Daebak: Bulgogi Gurih Enak dan Fruit Punch Lee Seung Gi di Surga Pecinta K-Pop

- detikFood Selasa, 18 Mar 2014 15:01 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Di Depok, mungkin ada beberapa restoran Korea yang sudah lebih dulu berdiri. Namun tempat makan yang mengakomodir keinginan para penggemar K-pop tampaknya hanya ada satu: Daebak. Restoran inipun mengklaim dirinya sebagai '1st Korean Fan Cafe in Indonesia'.

Daebak menempati sebuah ruko berlantai tiga di Jalan Margonda, sederetan dengan Dmall Depok. Lantai dasarnya dipakai sebagai dapur yang ditutupi dinding triplek. Jadi, setelah masuk, Anda harus melewati lorong sempit dan menaiki tangga menuju area makan di lantai dua.

Sesampainya di lantai dua, penggemar K-pop pasti antusias mendengar lagu-lagu pop Korea terkini diputar. Di Hongdae Room yang berkapasitas sekitar 30 orang, tembok putihnya nyaris tak terlihat karena tertutupi sticky note warna-warni bertuliskan aneka pesan untuk para idola. Belum lagi pigura foto para bintang K-pop seperti MBLAQ, Sistar, 2PM, dll.

Di sebelahnya ada Bukchon Room yang bisa memuat sekitar 24 orang. Ruangan ini tampak lebih 'dewasa' dengan penerangan redup dan dinding kuning pucat polos tanpa sticky notes. Di dindingnya tampak beberapa pigura bergambar arsitektur tradisional Korea. Layar TV tak henti menayangkan acara Running Man atau video klip girlband dan boyband ternama.

Aneka menu tradisional Korea tersedia di buku menu seperti kimchi jjigae, bibimbap, dan tteokbokki. Termasuk ramyeon alias mi kuah Korea yang disajikan di panci. Yang jadi pilihan kami adalah 'sushi roll' a la Korea alias kimbap (Rp 26.363).

Sepuluh potong kimbap bertabur wijen putih tersaji di piring. Proporsi nasinya tampak lebih banyak dibanding isinya, mungkin untuk mengakali harga agar lebih terjangkau.

Tekstur kenyal langsung terasa saat kami mengunyah kimbap. Selain karena kim (lembaran rumput laut hitam yang membungkus kimbap), nasinya sepertinya dicampur ketan sebelum diaduk dengan minyak wijen sehingga terasa lebih chewy.

Warna nasinya juga jadi kekuningan terkena danmuji (acar lobak) yang asin. Selain danmuji, isinya terdiri dari potongan mentimun, wortel, dan telur sehingga ada selingan tekstur renyah dan lembut. Lumayan menggelitik lidah rasanya.

Rasa asin terasa semakin kuat saat kimbap dicelupkan ke joseon ganjang (kecap asin Korea) yang disajikan di mangkuk. Kadang juga terasa pedas kalau irisan cabai rawit merah dan hijau di saus cocolnya tergigit.

Bagi yang lidahnya tak terbiasa dengan citarasa hidangan Korea, bulgogi (Rp 35.454) bisa jadi pilihan aman. Aroma gurih wijen dan daging melayang-layang saat hidangan ini disajikan panas.

Irisan daging sapinya tampaknya tak dipanggang, tapi ditumis. Dagingnya basah dan dikelilingi kuah kaldu kecokelatan. Saat dikunyah, tenderloin-nya terasa lembut dan agak mudah hancur. Kombinasi kecap asin, minyak wijen, dan gula menciptakan paduan rasa asin, gurih, dan manis di lidah.

Di sela-sela daging terdapat irisan bawang bombai, cabai hijau, dan jamur tiram. Wijen putih tak lupa ditaburkan sebagai ciri khas hidangan Korea. Dilahap dengan nasi putih yang pulen hangat, bulgogi-nya jadi makin sedap!

Minuman andalan di Daebak adalah 'Fandom Punch' alias fruit punch yang diberi nama bintang-bintang K-pop seperti CN Blue dan Girls Generation. Setiap tahun, Daebak merilis daftar 10 Fandom Punch yang paling laris dibeli. Shinee, Super Junior, dan Exo berturut-turut menduduki peringkat 1, 2, dan 3 dalam daftar 'Fandom of The Year 2013'.

Minuman yang kami pilih yakni 'Mint Forest' (Rp 13.636) yang mewakili artis Korea Lee Seung Gi memang tak masuk daftar, namun rasanya enak. Gradasi biru, hijau, dan kuning dengan taburan selasih di atasnya melebur menjadi hijau muda cantik setelah diaduk. Ada sensasi dingin mint dan soda yang menggelitik yang melengkapi manisnya sirup melon. Mungkin ini mewakili Lee Seung Gi yang manis menggemaskan!

Di Daebak, pelanggan bisa memakai wi-fi secara gratis, bahkan bisa me-request lagu untuk diputarkan di Hongdae Room. Restoran yang baru setahun berdiri ini memang cocok untuk para penggemar K-pop yang kebanyakan anak muda.

Harganya relatif terjangkau kantung mahasiswa, makanannya juga sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia dan halal. Wajar saja, restoran ini merupakan buah kerja empat orang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Daebak (hebat)!


Daebak Fan Cafe
Jl. Margonda Raya No. 239 (seberang perumahan Pesona Khayangan)
Depok
Telepon: 081295160555
Jam buka: Sabtu-Kamis (10:00-22:00), Jumat (13:00-22:00)



(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com