Kkuldak: Ngemil Potongan Ayam Goreng Tepung dan Tteok Bersaus Madu dari Korea

Maya Safira - detikFood Senin, 27 Apr 2015 17:26 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Korea punya banyak variasi ayam goreng. Seperti camilan bola-bola ayam goreng bersaus madu di tempat ini. Ada potongan ayam goreng tepung dengan saus pedas atau bento berisi ayam saus madu. Semuanya ​gurih ​enak!

Beberapa tahun belakangan, ayam goreng Korea makin diminati masyarakat. Restoran ayam Korea pun ikut membuka cabang di Jakarta. Jika biasanya ayam disantap sebagai makanan berat, Kkuldak justru menyajikan ayam goreng bersaus madu sebagai camilan.

Meski gerai asal Korea ini baru hadir tahun lalu, namun sudah ramai dibicarakan warga Jakarta. Kkuldak mempunyai honey chicken ball dengan tampilan cukup unik dan mudah dibawa. Pilihan rasanya pun ada empat sehingga tak membosankan.

Kami pun menyambangi gerai Kkuldak di lantai 3A Grand Indonesia. Tempatnya berada di pojok dengan ukuran mungil. Interior didominasi warna kuning, putih dan hitam seperti lebah. Maklum saja, Kkuldak memang menggunakan lebah sebagai logonya. Karena kkul berarti "madu" dan dak berarti "ayam".

Banyak orang yang membeli Kkuldak take away untuk makan di jalan. Sehingga hanya ada tiga meja bulat kecil di gerai Kkuldak Grand Indonesia.

Untuk memesan makanan, pengunjung langsung mendatangi kasir. Kkuldak punya pilihan honey chicken ball dengan rasa Original honey, Spicy Honey, Sweet & Sour Honey dan terbaru Korean Hot Sauce Honey. Honey chicken ball memiliki ukuran small, medium dan large. Selain itu ada juga menu Kkuldak bento, fried chicken ball, tater tot, dan tteokbokki.

Kami pun memesan honey chicken ball rasa spicy honey ukuran medium (Rp 36.364) yang jadi favorit. Menurut pramusajinya, spicy honey paling pedas diantara rasa lain. Untuk menikmati ayam Korea ini kami perlu menunggu karena dibuat langsung sesuai pesanan.

Sambil menunggu, kami melihat proses penyajian honey chicken ball di sebelah kasir. Potongan ayam goreng berbumbu, tteok (rice cake) mini dan tater tot (olahan kentang goreng) dimasukkan ke dalam cup kertas seukuran minuman. Selanjutnya permukaan honey chicken ball diberi kucuran saus mustard dan taburan bubuk keju. Setangkai lidi diselipkan dalam cup untuk mengambil makanan.

Mumpung masih hangat, kami segera mencoba honey chicken ball. Tampak bola-bola ayam seperti popcorn chicken diberi saus lengket agak kemerahan. Saat dicicipi, ayamnya terasa pedas menyengat. Namun ada sedikit jejak manis dari madu.

Citarasa gochujang dan madu berpadu unik dengan ayam. Tambahan mustard dan bubuk keju membuat ayam yang renyah makin enak.

Adapun tteoknya bertekstur kenyal. Sedangkan tater tot terasa gurih renyah. Pilihan spicy honey tak boleh dilewatkan pencinta pedas. Mashita!

Penasaran dengan rasa lainnya, kami memesan bento (Rp 31.818) dengan pilihan ayam original honey. Paket bento berisi nasi dengan topping fried chicken ball dan irisan selada segar. Pembeli juga mendapat pilihan minuman berupa lemon tea atau green tea.

Bento disajikan dalam kotak berbahan kertas dengan ukuran tak begitu besar. Dalam bento, ada sekitar 10 potongan ayam goreng kecokelatan dan saus mustard. Ketika dicoba, rasa saus original honey tak berbeda jauh dengan spicy honey. Namun saus ini lebih manis dengan dominasi rasa madu. Mengingatkan kami dengan rasa ayam goreng di Korea.

Tekstur ayam renyah ini cocok berpadu dengan nasi pulen. Tambahan sayur selada dapat menyeimbangi rasa ayam. Menurut kami, chicken ball buatan Kkuldak enak disantap begitu saja maupun bersama nasi.

Jika ingin ngemil makanan gurih enak sambil berkeliling mal, Kkuldak bisa jadi pilihan. Yuk coba!

Kkuldak
Grand Indonesia Mall Lt. 3A, West Mall
Jl. MH Thamrin
Thamrin
Jakarta Pusat
Telp: 021-23580635

Baywalk Mall Lt. 4
Jl. Pluit Karang Ayu Utara
Pluit
Jakarta Utara
Telp: 021-29629605

(msa/odi)