Akira Back: Lembut Gurih Tuna Pizza dan Miso Black Cod yang Sungguh Istimewa

- detikFood
Rabu, 01 Okt 2014 12:25 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Sekali-sekali manjakan diri dengan makanan lezat. Meski harganya tak bisa dibilang murah, uang yang Anda keluarkan sesuai dengan kenikmatan yang Anda dapat. Kelezatan Tuna Pizza dan Miso Black Codnya sungguh mengelus lidah!
 
Akira Back yang terletak di daerah perkantoran di Kuningan, Jakarta Selatan, bisa jadi tujuan makan di awal bulan. Meski baru dibuka Mei lalu, restoran milik Chef Akira Back asal Korea Selatan ini sudah menuai banyak pujian.
 
Untuk memasuki restoran tersebut, Anda perlu menghampiri resepsionis di lobi MD Place terlebih dahulu. Sebab, diperlukan kartu identitas untuk membuka gate dan lift di gedung ini. Petugaspun akan menekankan tombol lift ke lantai 12 tempat restoran Akira Back berada.
 
Sebuah restoran elegan dengan dominasi warna cokelat gelap dan unsur kayu menyambut Anda. Jendela-jendela besar dengan elemen jaring laba-laba yang menjadi ciri khas gedung MD Place memperlihatkan pemandangan gedung-gedung di kawasan Kuningan.
 
Chef Andri Dionysius yang mengoperasikan Akira Back Jakarta menghadirkan aneka hidangan Jepang dengan sentuhan Korea, Italia, Amerika, dan cita rasa lokal. Salah satu hidangan ringan yang bisa Anda bagi bersama teman-teman adalah AB Tacos (Rp 155.000).
 
Seporsi AB Tacos berisi lima buah taco kecil. Kriuk... Kulit taco buatan sendiri ini terasa tipis dan renyah. Tak sempat mengagumi kerenyahannya lama-lama, lidah langsung dibuai lagi dengan isi taco yang royal berupa daging sapi wagyu cincang berbumbu kalbi dan tuangan saus spicy tomato ponzu. Gurih, manis, dan ringan! Hidangan ini memang harus segera dinikmati setelah disajikan agar taco-nya tetap renyah.
 
Selain AB Tacos, hidangan yang paling difavoritkan di Akira Back Jakarta adalah Tuna Pizza (Rp 145.000). Tampilannya berbeda dengan pizza biasa. Pizza bundar ini tipis dan tertutupi tuna sashimi, sehingga warna merah mendominasi permukaannya. Taburan daun shiso, microgreens, serta garam dan lada hitam mempercantik tampilannya.
 
Aroma minyak truffle yang khas menyengat membuat kami tak sabar segera melahapnya. Seketika, kami merasakan foodgasm. Kulit pizza-nya yang sangat tipis dan renyah langsung ditimpali gurihnya irisan tipis daging tuna mentah yang lembut.
 
Di balik lapisan sashimi tuna terdapat ponzu mayo, mayonnaise yang diaduk dengan saus jeruk ponzu. Minyak truffle tak pelit dituangkan di atasnya. Walau pizza ini dipotong delapan, rasanya tak rela berbagi!
 
Masih di kategori hidangan pembuka, Miso Black Cod (Rp 160.000) tampil cantik dengan hiasan busa berwarna pink dan dua buah cabai shishito. Awalnya kami bingung karena hanya sumpit yang disediakan. Tidak ada sendok dan garpu seperti umumnya untuk menyantap steak ikan.
 
Ternyata sumpit saja cukup mengangkat fillet ikan cod yang super lembut dan juicy ini. Lidah dengan mudah melumat daging ikannya yang agak basah karena minyak alami. Lumuran bumbu miso berwarna cokelat di luarnya terasa manis gurih membelai lidah. Ah, kelezatan hidangan ini sampai sekarang masih terbayang!
 
Busa pink tersebut rupanya terbuat dari bit dan cabai, namun tak berpengaruh terhadap rasa karena langsung hilang di lidah. Shishito yang seperti cabai rawit hijau namun lebih besarpun tak begitu pedas.
 
Sebagai appetizer, hidangan-hidangan tadi memang tak mengenyangkan dan cukup menguras kantung. Karena itu Akira Back menawarkan set menu untuk makan siang yang terdiri dari masing-masing lima pilihan appetizer dan hidangan utama serta dua pilihan dessert. Harganya mulai dari Rp 180.000 untuk tiga course.
 
Salah satu pilihan makanan pembukanya adalah Kalbi Sliders. Tampilannya seperti dua buah burger mini dengan pelengkap acar mentimun yang asam dan keripik akar teratai yang renyah asin.
 
Lagi-lagi Chef Andri sukses membuat kepala kami mengangguk-angguk dengan wagyu kalbi-nya yang empuk enak. Di atasnya ada telur burung puyuh mata sapi dengan kuning telur setengah matang. Di mulut, lelehan kuning telur menambah gurih kimchi mayo berwarna oranye yang dilengkapi mentimun yang diserut halus dan panjang seperti mi.
 
Rasanya benar-benar puas bersantap di sini! Kalau ingin kembali lagi malam harinya, Anda bisa mampir ke lounge Akira Back yang terletak di sebelah restoran. Di balik bar panjang, bartender siap meracik aneka minuman beralkohol dan nonalkohol.
 
Untuk pilihan asam segar, tersedia mocktail Le Passion yang terdiri dari es batu yang dihancurkan dan biji selasih dengan hiasan berupa biji markisa, daun mint, dan batang serai.
 
Minuman berwarna kuning ini terasa asam manis karena terdiri dari kombinasi melon, serai, nektar jeruk, dan sirop markisa. Tuangan ginger ale menimbulkan sensasi menggigit.
 
Ada pula Lychee Lush Stand yang tampak cantik dengan hiasan dua buah leci kalengan yang ditusuk dan daun mint. Gradasi warna pink lembut sampai kemerahan menimbulkan kesan feminin pada minuman ini.
 
Kombinasi buah leci, melon, jus jeruk, dan sirop stroberi buatan sendiri terasa manis sedikit asam. Aroma stroberinya terasa lebih kuat dibanding elemen lainnya. Harga mocktail di sini Rp 45.000-50.000 per gelas. Mau coba?
 
 
Akira Back
MD Place lantai 12
Jl. Setiabudi Selatan No. 7 (sebelah Four Seasons Hotel Jakarta)
Jakarta Selatan
Telepon: 021-29040777
Harga hidangan: Rp 35.000 - 2.500.000



(fit/odi)