Traditional Home Kitchen: Mantap Mengenyangkan, Chicken Mustard Burger dan Croissant Chicken Sandwich

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 15 Sep 2015 18:18 WIB
Foto: detikFood
Jakarta -

Berada di pinggir kota Jakarta. Teras rumah ini disulap jadi kafe yang lucu. Renyahnya croissant dan empuknya burger dengan isian daging ayam bisa jadi pilihan ​untuk duduk bersantai di kafe ini.​

Beberapa kali melewati jalan di kawasan Bintaro, kami tertarik untuk mampir ke kafe ini. Bertuliskan 'Traditional Home Kitchen', beberapa mobil terparkir di depan kafe yang menyatu dengan rumah.

Terlihat tenda berwarna putih yang menjadi atapnya. Memasuki kafe ini, ternyata terdapat tiga penjual yang masing-masing punya menu sendiri. Ada Traditional Home Kitchen, Nasi Uduk Mas Dikun dan Husband N' Wife.

Semua interior dan desainnya didominasi dengan warna putih. Kursi dan meja kayu dicat dengan warna putih. Di​ ​setiap kursinya diberi pita berwarna hitam sehingga menimbulkan kesan fine dining. Lampu lampion dengan aneka motif juga tergantung di atap ruangan outdoor.

Ruangan indoor-nya lebih memberikan kesan rumahan dengan beberapa figura yang terpajang di dinding. Warna hitam dan putih menjadi ciri khas kafe ini. Meski mungil, tapi tempat ini cukup nyaman untuk bersantai.

Anda bisa memilih makanan sesuai selera. Traditional Home Kitchen memiliki menu makanan yang lebih tradisional seperti Soto Banjar, Asam-asam iga dan pindang kepala patin. Tapi, jika ingin nasi uduk dan ayam goreng, ​bisa memesan di ​ Nasi Uduk Mas Dikun.

Sayangnya, ​menu di ​kedua tempat ini belum siap untuk dipesan. Karena sedang ingin bersantai, akhirnya kami memesan menu yang ada di Husband N' Wife. Menunya terdiri dari aneka roti yang gurih dan manis, seperti croissant, burger dan roti bakar dengan berbagai topping enak.




Grilled Chicken Mustard Burger (Rp 25.000) jadi pilihan kami. Burger yang satu ini disajikan dengan talenan kayu persegi yang digunakan sebagai pengganti piring. Ukuran burger tidak besar, bisa dikatakan burgernya memiliki ukuran mini.

Saat digigit roti bun-nya terasa empuk sedikit kenyal. Dengan semburat aroma​ gurih wangi​ roti yang sedang dipanggang di atas pan​. ​ ​H​mm! Burgernya disajikan hangat, dengan isian daging ayam yang dibalut dengan tepung roti.

Tekstur dagingnya empuk dan cukup juicy. Ayamnya men​ebarkan ​aroma lemak gurih, semakin lengkap saat disantap dengan lettuce dan tomat yang segar. Tekstur creamy dihasilkan dari campuran mayonnaise, mustard dan saus sambal yang ​pedas ​nikmat.

Untuk menyantapnya, Anda tak perlu menggunakan pisau atau garpu. Cukup pegang kedua bagin burger dan gigit. Saat dikunyah, semua bahan menyatu menjadi satu. Cocol dengan saus putih yang berisi potongan bawang bombay. Rasa dan teksturnya lengkap, sedikit renyah dan empuk.

Walau ukurannya kecil, burger disajikan dengan potato wedges. Kentang goreng ​ber​kulit​nya​ renyah. Diberi taburan oregano dengan sedikit bubuk keju yang gurih. Keduanya dijamin​ bikin Anda ​kekenyangan!

Croissant Chicken Sandwich (Rp 19.500) menjadi salah satu favorit kami. Bentuknya sederhana, roti Prancis ini memiliki tekstur ​puff pastry ​yang renyah dan diisi dengan potongan daging ayam dan campuran saus berwarna putih.

Sausnya sedikit kental. Dengan sentuhan rasa krim segar dan potongan tomat dan bawang bombay yang ​renyah ​juicy​, sandwich ini terasa mantap​. Croissant semakin nikmat dan renyah saat disajikan dengan ​potato ​chips ​yang ​kriuk garing.​



Kangen dengan makanan manis, kami pun mencoba roti bakar ​M​ilo (Rp 15.000). Rotinya berlapis tebal dan disajikan dengan selai kacang plus taburan bubuk milo. Aroma panggangan dan milo tercium harum-harum manis saat kami hirup. Terdapat sedikit susu kental manis putih yang jadi tambahan toppingnya.

Roti berbentuk persegi ini dipotong empat. Teksturnya lembut dengan proses pemanggangan yang tidak terlalu ​kering​. Aroma panggangannya tidak terlalu kuat sehingga teksturnya ​pun ​tak terlalu garing.

Semua sajian roti ini sangat cocok disantap dengan Coffee Jelly (Rp 13.500) dan Orange Dreamer (Rp 18.000). Es kopinya manis dengan tambahan es krim vanilla di​ ​atasnya.​ T​ekstur lembut dengan rasa vanilla yang manis. Saat diseruput ada tekstur kenyal yang berasal dari homemade jelly.

Bagi Anda yang tidak terlalu suka manis. Anda bisa memesan Orange Dreamer. Jus jeruk yang manis asam dicampur dengan es krim vanilla. Rasanya mengingatkan kami pada permen sugus rasa jeruk. Sluurp!

Selain aneka roti, Anda juga dapat menikmati Poffertjes Green Tea atau No Bake Milo Cheese Cake yang pastinya akan kami cicip saat berkunjung kembali ke sini. Tempat ini sangat nyaman jika Anda datang pada malam hari. Lampu temaran dengan lilin-lilin yang ada di setiap meja membuat suasana makin romantis. Tertarik m​ampir​?

Traditional Home Kitchen
Jl. Bintaro Utama 3 No. 30
Sektor 3 Bintaro, Jakarta Selatan
Telp: (021) 7356162
Buka: 10.00 - 22.00 WIB

(lus/odi)