Bumbu Tjobek: Menumpas Kangen Soto Lamongan dan Tahu Tek Khas Jawa Timur

Maya Safira - detikFood Senin, 06 Jul 2015 15:15 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Masakan tradisional ​paling nyaman buat berbuka puasa. Karenanya tempat yang punya andalan makanan Indonesia ini dipadati pengunjung. ​Ada soto Lamongan sedap dengan citarasa gurih segar dan tahu tek berbumbu petis.​ Uenake rek!​

Mall selalu penuh ketika jam buka puasa. Saat sedang berada di fX mall, kami mencari makanan Indonesia yang cocok untuk berbuka. Bumbu Tjobek jadi pilihan, meski kami perlu menunggu sesaat karena masuk waiting list.

Restoran mempunyai ruangan berinterior modern. Ada paduan warna cokelat dan hijau dalam Bumbu Tjobek. Uniknya, ada beberapa meja bulat dilengkapi sofa kayu berukuran agak rendah. Jadi ​bisa sedikit santai duduk di sofa ini sambil menikmati makanan.​

Bumbu Tjobek ternyata masih satu grup dengan Ita Suki, namun makanan yang ditawarkan tentunya sangat berbeda. Restoran ini menyajikan hidangan Indonesia favorit dari berbagai wilayah. Seperti Ayam Goreng Betawi, Soto Banjar, Nasi Goreng Jawa, Sup Iga Pindang, Tahu Kipas, dan lainnya.

Kamipun memesan Tahu Tek (Rp 25.000) yang jadi favorit. Menu ini berisi potongan kecil tahu putih goreng, irisan telur dadar, dan kentang goreng. Permukaannya ditutupi saus petis kehitaman, tauge, dan bawang goreng. Pelengkapnya berupa kerupuk bawang.​ Aroma gurih petis tercium sedap!​

Tahunya lembut dengan bagian luar garing. Enak disuap bersama kuah petis udang yang bercitarasa manis sedikit pedas. Dalam ​sausnya​ ada jejak gerusan kacang tanah yang menambah tekstur ​renyah​. Pengunaan kentang goreng dan tauge ​segar ​juga memb​uat rasanya makin lengkap​. Sayangnya, kerupuk bawang yang mendampingi tahu tek agak melempem.

​Kami juga tak melewatkan​ Ayam Bakar Bumbu Rujak yang jadi andalan. Namun kami kehabisan menu ini karena terlalu banyak dipesan. Akhirnya kami memilih Soto Lamongan (Rp 35.000) ​sebagai pengganti ​untuk menghangatkan badan.

Soto Lamongan tersaji panas dalam wadah stainless steel. Api masih menyala di bagian bawah wadah. Tampak asap mengepul dari permukaan soto berkuah kuning bening itu. ​Aroma gurih kaldu dan bawang tercium lamat-lamat dari kepulan kaldunya.​

Soto berisi suwiran ayam negeri, irisan kentang goreng tipis, suun lembut, irisan kol, daun bawang, bawang goreng dan seledri. Dalam foto menunya ada juga tambahan telur rebus. Tapi tidak kami temukan di wadah.

Kuah yang sedikit berminyak ini punya citarasa gurih segar. Ada jejak kemiri, kunyit dan bawang merah dalam kuahnya. Nikmat disantap bersama suwiran ayam yang lembut dan kentang goreng basah. ​Disuap​ panas-panas dengan nasi hangat. ​Makin mantap! Namun kami tak melihat taburan koya yang jadi ciri khas soto Lamongan. Mungkin saja dicampur dalam kuahnya.

Untuk pembasuh mulut, Bumbu Tjobek punya Jus Kedondong, Tjobek Passion, Es Kelapa Lychee, Es Campur Medan, dan Mango Squash. Dijamin segar untuk buka puasa. Yuk mampir!

Bumbu Tjobek
fX mall lantai F2
Sudirman
Jakarta Selatan
Telp: 021-25554592

(msa/odi)
Load Komentar ...