Bakoel Bebek: Gurih Renyah Nasi Bebek Goreng Plus Sayur Asam

Maya Safira - detikFood Rabu, 05 Nov 2014 17:38 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Berbagai sajian bebek bisa dicicipi di resto ini. Mulai dari bebek goreng, bakar, sate bebek hingga nasi goreng. Daging bebeknya empuk renyah dengan bumbu gurih meresap. Nyam!

Makan malam kali ini kami ingin menyantap sajian tradisional dengan sambal yang mantap. Saat sedang melewati daerah Warung Buncit, ada sebuah bangunan restoran baru yang menarik perhatian. Letaknya tepat di sebelah Total Buah Segar.

Rumah Makan Bakoel Bebek terletak di lantai dua bangunan. Kesan homy dan chic langsung terasa saat kami masuk ke restoran. Tampak dinding bata dengan bangku-bangku putih dan beberapa sofa.

Dalam buku menunya, tentu saja bebek jadi primadona. Ada pilihan bebek goreng, bebek bakar dan sate bebek. Selain itu ada pula beragam sajian ayam, sapi, gurame, cumi, udang, kepiting, sayuran hingga mie. Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung bisa mengambil kerupuk gratis dari toples yang terletak di sudut ruangan.

Kami pun memilih menu paket bebek goreng (Rp 40.000) yang jadi favorit di sini. Sajian ini cukup komplit. Terdiri dari sepotong bebek goreng, nasi putih, sayur asam, dua potong mentimun, selada, kol, dan sambal.

Paha bebek berukuran sedang terlihat garing dengan warna kecokelatan. Saat daging dikoyak, asap pun mengepul. Wuih.. Wanginya! Daging bebek disajikan panas dan masih lembap. Teksturnya empuk dengan kulit garing renyah. Tak ada jejak bau anyir khas lemak bebek.

Bumbu berempah seperti bawang putih, ketumbar dan kunyit meresap hingga ke dalam daging bebek. Rasanya gurih sedap. Semakin nikmat saat bebek dimakan dengan nasi pulen hangat.

Cocolan sambal pedas menambah kesempurnaan menyantap bebek goreng. Ada perpaduan bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau dalam sambal yang bebas nambah. Meski pedas menggigit namun sambal tersebut sukses membuat sepiring nasi habis tak bersisa.

Tak ketinggalan sayur asam yang menambah kesegaran setelah rasa pedas menyantap sambal. Sayur asam dengan isian labu siam, nangka muda, potongan jagung, daun melinjo, kacang tanah, dan melinjo ini disajikan dalam mangkuk kecil. Rasanya tidak terlalu asam, ada sedikig rasa manis pedas.

Salah satu makanan yang enak disantap malam hari adalah nasi goreng. Kami pun mencoba Nasi Goreng Ala Bakoel Bebek (Rp 35.000) dengan tingkat kepedasan yang dapat ditentukan. Ternyata menu ini berupa nasi goreng dengan suwiran bebek goreng yang ditumpuk di atas nasi. Pelengkapnya, mentimun, selada, tomat dan acar.

Nasi gorengnya memiliki porsi cukup besar dengan tekstur pera. Terlihat telur orak arik dan irisan daun bawang. Bebek goreng tanpa tulang yang ada pada nasi goreng terasa empuk garing. Rasa gurih bebek cocok berpadu dengan nasi goreng pedas yang beraroma smoky dari penggorengan.

Bagi pencinta bebek, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan. Selain makanan, ada juga moktail racikan Bakoel Bebek seperti Double Duck Junior dan Berry Sweet Duck yang dapat dicoba.

Bakoel Bebek
Jl. Warung Buncit Raya No. 154 Lt. 2
(Sebelah Total Buah Segar)
Jakarta Selatan
Telp: 021-79182279
Jam Buka: 10.30 - 21.00

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com