Ekspedisi Langit Nusantara

Warung Sunset Chef Yudi: Crispy Pata dan BBQ Pork Ribs yang Menggoyang Lidah

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 12 Mei 2016 14:10 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Tak seperti 'warung' biasa. Di warung ini sang chef punya banyak sajian menggoda. BBQ pork ribs, pork knuckle yang renyah gurih hingga ikan goreng bertabur sambal matah. Wajib mampir kalau ke Bali!

Kalau bosan dengan babi guling atau suckling pig, Anda bisa menyinggahi warung yang dimiliki oleh chef Yudi ini. Chef bernama lengkap Gede Yudiawan ini juga punya jabatan adat sebagai Jero Mangku Pura Dalam Suci, Les, Buleleng.

Bagian depan restoran ini sudah terlihat asri diteduhi pepohonan. Di sisi pintu masuk, dihiasi babi-babi tanah liat yang bergerombol. Ada 4 bagian di rumah makan ini. Namun area makan terletak di bagian tengah dengan bangunan terbuka di sisinya.

Kayu bercat hijau bekas pintu dan sendok sayur batok kelapa digantung sebagai hiasan di salah satu sisinya. Meja dan kursi kayu mendominasi ruang santap. Serasa seperti berada di kampung. Sejuk dan nyaman.

Menu yang disajikan merupakan percampuran tradisional dan barat. Meskipun terasa lebih kuat rasa Balinya. BBQ Pork Ribs atau iga babi panggang merupakan sajian andalan resto ini. Sambil menanti BBQ Pork Ribs Full Rack (Rp. 260.000) dan Crispy Pata ( Rp. 185.000) disiapkan, kami mengawali santapan dengan sepiring Pelecing Kangkung (Rp.25.000).

Tampilan pelecing kangkung benar-benar menggiurkan. Paduan warna hijau segar kangkung sawah, warna putih tauge, taburan kelapa parut berbumbu, sambal yang merah menyala dan irisan limau sangat memikat.

Rasa renyah empuk kangkung sawah yang gendut beradu dengan renyah tauge dan kelapa parut. Sambalnya pedas dengan aksen asam segar tomat yang menyenangkan. Sukses menyegarkan mulut kami.

BBQ Pork Ribs disajikan utuh memanjang di piring oval. Iga babi panggang ini bisa dipesan setengah atau utuh. Tersedia pilihan saus madu, asam manis dan lada Bali. Karena utuh maka kami memesan dua bumbu olesan, madu dan lada Bali. Iga babi Bali yang berbalut daging tidak terlalu tebal. Empuk lembut di lidah, apalagi bumbu madunya meresap hingga ke ujung tulang. Sementara yang berbumbu lada terasa sengatan halus lada hitam yang merangsang lidah.

Sebagai penyeimbang santapan iga ini makin lengap dimakan dengan acar lobak yang diiris tipis, renyah asam segar. Bagian ujung-ujung iga yang sedikit gosong dan renyah jadi bagian paling favorit hingga iga ini tandas. Crispy Pata atau prok knuckle atau kaki babi goreng disajikan panas mengepul bersama 3 jenis pelengkap. Sambal matah, sambal merah dan sambal kuning.

Aroma gurih wanginya membuat kami tak sabar mencicipi. Kres! Suara renyah garing terdengar saat salah satu sisinya kami potong. Warna cokelat keemasan menandakan kaki babi ini di- deep fried sempurna. Bagian dalamnya lembut empuk dan di luarnya garing renyah.

Aroma kunyit dan bawang putih terasa kuat menambah sedap sajian ini. Crispy Pata ini perlu waktu lama untuk mengolah. Setelah direbus dengan bumbu lengkap hingga empuk lalu ditiriskan. Kemudian digoreng hingga garing.

Renyah empuk crispy pata makin dahsyat disuap dengan sambal matah. Juga dicocol bumbu kuning yang gurih wangi. Bagian paling dahsyat rupanya ada di telapak kaki. Sempilan daging di bagian bawah terasa lebih garing sedikit kenyal.

Tak tahan godaan, kamipun mencicipi Gurame Goreng Kecombrang (Rp.90.000). Gurame ukuran sedang digoreng garing hingga ke sirip-siripnya. Di bagian atas badannya diberi topping sambal matah dengan irisan kecombrang. Ah, bau gurh ikan dan asam segar kecombrang sungguh menggoda. Karena digoreng kering, empuk gurih daging gurame dilapisi kulit yang renyah.

Irisan bawang merah, cabe rawit dan kecombrang terasa renyah. Jejak minyak kelapanya terasa gurih manis bercampur dengan asam segar limau. Sajian sederhana yang tampil menarik di tangan chef Yudi.


Chef Yudi yang masih turun langsung di restoran ini punya pengalaman berkerjasama dengan pakar kuliner William W.Wongso untuk beberapa proyek kuliner di dalam dan luar negeri. Selama beberapa tahun sukses membuka restoran di Yogyakarta. Karena menyandang jabatan adat maka kini chef Yudi harus selalu berada di Bali. Kepiawaiannya meracik bumbu tradisional Bali tak perlu diragukan lagi apalagi soal kuliner pusaka dan adat istidat.

O,ya jika ingin menikmati Crispy Pata sebaiknya memesan dulu minimal 2 jam sebelum tiba di restoran. Ini supaya saat tiba tak perlu menunggu lama dan pasti kebagian. maklum saja di akhir pekan resto ini dipadati pencinta BBQ Prok Ribs! Untuk mencari lokasi warung chef Yudi ini cukup mudah. Karena jaringan kuat internet sudah menyelimuti seluruh pulau Bali.

 

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia". 

Warung Sunset Chef Yudi
Jl. Sunset Road, Kabupaten Badung, Bali
Telpon: 0361-8947322/ 0816685526
Jam buka: 8.00 - 23.00 WITA (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com