Shirin Arabian Restaurant: Disini Ada Nasi Biryani yang Semerbak dan Syahi Shirin yang Gurih

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Selasa, 16 Jun 2015 16:20 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

​Sekali-sekali manjakan lidah dengan hidangan Timur Tengah. Gurih berempah menjadi ciri khasnya. Di tempat ini Anda bisa menyantap nasi biryani yang empuk wangi diiringi susu berempahi yang gurih creamy dan wangi. Mantap enaknya!​

​Resto bermenu Arab ini punya papan nama kecil ​dengan ornamen kubah di jendela. Namun, di bagian dalamnya justru ditata sederhana. ​W​allpaper dipenuhi​ menu-menu makanan yang tersedia dengan hiasan ​unta dan pohon kurma.

Foto makanan yang ada di buku menu lumayan besar dan jelas. Tambah lagi, makanan dan minumannya sangat beragam. Semua makananannya terlihat unik dan enak. Sangat menggoda
​untuk dicicipi. Kami memutuskan untuk mencicipi Syurbah Shirin, Nasi Briyani, dan Marak Ladzid. Syahi Shirin dan Jus Kurma tak ketinggalan dipesan sebagai minumannya.

Agak lama kami menunggu, namun semuanya terbayar ketika Marak Ladzid tersaji​. Marak Ladzid (Rp 27.000) merupakan hidangan andalan dengan tanda 'Chef Recommended'. Berupa sup kambing dengan kaldu dan banyak rempah. Disajikan panas mengepul dalam panci kecil. Saat panci dibuka ​harum kaldu dan wangi rempahnya langsung menggelitik hidung. Sedap!​

Di sup daging ini ada potongan belimbing wuluh, tomat, cabai rawit merah, dan sereh. Terasa​
kaldu sapi yang kuat diiringi​ rasa asam yang segar. Ada aroma kunyit, sereh, bawang merah dan bawang putih. Mirip rasa pindang daging. ​Dagingnya dimasak sampai empuk hingga lembut mudah dikunyah. Tulang muda kambingpun terasa renyah saat dikunyah.

​Selain ​Nasi Briyani (Rp.50.000)​ ada​ Nasi Mandi. Nasi Mandi tidak pedas dan Nasi Briyani sangat pedas. Nasi Briyani kami mendarat di meja, terlihatlah nasinya bercampur kismis, cengkih, dan lada hitam butiran. Semerbak kapulaga dan kayumanisnya tercium kuat.​

Di tengah-tengahnya ​ada potongan ​daging kambing yang disajikan bersama tulangnya. Ketika diiris, dagingnya juga empuk dengan sedikit semburat kemerahan. Selain daging, ada juga mangkuk-magkuk kecil berisi belahan jeruk lemon dan sambal acar serta emping.

​Nasi dari beras basmati yang kekuningan terasa pulen dengan rasa pedas yang kuat. ​
​Makin enak disuap dengan sobekan daging. Gurih empuk. Sedikit kucuran air jeruk lemon membuat nasi ini makin segar. Acar yang segar dan emping yang renyah menjadi penyeimbang untuk rasa pedas rempah d​i mulut.​

​Kecuali nasi berempah, kuliner Arab juga terkenal dengan racikan buburnya yang unik. Seperti ​Syurbah Shirin (Rp 20.000) yang kami cicipi dan ​disajikan dalam mangkuk kecil.

​B​ubur gandum khas Arab ini​ diberi irisan halus daging kambing dan kaldu daging. Paduan gandum dan daging kambing ini membuat bubur ​berteksur lebih kasar. Aroma rempahnya juga kuat. Taburan ​bawang goreng membuat bubur gurih ini makin sedap aromanya.

​Kamipun membilas jejak rempah di mulut dengan ​Jus Kurma (Rp 15.000). Rasanya manis dengan rasa renyah serpihan daging buah kurma. Rupanya jus ini dibuat dari kurma segar sehingga tak terlalu manis. Cocok sebagai pembilas seusai bersantap.

Melengkapi santapan khas Arab ini kami memesan Syahi Shirin. Susu khas Arab disajikan dalam teko dan nampan berbahan stainless steel dengan dua gelas kaca kecil. Susu hangat ini dimasak dengan berbagai rempah. Aroma wangi kayumanis dan kapulaga beriringan saat ditenguk hangat-hangat.

​Di Depok dan sekitarnya agak jarang ditemui restoran Arab​. Kalau sedang ada di daerah ini Anda bisa mampir. Apalagi jika disantap saat berbuka puasa. Sajian hangat berempah sangat pas untuk menghangatkan perut.



Shirin Arabian Restaurant

Jalan Margonda Raya
(Seberang Kampus Universitas Gunadarma)
Telepon: 087785147587, 082110181994
Jam buka: 10.00 - 22.00​

(tan/odi)