Putra Arema: Empuk Gurih Bakso Bakar Berpadu dengan Saus Kacang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 29 Mar 2016 18:56 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Sore ini paling enak jajan bakso atau mie ayam. Warung bakso Putra Arema tawarkan bakso bakar sebagai menu andalan. Ada juga mie ayam dan bakso rudal yang nikmat. Yuk mampir!

Berawal dari cerita teman tentang warung bakso bakar enak di Depok, kami sempatkan diri untuk menyambangi warung tersebut. Bakso Bakar Putra Arema berlokasi di pinggir jalan, tepatnya di seberang supermarket Giant, BBM.



Ada papan reklame besar bertuliskan nama warung sebagai penanda. Dari luar, warung makan ini terlihat cukup luas dengan 3 gerobak diletakkan di depan. Tiap gerobak berfungsi sebagai tempat meracik bakso rebus, bakso bakar, dan ragam minuman.

Disamping bakso bakar, tersedia mie bakso rudal, mie bakso kotak, bakso Malang, mie ayam bakso, dan mie ayam bakso rudal di sini. Kami tertarik mencicip Bakso Bakar (Rp 14.000) dan Mie Ayam Bakso Rudal (Rp 15.000).

Duduk di dekat gerobak tempat meracik bakso kami jadi bisa mengintip proses penyajiannya. Tusukan berisi bakso rebus diolesi bumbu kecokelatan sebelum dibakar di atas panggangan. Seorang pegawai sibuk mengipas dan membalikkan bakso, sedangkan pegawai lain memotong-motong ketupat dan menyiapkan piring saji.

Seporsi bakso bakar terdiri dari 3 tusuk berisi masing-masing 4 butir bakso. Pelengkapnya berupa potongan ketupat, acar, saus kacang, taburan bawang goreng, dan semangkuk kuah kaldu. Aroma daging bakar yang khas tercium dari sajian ini. Hmmm! Sungguh menggugah selera.



Bakso bakarnya begitu empuk dan gurih dengan jejak rasa bawang putih dan kecap manis yang ringan. Agaknya bakso dibuat dengan komposisi lemak lebih banyak dibanding daging karena teksturnya juicy dan rasanya gurih enak. Penggunaan lemak juga membuat permukaan bakso sedikit berminyak dan tidak kering meski sudah dibakar.

Pelengkap saus kacangnya tak kalah menarik selera. Teksturnya tidak terlalu halus karena masih tercecap butiran kacang tanah. Cocok jadi cocolan bakso bakar dan 'teman' menyantap ketupat.

Agar makin enak, kamipun menyeruput kuah kaldu hangat. Slurrpp! Gurihnya kaldu terasa pas dilengkapi taburan bawang goreng dan potongan seledri.

Bagi yang suka asam bisa melahap bakso bakar dengan acar dan perasan jeruk limau yang tersedia. Ada juga sambal hijau yang membuat bakso bakar terasa pedas.

Mie Ayam Bakso Rudal jadi santapan berikutnya. Disajikan dalam mangkuk putih bersama suwiran ayam kecap, sebutir bakso rudal, sawi, dan kerupuk pangsit. Terlihat kuah kuning merendam sebagian mie ayam.



Mienya lumayan tebal dengan tekstur mulur. Berpadu pas dengan kuah gurih dan suwiran ayam kecap yang manis empuk. Yang kami sukai, ayam kecapnya didominasi potongan daging, bukan kulit atau tetelan.

Segera saja kami mengoyak bakso rudalnya yang berukuran besar. Wah, saat dibelah terlihat cacahan daging dan tetelan merata di permukaan bakso. Kenyal dan gurihnya bakso rudal menambah kenikmatan mie ayam!

Secara keseluruhan, bakso bakar dan mie ayam bakso rudal ini begitu memuaskan selera. Lain kali kami akan kembali untuk mencicip bakso Malang dan bakso kotak di sini.

Bakso Bakar Putra Arema
Jl. Tole Iskandar No. 151
BBM, Depok Timur
Telepon: 0813 8394 9777

(msa/odi)