Rati Rati: Lembut Melayang Roll Cake dan Kardinal Chocolate Gaya Jepang

Maya Safira - detikFood
Jumat, 30 Okt 2015 18:33 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Menjelang akhir pekan, enaknya bersantai sambil menikmati dessert manis seperti roll cake. Kafe mungil ini bisa jadi tujuan untuk menikmati bolu gulung lembut gaya Jepang.

Tidak sulit mencari tempat makan di Pantai Indah Kapuk (PIK). Berderet restoran dan kafe yang bisa dinikmati di wilayah utara Jakarta ini. Karena ingin menyantap dessert, kami mampir ke Rati Rati. Kabarnya cake shop yang terletak di Ruko Cordoba tersebut punya kue-kue enak.

Rati Rati yang berarti 'cinta' dalam bahasa Sanskit sudah ada sejak tahun 2011. Kafe mungil ini awalnya berasal dari Jepang. Di Negeri Sakura ada gerai di wilayah Takarazuka, Kobe, Kyoto, Abeno dan Shin-Osaka. Executive Patissier & Chocolatier Rati Rati, Hiroyuki Anbo, sempat mendapatkan The Highest Award-Winning in Patissier Division tahun 1998 di Jepang.

Dari luar, tempat ini tidak terlihat mencolok. Perlu agak jeli saat pertama mencarinya. Bagian depannya mengusung paduan warna putih dan jingga. Beberapa tanaman tampak menghiasi area dekat pintu masuk

Masuk ke dalam, warna jingga masih mendominasi. Interiornya sendiri cukup simple dengan sentuhan chic sekaligus vintage. Tampak sofa dan meja berhadapan dengan etalase cake. Ada juga display cookies dan macaroon di meja seberang kasir.

Kebanyakan cake yang ditawarkan Rati Rati berjenis roll cake. Sebab ini jadi andalan mereka. Roll cakenya ada yang berwarna cokelat, ungu, pink hingga kuning. Tiap warna punya rasa berbeda antara lain strawberry, blueberry, cokelat dan matcha. Krim untuk roll cake sendiri diklaim rendah lemak.



Kami pun memesan Plain Roll (Rp 28.000) dan Ange Rounge (Rp 32.000). Roll berukuran 4 cm itu dapat dilengkapi dengan es krim. Plain Roll kami padukan dengan es krim cokelat. Sedangkan Ange Rounge dengan es krim mangga.

Plain roll memiliki permukaaan warna cokelat dan taburan gula bubuk. Sponge cake berwarna kuning pucat diisi dengan filling whipped cream putih. Pendampingnya berupa remahan mirip wafer roll dan es krim cokelat.

Roll cake versi klasik ini mempunyai tekstur adonan yang lembut dan ringan. Mudah melebur di dalam mulut. Sedangkan krim kocok yang jadi filling pun manisnya pas. Tidak membuat bosan dan terasa halus membelai lidah.



Roll cake semakin nikmat dimakan bersama es krim cokelat yang bisa menyeimbangi rasa. Pemakaian remahan pada roll cake memberi sensasi krenyes renyah di tiap gigitan.

Berbeda dengan jenis plain, Ange Rounge tampilannya lebih cantik. Roll cake berwarna pink cerah, dihiasi semprotan whipped cream dan potongan buah strawberry. Filling roll cake berwarna pink pucat dengan tambahan selai strawberry. Sehingga tercium wangi strawberry dari cake.

Remahan wafer ikut jadi pelengkap Ange Rounge. Ditambah dengan satu skop es krim mangga.



Tekstur sponge cake pada Ange Rounge tetap lembut seperti Plain Roll. Namun sponge cake lebih padat, tidak seringan jenis Plain. Krim kocoknya ditambahkan rasa strawberry sehingga ada paduan manis asam. Rasa strawberry kian kuat dengan adanya selai strawberry di dalam krim.

Suapan Ange Rounge bersama es krim mangga memberi sensasi segar unik. Meski es krim mangga yang creamy ini kurang dominan rasa mangganya.

Secara keseluruhan, roll cake di Rati Rati cukup memuaskan indera perasa kami. Tentunya bisa jadi pilihan bagi yang mencari roll cake Jepang lembut dan enak di Jakarta.

Disamping roll cake, kami juga mencicipi Kardinal Chocolate (Rp 35.000). Kue ini kami dampingi dengan es krim vanilla.

Kardinal Chocolate berbeda dengan roll cake biasa. Dua potong sponge cake persegi panjang diberi lapisan meringue. Bagian tenghnya diisi dengan krim cokelat Prancis.



Kelembutan sponge cake dan renyah manis meringue bermain di mulut secara serentak. Krim di tengahnya pun creamy enak karena rasa cokelatnya pekat dengan jejak sedikit pahit. Apalagi ada es krim vanilla wangi untuk melengkapi cake.

Jenis Kardinal nampaknya akan disukai pencinta manis. Penggunaan meringue membuat rasanya lebih manis dari roll cake.

Untuk minuman, Rati Rati menyediakan Punch Markisa, Rati Rati Punch dan Lady Don't Cry. Nama yang unik membuat kami memesan Lady Don't Cry (Rp 34.000).



Minuman ini tersusun dari sirup merah, soda dan es krim. Mirip dengan Italian cream soda. Rasanya creamy segar dan manis. Cocok sebagai penutup dessert.

Selain menyediakan kue untuk dine-in, Rati Rati juga menerima custom cake. Termasuk aneka bentuk kue ulang tahun.

Tertarik menikmati roll cake Jepang enak akhir pekan ini? Yuk, singgah ke Rati Rati.

Rati Rati
Ruko Cordoba Blok G No. 5
Bukit Golf Mediterania
Jl. Marina Indah Raya
Pantai Indah Kapuk
Jakarta Utara
Telp: 021-56945805
Jam buka: 11.00 - 23.00

(msa/odi)