ringan seperti salad, sandwich, kentang goreng, chicken wings, hingga aneka dissert juga tersedia sebagai 'teman' menyantap kopi dan teh.

Hot CW Royal Coffee (Rp 31.000), Green Tea Mango (Rp 27.000), Churros (Rp 29.000), dan Sandwich Hatuna Matata (Rp 51.000) jadi pilihan kami saat menghabiskan waktu sore hari di sini.

Sambil menunggu pesanan datang, kami bisa mengintip area open kitchen. Proses grinding hingga brewing kopi rupanya dilakukan di sini. Menurut informasi seorang pegawai, Coffee World menggunakan biji kopi arabica asal Lampung.


CW Royal dibuat dengan hiasan latte bunga di permukaannya. Pelengkapnya berupa sebutir chocolate chip cookies di atas piring kecil yang jadi wadah kopi.

Kopi ini adalah racikan cafe latte dengan susu kental manis. Ada jejak rasa kopi yang kuat dengan selingan manis enak dari minuman ini. Yang kami sukai, manisnya pas alias tidak berlebihan. Diseruput hangat sambil menggigit biskuit cokelat, rasa kopi ini makin nikmat!

Green Tea Mango tak kalah puaskan selera. Teh tropis ini diracik dari teh hijau dan mangga yang sudah dikeringkan. Seperti halnya kopi, teh dilengkapi sebutir chocolate chip cookies.


Warna minuman ini kuning bening dengan aroma mangga yang harum enak. Begitu disesap, ada paduan rasa khas teh hijau dan mangga yang berpadu amat baik. Sesuai deskirpsi menu, minum Green Tea Mango bikin badan segar sekaligus pikiran tenang!

6 buah churros disajikan dalam wadah biru plastik beralas tisu. Sementara saus cokelat yang jadi pelengkap ditaruh di wadah mirip batok kelapa.


Hmmm...Tercium aroma kayu manis yang kuat dari sajian ini. Bagian luar churrosnya terasa krenyes renyah sementara dalamnya lembut gurih. Cocolan saus cokelat yang pekat membuat churros makin nikmat. Cocok jadi 'pendamping' CW Royal yang kami pesan.

Karena masih ingin makan kenyang, kami tak melewatkan Hatuna Matata. Berupa sandwich dengan isian tuna mayonnaise di dalamnya.

Dalam piring putih lebar, sandwich dengan roti hot dog ini disajikan bersama kentang goreng, potato chips, dan saus sambal. Dari sela-sela potongan bun, terlihat irisan tomat merah segar, selada, dan tuna mayonnaise menyembul dari dalam roti.


Tekstur rotinya lumayan empuk dengan isian tuna mayonnaise yang gurih creamy. Sayangnya, kami tidak mencecap rasa pedas seperti deskripsi Hatuna Matata dalam buku menu yaitu menggunakan tuna pedas dan mayonnaise blackpepper.

Tuna mayonnaisenya juga kurang royal sehingga sudah habis sebelum kami selesai melahap roti sandwich berukuran besar. Secara keseluruhan, hidangan ini lumayan mengenyangkan meski rasanya tidak terlalu spesial.

Kalau belum ada ide untuk menghabiskan waktu sore hingga malam ini, Coffee World bisa jadi pilihan. Ragam kopi dan teh bisa disantap dengan menu pendamping yang beragam di sini.

Coffee World
Setiabudi One, Lantai Ground
Jl. HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta
Telepon: 021 5207524

(adr/odi)