Dapur Goela Manis: Bersantap dengan Pelayanan Bintang Lima dan Harga Terjangkau

- detikFood Senin, 07 Jul 2014 17:16 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sejak turun dari mobil, Anda akan merasakan pelayanan istimewa restoran ini. Berbagai sajian Indonesiapun diangkat dengan sentuhan kreatif. Bersantap a la fine dining dengan harga masuk akal!

Dekat Kantor Kelurahan Duri Kepa, Jakarta Barat, ada sebuah restoran bernama Dapur Goela Manis. Kapasitas parkirnya memang hanya sekitar lima mobil, tapi satpamnya akan membantu Anda parkir dengan rapi. Bahkan, ia membukakan pintu mobil dengan ramah meski parkir di sini gratis.

Pelayanan yang menyenangkan juga terasa sejak menginjakkan kaki di restoran ini. Setelah membukakan pintu, para staf akan menyambut Anda dengan hangat.

Buku menu tak sekadar diantarkan ke meja, tapi pelayannya juga akan menginformasikan menu andalan. Pertanyaan Anda soal hidangan di menu akan dijawab dengan jelas karena sang staf sudah menguasainya.

Pilihan makanan banyak dan semuanya Indonesia. Mulai dari sayur asem sampai bebek goreng sambal matah. Minuman tradisional seperti teh poci dan es dawet juga bisa dipesan di sini, meski tersedia pula mocktail, aneka kopi, dan jus.

Deskripsi Nasi Lapis Kebon Raya (Rp 37.000) menarik perhatian kami. Terinspirasi burger, nasi putih dicetak bundar pipih dan mengapit telur mata sapi. Urap sayuran menjadi topping-nya.

Kami memotong nasi dari atas sampai bawah agar semua lapisannya masuk dalam satu suapan. Kombinasi urap yang terdiri dari kacang panjang, tauge, dan kol yang diaduk dengan kelapa parut berbumbu, serta nasi putih dan telur mata sapi tanpa garam terasa simpel dan mengingatkan kami akan hidangan rumahan.

Rupanya di bagian bawah nasi tersembunyi sepotong empal. Teksturnya yang agak basah membuatnya jadi mirip semur. Ada selipan kangkung renyah dalam campuran urapnya.

Karena sedang ingin makanan berkuah hangat, kami tak melewatkan Rawon Iga (Rp 63.000). Walau tergolong menu baru, sajian ini banyak diminati. Rawonnya disajikan di panci stainless berpemanas. Tauge pendek, jeruk nipis, sambal, telur asin, dan emping diletakkan di piring-piring kecil terpisah.

Rawon ini cocok untuk Anda yang tak begitu suka rasa keluak yang pekat. Kuahnya yang berwarna cokelat terang terasa ringan saat diseruput. Kaldunya gurih kuat karena kuahnya dimasak bersama tulang iga. Diberi sedikit air jeruk nipis, rasanya jadi gurih segar!

Sambil menghirup aroma rawon yang wangi, kami melepas daging yang menempel pada tulang iga. Daging yang kenyal lembut ini memang enak disantap bersama nasi putih sambil diseruput kuahnya.

Udang Goreng Panca Warna (Rp 44.000) juga bikin penasaran. Udang goreng dipadukan dengan karamel dan telur asin? Hmm... terdengar sangat menggugah selera!

Saat hidangannya datang, aroma gurih gorengan terendus. Namun penampilannya berbeda dengan ekspektasi kami. Tak terlihat saus karamel maupun saus telur asin. Rupanya telur asinnya dicacah kecil-kecil, lalu dioseng bersama irisan cabai merah, seledri, dan sedikit jejak gula merah.

Warnanyapun jadi kecokelatan dengan selingan merah, hijau, dan putih. Manisnya terasa samar. Osengan tadi ditaburkan di beberapa ekor udang goreng berlapis tepung yang lumayan renyah. Sebagai pelengkapnya ada lobak dan wortel yang diiris memanjang.

Dapur Goela Manis menempati sebuah rumah berukuran sedang dengan perabot-perabot jati dan gramofon. Kalau Anda ingin mengadakan acara makan privat, restoran ini menyediakan empat ruangan yang bisa Anda tempati. Tersedia pula area makan luar ruang, ruang karaoke, live music, serta wi-fi.

Dengan pelayanan yang sigap dan ramah, area makan yang seperti galeri, serta hidangan yang pas di lidah, kami merasa seperti tamu restoran mewah. Namun, harganya lebih terjangkau karena lokasinya tak di pusat kota. Datang saja ke sini untuk membuktikannya!


Dapur Goela Manis
Jl. Kebon Raya 2 No. 63, Duri Kepa (dekat Kantor Kelurahan Duri Kepa)
Jakarta Barat
Telepon: 021-5663200, 96096927
Jam buka: khusus puasa setiap hari pukul 17:30-22:00, hari biasa Senin-Jumat 11:00-15:00, 17:30-21:30; Sabtu-Minggu 11:00-22:00

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com