Betawi Ngoempoel: Rela Datang Jauh-Jauh Demi Sepiring Pecak Ikan Mas

- detikFood Kamis, 13 Mar 2014 17:36 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Memang perlu sedikit kesabaran untuk mencapai restoran tempat orang Betawi berkumpul ini. Semua lelah rasanya terobati saat kami berhasil mencicipi Gabus Pucung gurih serta satu porsi Pecak Ikan Mas yang segar pedas. Penasaran?

Ngidam makanan Betawi gurih dan kaya rempah membuat kami rela menghampiri sebuah rumah makan sederhana bernama Betawi Ngumpul. Terletak di Jl. Raya Tanah Baru, kecamatan Beji, Depok rumah makan ini terlihat sedikit terpencil dengan lapangan luas serta sebuah rumah gaya Betawi kuno di depannya.

Anda akan 'disapa' oleh ondel-ondel pria dan wanita dengan baju berwarna yang menambah cerah rumah makan ini walau cahaya matahari mulai redup. Tidak perlu bingung memilih santapan sore ini karena sejak Anda melangkah masuk, sebuah papan bertuliskan Gabus Pucung, Sayur Goreng Asem, Pepes Peda, hingga Gabus Kering mengingatkan apa saja hidangan yang perlu Anda cicipi.

Walau restoran menampilkan suasana meriah ala masyarakat Betawi, hidangan yang disajikan kembali sederhana seperti di rumah. Karena cukup lapar, kami pun penasaran mencicip Ikan Mas Pecak (Rp 20.000), Ikan Gabus Pucung (Rp 30.000), dan Sayur Goreng Asem (Rp 10.000).

Kami akui cukup kaget mendapati rumah makan Betawi yang cukup dikenal masih punya stok Gabus Pucung saat hari makin malam. “Iya mbak, persediannya sedang banyak hari ini,” jawab seorang pelayan wanita. Jika ke sini, Anda akan disuguhi teh hangat tawar dengan teko enamel berwarna hijau berulir putih serta gelas besi kecil.

Menguatkan konsep rumah makan Betawi, seni tradisional Betawi seperti tarian dan musik, terpampang dalam wujud foto- foto lama di dinding rumah makan ini. Di dekat kasir, terdapat radio dan gramofon vintage bertumpuk dengan peralatan dapur seperti rantang kuno.

Seporsi Gabus Pucung akhirnya dihantarkan untuk kami. Dinilai dari satu potongan, kami bisa memastikan ikan gabus yang dimasak mempunyai ukuran cukup besar dengan daging relatif tebal. Berbeda dengan Gabus Pucung lainnya, disini kuahnya terlihat tidak terlalu hitam tapi cenderung kecokelatan.

Warna cerah ditonjolkan lewat garnish petai, daun bawang, cabai, dan bawang goreng. Dalam kuahnya terkecap rasa kluwek yang gurih dengan sentuhan rasa daun jeruk, kemiri, dan kunyit lezat. Daging gabus yang terlebih dahulu digoreng terasa kenyal dan juicy, rasa gurih alaminya pun bersanding sempurna dengan kuah kental kaya rempah.

Kurang pedas? Anda bisa menikmatinya bersama cabai rawit segar. Karena kuah terasa sedikit asin, rasanya tambah nikmat disendok bersama nasi pulen hangat!

Pecak ikan mas pun diracik berbeda di Betawi Ngumpul. Kacang dan sambal sering menjadi bubuk pecak, sedangkan di sini ikan mas digoreng dan disiramkan kuah bening hasil rebusan rempah. Jangan remehkan warnanya yang bening karena rasanya ternyata pedas segar!

Satu sesapan terasa hangat dengan campuran rasa jahe, lengkuas, dan cabai yang cukup kuat di kerongkongan. Sebagai garnish bumbu- bumbu tersebut termasuk bawang merah dan jeruk nipis diraburkan di atasnya.

Ikan mas mempunyai ukuran sedang digoreng terlebih dahulu mempunyai kulit luar garing yang dilembutkan oleh siraman kuah. Tidak ada jejak aroma ataupun rasa amis dalam ikan, dagingnya terasa lembut dan kenyal saat dikoyak dengan sentuhan rasa asin. Wah, hidangan ini pastinya jadi favorit para penyuka pedas!

Mampir ke restoran ini rasanya tak lengkap tanpa mencoba hidangan sayur khas Betawi. Pilihan Sayur Goreng Asem bisa Anda pilih untuk varian rasa yang cukup berbeda dari sayur asem biasa. Kuah terlihat berwarna hijau kekuningan dengan bercak minyak merah di permukaannya.

Setara dengan harganya, hidangan ini mempunyai porsi cukup besar. Didalamnya terdapat sayur seperti nangka muda, labu siam, jagung, daun melinjo, melinjo, dan kacang panjang.

Tumisan cabai dan kunyit gurih pedas, seimbang dengan rasa asam segar. Sayur nangka masih terasa garing sangat lezat bersama kacang panjang dan jagung yang manis renyah.

Masuk dalam keadaan lapar dan pulang dengan perut kekenyangan! Ketiga hidangan ini berhasil mengobati rindu kami akan hidangan Betawi yang mulai jarang ditemui. Pastinya akan kembali kesini dan mencicipi beberapa menu seperti pepes peda dan sop iga yang juga menjadi favorit.

Betawi Ngoempoel
Jalan Raya Tanah Baru No 74
Kel. Tanah Baru Kec. Beji
Kota Depok



(dni/odi)