Thai Alley: Jajan Tom Yam dan Pad Siew dalam Suasana Jalanan Thailand

- detikFood Rabu, 28 Agu 2013 12:05 WIB
Foto: DetikFood Foto: DetikFood
Jakarta -

Terbayang asam gurih tom yam untuk makan siang ? Anda bisa mampir ke restoran Thailand ini. Tom yam goong tersaji hangat dengan kuah asam pedas yang segar. Juga ada pad siew yang gurih lembut dengan isian seafood yang royal.

Hidangan Thailand yang segar dan kaya bumbu tak pernah surut penggemar. Beberapa yang paling banyak dikenal antara lain tom yam dan pad thai. Racikan hidangan yang gurih dan pedas cocok dengan lidah orang Indonesia. Untuk mengenal lebih jauh hidangan Thailand lainnya, Anda bisa langsung mampir ke Thai Alley di Pacific Place Mall.

Seperti namanya, restoran Thai Alley sengaja dibuat dengan konsep semi terbuka mirip dengan jalanan di Thailand. Dengan konsep semi terbuka, terdapat tumpukan peti minuman diletakkan di bagian pinggir restoran. Selain itu, terdapat beberapa ornamen yang memperkuat dekorasi “jalanan” restoran ini seperti pagar besi serta lampu jalan.

Bangku yang kami duduki pun terbuat dari kayu khas pedagang kaki lima. Uniknya sampul buku menunya terbuat dari potongan kardus. Saat mengintip menunya, sedikit bingung melihat nama hidangan yang asing, tapi untungnya terdapat foto dan diskripsi hidangan tersebut.

Terdapat appetizer seperti todd man goong (thai prawn cakes) dan poh pia tod (lumpia dengan isian ayam, mie, dan ayam). Selain itu terdapat juga pilihan salad, hidangan bakaran, sayuran, mie, nasi, dan hidangan kukus. Akhirnya, pilihan kami pun tertuju pada gai tod, tom yam goong, dan pad siew.

Gai tod (Rp 35.000) ditawarkan sebagai appetizer berupa potongan ayam goreng kering dengan sweet basil, cabai goreng, dan serai, serta disajikan dengan salad. Basil yang digoreng kering menyebarkan aroma wangi dan serainya memberi aroma segar.

Ayamnya digoreng hingga kecokelatan gelap. Rasa manis gurih terasa dominan, teksturnya pun sangat renyah dengan daging yang masih juicy. Disantap bersama basil dan cabai kering, ternyata semakin lezat. Pedas-pedas gurih!

Karena udara sedang dingin, rasanya enak untuk mencicipi tom yam yang hangat pedas. Tom yam goong (Rp 39.000) kuahnya berwarna oranye kemerahan. Isiannya terdapat jamur, dua udang ukuran besar dengan topping daun ketumbar segar.

Kuahnya terasa asam pedas segar! Terasa asam yang lebih dominan dari perasan jeruk nipis. Terkecap bumbu serai dan tomat yang menambah rasa segarnya. Udangnya kenyal manis sedikit gurih. Sayangnya sup ini lebih disesaki dengan irisan serai dan bawang daripada potongan jamur.

Pad siew (Rp 49.000) mirip dengan kwetiau goreng seafood. Pad siew terbuat dari kwetiauw yang digoreng dengan telur dan kecap lalu diberi isian seperti sawi, jagung muda, potongan wortel, udang, dan cumi. Hidangan ini disajikan bersama kecap asin dan cabai rawit serta jeruk nipis.

Rice noodle yang disajikan ternyata lembut dan tidak terlalu kenyal dengan bumbu kecapikan yang gurih meresap. Isian seafood udang dan cumi pun royal, keduanya memiliki sentuhan rasa manis dan teksturnya pun kenyal lembut. Sementara sayurannya terasa renyah gurih.

Ketika ditambah sedikit air jeruk nipis, aroma dan rasanya jadi segar. Berpadu sempurna dengan rasa gurih manis yang dominan. Jika, suka pedas, tambahkan saja bumbu kecap asin plus cabai rawit! Kali ini kue-kue legit khas Thailand terpaksa dilewatkan karena perut sudah kenyang.

Thai Alley

Pacific Place lt. 5
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53
Jakarta Selatan
Telpon: (021) 57973600

Mal Gandaria City Lt. Dasar, Lobby Selatan
Jl. Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telpon: (021) 29008038



(dni/odi)