Bing Go: Segar Manis Es Serut Korea Bertabur Injeolmi yang Kenyal

Maya Safira - detikFood Selasa, 01 Sep 2015 16:49 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

​E​s serut Korea atau bing su​ sedang populer​. Di gerai ini ada beragam bing su dengan​ aneka topping. Seperti es serut bertabur injeolmi ​dengan ​bubuk kacang​ kedelai​.​ Dinikmati bersama​ roti panggang legit berisi lumatan ubi. ​Yummy!​

Saat berjalan-jalan di Gandaria City, kami menemukan gerai snowflake sherbet baru khas Korea. Pada akhir pekan 'Bing Go' ramai dipadati pengunjung, ​antreannyapun sampai​ di luar. Ketika kami datang, sebagian besar pengunjung adalah orang asli Korea.

Masuk ke dalamnya, kami disambut suasana yang nyaman. Interiornya simple dengan pemakaian furnitur kayu dan parket. Ini membuat Bing Go terasa nyaman untuk belama-lama. Terdapat pula area outdoor bagi yang ingin mencari angin. Karena tak dapat tempat di dalam, kami pun duduk di area luar.

Mengusung tagline "Authentic Korean Dessert Cafe", Bing Go punya andalan snowflake sherbet. Es serut gaya tradisional Korea ini diberi topping buah hingga keju. Seperti menu Pat Bing Go, Hallabong Bing Go, Sweet Potato & Cheese Bing Go, Mango Bing Go dan Green Tea Bing Go. Semua Bing Go tersedia dalam ukuran kecil dan besar.

Kami tertarik mencoba Injeolmi Bing Go ukuran kecil (Rp 43.000). Injeolmi merupakan jenis tteok (rice cake) populer yang kenyal seperti mochi. Makanan dari tepung beras ketan ini dibentuk dalam ukuran kecil dan ditaburi bubuk kacang kedelai (konggaru).

​Tampilan​ Injeolmi Bing Go cukup sederhana. Dalam mangkuk hitam tak terlalu besar, tampak gunungan es serut. Permukaannya dipenuhi taburan bubuk kacang berwarna cokelat keemasan dan remahan almond. Injeolmi berukuran kecil menyembul malu-malu di beberapa bagian es.

Ternyata perlu berhati-hati saat pertama menyuap es serut ini ke mulut. Jika tidak, bisa-bisa sedikit tersedak karena hirupan bubuk kacang berbutir halus pada es. Inilah yang kami alami ketika baru mencobanya. Namun setelah kacang mulai menyatu dengan es, ​rasanya krenyes dingin dan manis.​

Es serut yang berwarna putih punya rasa manis creamy seperti susu. Teksturnya bagai salju yang lembut dan langsung meleleh di lidah. Enak disuap dengan bubuk kacang kedelai pekat di permukaannya. Apalagi ada sensasi kenyal saat menggigit injeolmi. Begitu pula kerenyahan dari almond. Rasanya benar-benar seperti di Korea.

Setelah mencicipi bing su, kami tertarik dengan makanan pendamping di sini. Selain Injeolmi Ice Cream dan Korean Rice Cake with Cheese, ada pula dessert roti panggang. Sweet Potato & Cheese Toast (Rp 48.000) kami pilih sebagai ​camilan untuk menghabiskan Bing Go kami.

Tersaji dalam piring hitam berlogo Bing Go, setangkup roti panggang mengeluarkan aroma ​manis ​khas ubi. Permukaan roti diberi pasta ubi berwarna kuning dan taburan kacang almond. Di bagian dalam roti ada keju lembaran dan lapisan putih kenyal bertekstur mirip mochi.

Wah, ternyata roti ini memang bercitarasa unik. Pasta kuning dengan tekstur seperti lumatan ubi punya rasa yang manis lembut. Ketika seluruh isi roti disantap bersamaan, jadi ada jejak gurih keju.

Guyuran madu di permukaan, membuat roti panggang jadi lebih manis dengan aroma madu lamat-lamat. Kekenyalan dari lapisan putih yang sepertinya olahan beras ketan, menambah keasyikan menyantapnya. Bagi yang tertarik mencoba roti panggang dengan rasa tak biasa, dapat mencoba sajian ini.

Hallabong Ade (Rp 32.000) jadi penutup santap sore kami. Minuman terbuat dari ​air ​soda ​tawar ​dan jeruk Hallabong asal Pulau Jeju. Garnishnya berupa irisan lemon dan daun mint.

Terlihat olahan Hallabong yang berwarna kuning tenggelam di bagian bawah gelas. Saat kami mengangkatnya dengan sendok, ternyata teksturnya mirip selai​ marmalade.​ Tampak ada potongan-potongan kecil kulit Hallabong di dalamnya. Aromanya khas sitrus​, asam​ menyegarkan. Kamipun mengaduk minuman ini agar Hallabong dan soda bercampur.

Ketika melewati tenggorokan, ada paduan rasa manis dari Hallabong dan kesegaran soda. Potongan kecil manisan kulit Hallabong menambah kenikmatan meminumnya. Tentunya paling pas meminum Hallabong Ade dingin-dingin. Segar!

Selain soda, Bing Go juga punya minuman lain. Misalnya smoothie yogurt buah, kopi dan teh Korea. Tertarik me​nyegarkan diri dengan ​dessert a la Korea sore ini? Yuk mampir!

Bing Go Authentic Korean Dessert Cafe
Gandaria City Mall Lt. Upper Ground
Jl. Sultan Iskandar Muda
Gandaria
Jakarta Selatan
Telp: 0811 203 625
Jam Buka: 10.00 - 22.00

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com