Johnny Wong's Butter: Mentega Berbumbu yang Creamy Wangi dari Resep Keluarga Baim Wong

Maya Safira - detikFood Kamis, 09 Jul 2015 15:21 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Mentega tak hanya jadi olesan roti. Tambahan herba dalam mentega membuatnya makin enak dijadikan bahan tumisan hingga panggangan. Seperti mentega satu ini yang dibuat dari resep rahasia keluarga. Teksturnya creamy dengan aroma bawang putih menggoda.

Di Instagram, kami menemukan produk mentega lokal yang menarik perhatian. Dari foto-foto yang ada, produk mentega ini tampaknya mudah diolah jadi berbagai sajian. Ternyata Johnny Wong's Butter atau biasa disingkat JWS Butter merupakan salah satu bisnis yang sedang digeluti artis Baim Wong.

JWS Butter adalah salah satu bahan yang dipakai untuk membuat saus jamur pada menu andalan Johnny Wong's Steak dari kafe Petromak milik Baim​ yang dulu ada di kawasan Kemang​. Saus ini mempunyai rasa otentik dan menjadi ciri khas dari Johnny Wong's Steak yang cukup banyak disukai. Resepnya sendiri pertama kali diracik oleh Johnny Wong, ayah dari Baim Wong.

Sejak Oktober 2014, Baim Wong pun berinisiatif agar kemudahan memasak dengan JWS Butter juga bisa dirasakan banyak orang. Selain memudahkan proses masak, saus jamur creamy khas Johnny Wong's Steak dapat ​dibuat sendiri​ di rumah.

Tertarik mencoba, kami segera menghubungi kontak yang ada dalam laman Instagram JWS Butter. Kemasan butter berukuran 300 gr dihargai Rp 65.000. Karena kami berada di Jakarta, harga tersebut ditambah pengiriman kurir sebesar Rp 15.000. Pengiriman beroperasi setiap Senin - Sabtu pukul 09.00 - 16.00.

Setelah pemesanan hari Sabtu, barang dikirimkan tepat waktu hari Senin sesuai pemberitahuan dari JWS Butter. Kurir mengirimkan mentega dalam keadaan masih dingin. Kemasan juga tidak pecah dan mentega tidak meleleh.

Mentega jenis unsalted dengan bahan alami dan tanpa pengawet ini punya kemasan cukup bagus. Wadahnya berbentuk mangkuk dari bahan plastik. Pada tutup kemasan tampak logo produk beserta kontaknya. Ada juga label pemberitahuan untuk segera memasukkan produk ke dalam lemari es setelah pembelian sekaligus tanggal kadaluarsanya.

Ketika tutup kemasan dibuka, terlihat mentega berwarna kuning agak terang dengan totol-totol kehijauan di permukaannya. Aroma bawang putih menguar cukup kuat dari dalam wadah. Ternyata warna hijau berasal dari herba dan rempah yang dicincang dan dimasukkan ke dalam mentega.

​M​entega memiliki tekstur creamy yang enak dan tidak asin. Jejak merica, bawang putih, dan campuran herba terasa pada JWS Butter. Nampaknya proses pengiriman tidak membuat rasa mentega berubah.

Mentega ini disebut-sebut bisa diolah untuk masakan apa saja. Baik masakan lokal maupun internasional. Seperti membuat telur goreng kecap, nasi goreng, garlic bread, menumis sayuran dan lauk pauk, saus krim untuk pasta hingga memanggang steak.

Kamipun mencoba memakai butter untuk garlic bread dan sosis panggang keju. Setelah roti dan sosis diolesi JWS Butter lalu dipanggang beberapa saat, tampak mentega meleleh dengan warna kuning terang.

Cincangan bahan dalam JWS Butter jadi terlihat ketika mentega sudah mencair. Sepertinya ada pemakaian peterseli, bawang putih, bawang merah, dan rosemary dalam mentega itu. Pantas saja mentega lebih aromatik.

Memang terbukti rasa garlic bread maupun sosis semakin lezat dan wangi setelah pemakaian JWS Butter. Rasanya lebih kaya dan tidak hambar seperti mentega biasa. JWS Butter juga serasi berpadu dengan rasa keju. Hmm.. kami jadi tergoda untuk mencoba mentega ini pada masakan lainnya.

Sedikit pemakaian mentega sudah membuat makanan enak. Sehingga sisanya pun dapat disimpan dalam lemari es. Berdasarkan info, JWS Butter bisa tahan 4 bulan dalam freezer dengan tutup kedap udara. Sedangkan di chiller hanya selama 2 bulan.

Tertarik mencobanya? Selain pemesanan ke nomor WhatsApp atau BBM yang ada, Anda juga bisa menghubungi reseller di berbagai wilayah Indonesia. JWS Butter bahkan sudah memiliki reseller sampai ke Kuala Lumpur dan Singapura.
 
Johnny Wong's Butter
WhatsApp/Telp: 081911111134
BBM: 7EBD192D
Email: johnnywongsbutter@gmail.com
Twitter: @jwsbutter
Instagram: @johnnywongsbutter

(msa/odi)