Itacho Sushi: Sushi Klasik dan Inovatif Dalam Rasa Alami yang Memuaskan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 09 Apr 2015 16:41 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Hampir semua jenis sushi ada di restoran berjaringan global ini. Diracik dengan bahan segar dalam porsi kecil sehingga bisa memuaskan selera. Aneka donburi porsi minipun ada. Doozo!

Sejak marak aneka sushi fusion dan kreatif kami agak jenuh untuk menyantap sushi. Karena pemakaian bahan dan bumbu serta saus berlebih membuat sushi kurang menyenangkan lagi. Hilang rasa alaminya.

Saat melihat banner promosi Itach Sushi di Grand Indonesia, kami langsung tertarik. Karena Itacho Sushi sudah populer di Singapura dan HongKong dengan racikan sushi yang enak dan beragam menu lainnya.

Kisi-kisi kayu mendominasi ruangan santap yang bernuansa ringan dan bersih, khas Jepang. Di meja santap juga tersedia gari, wasabi, shoyu dan tissue basah serta sumpit.

Yang menarik, di meja juga dilengkapi selembar kertas tentang tata cara makan sushi yang benar. Mencelupkan sushi dalam shoyu, dengan posisi topping menghadap ke bawah, bukan nasinya. Ini karena banyak orang salah kaprah.

Khusus untuk sushinya ada beragam pilihan. Mulai dari hand roll, creative roll, warship style, temaki dan nigiri. Juga ada beragam pilihan sashimi, udon, ramen dan donburi.

Kami justru tertarik mencicipi sushi dengan versi yang sedikit berbeda. Seperti ‘roasted sushi’, topping sushi dibakar sebentar dengan blowtorch sehingga setengah masak.

Roasted Shrimp with Herb (Rp. 96.000) dan Roasted Salmon (Rp.20.000) disajikan dalam satu piring. Karena per porsi berisi 2 potong saja. Udangnya terlihat bersemu oranye pucat demikian juga dengan salmonnya.

Renyah tekstur udang sangat terasa. Makin enak dicocol garam lada yang ada di ujung piring. Nasi sushi yang sedikit gosong karena terbakar memberi tekstur krenyes renyah yang unik.

Fillet salmon juga terasa lembut gurih karena setengah matang. Tak terasa lagi jejak minyaknya. Paduan gari (acar jahe) dan wasabi membuat salmon makin lengkap rasanya.

Sensasi unik ini juga kami temui pada Avocado & Crab Rolls (Rp.44.000). Dua potong sushi ini termasuk jenis creative rolls. Ada renyah gurih kepiting soka di tengah gulungannya.

Topping irisan tipis alpukat dan mayonnaise Jepang memberi aksen rasa lembut dan sedikit manis. Perpaduan yang menarik saat dikunyah. Dua potong cukup untuk merasakan kelezatan sushi baru ini.

Puas mencicipi sushi dengan gaya berbeda barulah kami mengalihkan perhatian ke Amaebi atau Sweet Shrimp (Rp. 87.000). Udang ini disebut udang manis karena rasanya yang renyah manis.

Udang segar ini punya ciri khas warnanya yang oranye kemerahan cantik. Biasanya disajikan untuk sashimi atau nigiri sushi. Kali ini kami memesan yang segar karena ingin merasakan legit renyahnya udang segar ini.

Warna udangnya cantik dan ditata rapi di atas piring tembikar hijau. Dimakan begitu saja sudah terasa renyah, sedikit licin dan manis. Agar lebih enak celup sedikit shoyu dan setelah itu barulah kunyah sedikit gari untuk menetralkan rasa di mulut.

Kecuali sushi yang disajikan dalam porsi mungil, donburi, sajian nasi dengan lauk juga disajikan dalam porsi kecil. Seperti Unagi Mini Don (Rp.65.000) yang disajikan dalam kotak laquer segi empat.

Wangi gurih unagi langsung tercium. Fillet unagi teras lembut dengan sapuan saus yang cokelat sedikit manis. Di bawahnya ada irisan halus omelet telur dan nasi Jepang yang pulen.

Santapan kali inipun kami selingi dengan meneguk ocha dingin yang wangi sedikit pahit. Ternyata porsi-porsi kecil sushi cukup mengenyangkan. Gotisosama desita!

Itacho Sushi
Unit FD 1-10 Level 3A sky Bridge Grand Indonesia Mall
Jl. MH. Thamrin
Jakarta
Telepon: 021-23581228

(lus/odi)