Burgreens: Lezat dan Kaya Rasa, Burger dan Strawberry Cheese Cake a la Vegan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Okt 2015 15:34 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Anda vegetarian atau pecinta makanan sehat? Di sini ada burger​, salad hingga pasta yang bebas gluten, rendah lemak dan kalori. Soal rasanya? Hmm... lezat menggoyang lidah! ​

​D​i kawasan Rempoa, ​ada​ restoran mungil berkonsep alam yang menyajikan makanan sehat. Menyusuri jalanan Rempoa kami memasuki jalan Flamboyan. Ternyata di sini ada restoran ​bermenu sehat yang mengundang rasa ingin tahu kami.​

​K​onsep​nya ​ terbuka, jejeran meja kayu berbentuk bulat dengan kursi-kursi besi berjajar rapih di teras restoran ini. Tidak ada atap, melainkan pohon-pohon yang rindang dengan semilir angin yang berhembus tenang. Tempatnya semakin nyaman karena dihias dengan vas dengan bunga segar warna-warni. ​Suasananya cocok dengan menu sehat yang ditawarkan.​

Foto: detikFood

Dalam buku menunya dijelaskan bahwa memilih menu tanpa hewani dapat menjaga kelangsungan hidup lingkungan juga. Tak hanya vegetarian, makanan di sini juga dapat dikonsumsi bagi yang menjalankan diet vegan, 100 persen raw diet, gluten free, nut free, food combining hingga aryuveda seperti vata nourishing, pita cooling, kapha balanching dan trisdoshic.

​Menunya sangat bervariasi, tak kalah dengan resto biasa. Ada ​sweet potato chips, aneka veggie burger, pasta, salad hingga steak yang semuanya dibuat dengan sayuran dan juga protein nabati. Menurut salah satu karyawan, burger menjadi salah satu makanan ​yang paling disukai pengunjung​.

​Untuk membuktikannya​ kami memesan Local Twist Trio (Rp 60.000). Tiga mini burger dengan rasa yang berbeda disajikan di atas keranjang ayaman​ lidi​. Variasi burger ini adalah 16 Spices Tempeh, Tofu Cheese dan Not Chicken BBQ.

Pertama yang kami cicip adalah Tofu Cheese. Tekstur pattynya lembut sedikit berserat mirip dengan daging ayam. Ternyata pattynya dibuat dengan campuran tofu dan mushroom sehingga menghasilkan rasa gurih sedikit kenyal​.

Saat kami belah juga terlihat warna cokelat kemerahan mirip seperti daging. Warna merah kemudaan ini dihasilkan dari campuran daun bayam merah. Dipadukan dengan saus putih yang gurih segar, saus ini dibuat dengan campuran coriander dan yoghurt.

Saat digigit, ada semburat tumisan bawang bombay yang gurih, dengan potongan tomat segar dan selada. Wah, perpaduan yang pas, gurih dan renyah.​ ​Bahkan teksturnya terasa mirip daging ayam.​

Foto: detikFood

B​urger Not Chicken BBQ ​juga menarik. ​Patty berbentuk bulatnya dibuat dengan campuran adonan tempe. Yang berbeda dengan burger lainnya, burger yang satu ini dibuat dengan siraman saus BBQ. Sausnya terasa gurih dengan warna kecokelatan. Burger ini tetap dipadukan dengan selada dan potongan tomat.

​Burger terakhir punya ​sentuhan rasa unik. Burger ini dibuat dengan 16 jenis rempah asal Indonesia sehingga menghasilkan rasa yang eksotik. Tempenya dihancurkan dengan beberapa rempah​. T​erasa ​jejak ​​kunyit, serai dan ketumbar yang dominan. Aroma panggangan ​tercium wangi dan gurih​. Menu ini ​cocok​ buat ​yang kurang menyukai menu vegetarian seperti kami.

Saat disuap kami merasakan sensasi rasa daun jeruk yang kuat. Ditambahkan dengan sambal dabu-dabu a la Bali yang segar dengan tambahan tomat dan daun bawang. Berbeda dengan kedua jenis burger lainnya. Burger yang satu ini lebih terasa pedas.

Menutup sajian burger yang enak, kami mencicip Raw Strawberry Cheese Cake (Rp 45.000). Cheese cakenya terlihat cantik dengan tatakan daun pisang dan talenan kayu. Ada tiga lapisan dengan warna cokelat, putih dan pink.

Foto: detikFood

Tak jauh berbeda dengan cheese cake umumnya. Cheese cake yang satu ini memiliki rasa yang lebih gurih dengan rasa manis yang ringan. Pada lapisan bawahnya terdapat adonan sweet pastry dari kacang mete​. Teksturnya renyah dan mirip sekali dengan biskuit.

Aromanya kelapa dan strawberry tercium kuat​. Pada lapisan putihnya, cake ini terbuat dari santan kelapa yang gurih dan menghasilkan tekstur creamy. Untuk lapisan paling atas, santan dicampurkan dengan sari buah strawberry serta buah bit. Dan diberi topping potongan buah strawberry. ​Gurih, lembut dan sedikit manis​.

Walaupun dicampurkan dengan bit, tetapi tak ada rasa ​langu​ dari bit. Yang ada hanya perpaduan rasa gurih manis dengan rasa sedikit asam dan manis yang ringan dari kurma.

Untuk ​minuman ada​ berbagai macam minuman sehat. Ada superfood smoothies, kombucha, cashew milk, curcumint infused water hingga cold pressed juice yang segar.

Foto: detikFood

Salah satu yang harus Anda coba adalah Turmeric Twisted (Rp 45.000). Smoothies yang satu ini dibuat dengan campuran nanas, lemon dan kunyit. Minuman ini memiliki manfaat yang sangat baik karena dapat mengurangi inflamasi atau peradangan dalam tubuh.

​Kalau mau camilan sehat juga ada. Seperti ​crackers kale, cashew butter, almond canary butter hingga burger frozen food yang bisa ​dimasak sendiri. Jadi, siapa bilang makanan sehat tak enak dan membosankan? Buktikan di tempat ini!

Burgreens Organic Eatery
Jl. Flamboyan No. 19 (Songolas)
Rempoa, Jakarta Selatan
Telp: 087882005070
Buka: 11.00 - 22.00 wib

(adr/odi)