TWG Tea Salon & Boutique: Menghirup The Royal Orchid Tea Ditemani Croque Imperial

- detikFood Kamis, 15 Agu 2013 16:00 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Di balik dinding kaca terlihat orang sibuk berlalu-lalang. Teh hangat yang dituang dalam cangkir keramik putih menebar aroma wangi. Ditemani croque imperial yang gurih hangat dan macaron yang cantik, minum tehpun terasa sangat nikmat!

Akhirnya TWG Tea Salon & Boutique membuka cabang di Jakarta. Di Singapura, ouletnya yang berlokadi di ION Shopping Mall dan Marina Bay Sands tak pernah sepi pengunjung. Beberapa kali saya harus sabar mengantri untuk menikmati teh dan aneka pastry lezatnya.

Outlet yang ada di Plaza Senayan ini juga tak berapa besar. Seperti butik tehnya yang lain, sebagian area dipakai untuk memajang aneka jenis teh baik dalam bentuk loose tea dan racikan dalam kemasan kaleng. Maklum saja jenis tehnya mencapai hampir 300 lebih. Tiap kali selalu ada tea blending baru yang diperkenalkan.

TWG (The Wellness Group) yang memulai bisnisnya di tahun 1837 ini memang memiliki butik teh dengan gaya Inggris dan Prancis yang kental termasuk aturan ketat dalam jam pelayanannya. Kali ini saya beruntung karena mendapat tempat tepat di sudut butik sehingga leluasa mengamati kesibukan orang berbelanja.

Menu untuk tea time yang ditawarkan, ada menu a la carte dan set menu. Karena ingin sedikit berlama-lama maka sayapun memilih set menu Fortune (Rp. 165.000) yang lengkap. Set Menu Fortune ini terdiri dari 4 sajian termasuk teh yang bisa dipilih dari daftar menu dan bisa dinikmati panas atau dingin.

Suasana sore yang hangat dan hati sedang senang mendorong saya memilih teh dengan aroma bunga. Pilihanpun jatuh pada The Orchid Royal Tea. Sebagai pendampingnya ada 3 pilihan sandwich; TWG tea croque monsieur, croque provence atau croque imperial.

Croque monsieur merupakan sandwich klasik Prancis. Berupa dua potong roti yang diberi keju emmental atau gruyere dan seiris ham kemudian dipanggang. Roti yang sedikit kering dan keju yang meleleh menjadi ciri khas sandwich ini.

Versi provence yang berisi sayuran dan imperial yang berisi salmon merupakan kreasi TWG. Sajian croque imperial disertai 3 macaron pilihan saya, 1837 TWG Black Tea and black currant, Lemon bush tea dan Earl grey fortune and chocolate. Disajikan dengan cake tier dengan piring keramik putih.

Hmm..aroma wangi semerbak langsung terhirup saat The Lady Orchid dituangkan pelayan ke cangkir keramik putih. Rasa pekat balck tea masih terlacak namun aroma wangi lembut mirip permen yang legit mengiringi tiap hirupan teh ini.

Macaron yang adonan dan olesannya di- infiused dengan teh merupakan andalan butik teh ini. Renyah legit langsung terasa saat menggigit macaron berwarna kuning kunyit cantik. Ada olesan yang sedikit asam dan beraroma wangi teh lemon bush.

Sementara macaron yang berwarna cokelat, menebarkan aroma teh earl grey dengan pekat cokelat yang sedikit pahit. Sedangkan macaron merah cantik, memiliki olesan yang asam segar dengan paduan rasa black tea yang kuat. Ah, memang macaron ini jodohnya teh yang semerbak!

Croque imperial disajikan dalam keadaan hangat. Bagian atasnya sedikit bergelombang kecokelatan menebarkan aroma gurih keju. Roti yang tebal empuk, diisi irisan fillet salmon dengan rasa kenyal lembut lelehan keju emmental yang gurih. Sebuah perpaduan yang sempurna. Sejumput green salad dengan dressing yang asam segar menjadi penyeimbang suapan sandwich ini.

Sebagai penutup, bisa memilih 2 buah scone hangat yang disajikan dengan cream dan tea jelly atau 1 buah kue dari trolly kue. Tak salah saya memilih kue dari cake trolly. Dari beragam cake potong ada cake klasik, seperti paris brest dan eclairs. Akhirnya Monte coffee yang berbentuk bundar dengan kubah berwarna cokelat muda mengiringi cangkir teh terakhir.

Kubah cokelat muda mengkilap ini menebarkan aroma wangi kopi yang lembut. Berupa mousse yang lembut tak terlalu manis. Pie basenya berupa sweet pastry yang renyah enak, di bagian dalamnya ada adonan pastry yang renyah beremah. Serasi dengan topping yang lembut. Usai sudah jeda sore yang nikmat di sini!

TWG Tea Salon & Boutique
Plaza Senayan, Lantai 1
Jl. Asia Afrika No. 8
Jakarta
Telepon: 021-5725276


(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com