Sagami Soba: Slruup! Pedas-Pedas Gurih Spicy Beef Soba Ume Khas Jepang!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Jun 2015 15:59 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Saat badan kurang fit, ​semangkuk soba yang hangat dengan sengatan pedas​ cabai bisa jadi santapan yang pas​. Apalagi ditambah dengan topping daging yang empuk​ serta kama​boko yang lembut kenyal. Perut kenyang dan dijamin keringat bercucuran!

​Sagami Soba merupakan jaringan restoran soba nomor 1 di dunia yang dimiliki oleh Nagoya-Mesi Company. Brand yang sudah berusia 45 tahun ini punya 120 outlet yang tersebar di dunia. Salah satunya yang baru dibuka di area food court Plaza Senayan.

Dalam deretan menunya terdapat sajian soba, udon, curry, ume hingga sushi dan aneka tempura. Mendapat rekomendasi dari Yasuyuki, selaku General Manager Sagami kami mencicip Spicy Beef Soba Ume (Rp 52.727) dan Tenzaru (Rp 57.273). Spicy soba merupakan salah satu sajian soba yang khusus ada di Indonesia dan menjadi favorit pada pelanggan.​

Soba merupakan salah satu jenis mie yang sudah dibuat sejak ratusan tahun silam di Jepang. Mie tipis ini dibuat dengan tepung buckwheat. Saat cuaca dingin, soba biasanya disajikan dengan kuah hangat. Sedangkan saat cuaca panas, soba biasanya disajikan dingin dengan cocolan saus terpisah.

Spicy Beef Soba Ume tersaji panas mengepul dengan tampilan s​angat menarik. Aroma gurih sedapnya sudah menyentuh ujung hidung.​ Sobanya ​berwarna merah muda karena dibuat dengan campuran buah plum​.​ D​isajikan dalam kuah merah yang pedas.

Soba ini disajikan dalam mangkuk keramik besar.​ Tercium aroma ​menyengat ​cabai yang bercampur dengan aroma gurih kaldu​. Untuk isiannya ada irisan daging sapi, sawi hijau, kamaboko dan irisan tipis daun bawang.

Ume soba bertekstur sangat halus dan lembut sehingga mudah hancur di mulut. Tak ada jejak rasa asam dalam mienya walaupun ditambahkan dengan buah plum. Daging sapinya empuk dan juicy semakin gurih saat dimakan bersamaan dengan potongan bawang bombay.

Oh ya, kuahnya berwarna merah karena ditambahkan dengan kaldu dashi dan gilingan cabai merah. ​Ada semburat rasa pedas yang mengigit saat kuahnya dihirup. Wah, hangat mengalir di tenggorokan!​

​Karena ​cuaca panas, kami tertarik untuk mencicip Tenzaru atau cold soba atau soba dingin. Kali ini, soba yang digunakan adalah soba original, alias tidak menggunakan tambahan bahan apapun sehingga warnanya cokelat muda.

Bentuk mie sobanya tipis lembut. Jika soba yang ditambah dengan kuah hangat memiliki tekstur yang lebih lembut, soba dingin justru memiliki tekstur yang sedikit kering. Soba yang sudah disiram air dingin ini disajikan diatas zaru, anyaman bambu​​. ​Disajikan dengan kuah tsuyu yang terbuat dari campuran dashi. Be​rwarna coke​lat sedikit kental.​

​Untuk menyantapnya, ​ambil sedikit soba dengan sumpit ​kemudian rendam dalam kuah tsuyu. Aduk atau putar mienya. Setelah 5-10 detik, angkat mienya dengan sumpit kemudian seruput mienya hingga berbunyi "slurp". Cara ini ​menambah kenikmatan saat Anda mencicip cold soba.
​​
Selain itu, soba dingin ini juga dengan tempura. Ada tempura udang ​atau ebi tempura dan ​
tempura ubi oranye yang manis gurih dengan balutan tepung yang renyah. ​Keduanya bisa dicocol dalam kuah shoyu yang gurih asin.

Restoran yang sudah berdiri sejak 1970 di Nagoya ini tidak memakai soba frozen akan tetapi soba segar yang dibuat sendiri. Untuk menjaga kualitas dan kesegaran, kaldu disaring secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan kualitas dashi terbaik. Berdasarkan standar operasi Sagami Soba, dashi yang masih ada sampai lebih dari empat jam akan dibuang sehingga kesegarannya tetap terjaga.

Selain di Plaza Senayan, sejak (30/05/2015) kemarin, Sagami Soba telah membuka cabang terbarunya di AEON MALL BSD CITY. Berbeda dengan konsep di Plaza Senayan yang ada di food court, di AEON Sagami berbentuk restoran besar dengan menyajikan Soba Shabu-shabu yang dapat dipadukan dengan beef.

Sagami Soba
Plaza Senayan lantai 3 Food Court
Jl. Asia Afrika, Senayan
Jakarta Selatan
Telp: (021) 57905381
Buka: 10.00 - 22.00 wib

(tan/odi)