Wow! Hari Jumat Ceria dengan Jack Daniel's Chicken and Shrimp

- detikFood
Jumat, 22 Mar 2013 16:02 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Akhirnya Jumat yang dinanti-nanti datang juga! Ini saatnya melepaskan penat, berbincang santai dengan teman sambil ngemil Loaded Potato Skin. Strawberry Lemonade Slushpun jadi pembilas tenggorokan setelah asyik mengobrol. Thank God it's Friday!

Dalam seminggu, Jumat adalah hari yang paling dinanti-nanti. Bagaimana tidak, Jumat adalah penghujung hari kerja yang melelahkan dan awal dari akhir pekan yang menyenangkan. Makanya, frase thank God it's Friday (terima kasih Tuhan, ini hari Jumat) jadi populer.

Tampaknya, restoran T.G.I. Friday's mencoba menangkap semangat Jumat ini. Restoran casual dining tersebut pertama berdiri di Amerika Serikat pada 1965. Kini, sudah ada 920 restoran di 61 negara, termasuk di Indonesia.

Di Jakarta, T.G.I. Friday's dulunya beroperasi di kompleks Taman Ria Senayan. Lokasi tersebut kini tutup dan pindah ke Lippo Mall Kemang dengan manajemen baru. Sekarang, pasangan selebriti Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestarilah yang mengambil alih.

Suasana modern khas Amerika terasa sejak memasuki restorannya yang cukup luas. Bar yang terletak di depan restoran seakan menyambut kami untuk bersenang-senang di sini. Warna merah tampak mendominasi dinding, kursi, hingga piring saji.

Replika pesawat tergantung di tengah-tengah ruangan, sementara dindingnya dipenuhi aneka pajangan. Para stafnya memakai seragam strip merah putih khas T.G.I. Friday's dengan tempelan pin di sana-sini. Wah, benar-benar restoran yang berjiwa muda!

Kebetulan saja kami mampir pada Jumat sore. Restorannya cukup ramai meski tak sampai penuh. Setelah menelusuri menunya yang menghadirkan hidangan khas Amerika, kamipun memesan satu camilan, satu makanan utama, dan dua minuman dingin.

Sambil menunggu, salah satu pelayannya dengan jenaka menantang kami bermain mini slot machine yang tergantung di pakaiannya. Kalau gambarnya sama, kami akan mendapatkan Mocha Mud Pie gratis. Ah, sayangnya kami kurang beruntung.

Tak begitu lama kemudian, Loaded Potato Skins (Rp 59.900) datang. Hidangan ini berupa kentang yang tak dikupas kulitnya. Dibelah dua serta dikeruk bagian tengahnya sehingga berbentuk seperti perahu. Keju cheddar dan beef bits diletakkan di cekungan tersebut, kemudian dipanggang.

Empat potong kentang ini disajikan bersama saus sour cream dan daun bawang. Kentangnya terasa kurang berbumbu. Padahal, jika agak lebih asin akan lebih baik karena bisa dinetralkan dengan sausnya yang juga terasa hambar. Bagaimanapun juga, lelehan kejunya lumayan royal.

Jack Daniel's Chicken and Shrimp (Rp 119.900) pun diantarkan. Hidangan ini terdiri dari daging dada ayam, udang goreng bersalut tepung bumbu, tumis sayuran, mashed potato, dan saus berbahan whiskey Jack Daniel's.

Tampaknya, daging dada ayam ini diberi olesan saus Jack Daniel's sebelum di-grill sebentar. Rasanya sengaja dibuat plain karena berpasangan dengan sausnya yang manis dan beraroma Jack Daniel's. Ada sedikit semburat manis dan asam dengan aroma bawang yang wangi.

Tumisan potongan wortel, zucchini, mentimun, bawang Bombay merah, serta paprika kuning dan oranye terasa renyah-renyah segar. Kombinasi sayuran inipun menghasilkan rasa manis. Namun, yang jadi favorit saya adalah udang dan mashed potatonya.

Enam ekor udang ini dibalut dengan tepung berbumbu Cajun lalu digoreng. Saat digigit, lapisan tepungnya menghasilkan tekstur renyah dengan bumbu yang gurih nikmat. Sementara itu, daging udangnya yang montok terasa padat tapi juicy. Wah, gurihnya!

Tak kalah nikmatnya adalah mashed potatonya yang berwarna kuning cerah. Di lidah, kentang lumat ini terasa lembut dengan aroma mentega yang wangi kuat. Rasanya semakin gurih nikmat karena diberi campuran keju cheddar. Saat disuap dengan udang goreng, lezatnya berlipat!

Rasa gurih yang berbekas di mulutpun terbilas dengan Pineapple Sunshine (Rp 28.900). Minuman berwarna kuning ini merupakan campuran jus nanas dan jeruk serta sedikit sirup markisa. Aroma nanasnya tercium, namun tak menghasilkan rasa asam yang berlebihan. Menyegarkan!

Strawberry Lemonade Slush (Rp 30.900) pun tak kalah menggoda. Warna merah dan aroma wanginya berasal dari pure strawberry segar yang dicampur dengan air soda Menyeruput minuman menyegarkan inipun terasa seperti di pantai, terutama karena dinding di hadapan kami memajang papan selancar dan lukisan ombak.

Agaknya kami tak perlu menunggu hari Jumat untuk kembali ke sini. Memecahkan tantangan Mocha Mud Pie, atau memesan udang dan mashed potatonya yang aduhai. Karena di T.G.I. Friday's, it's always Friday!


T.G.I. Friday's
Lippo Mall Kemang lantai dasar, Kemang
Jakarta Selatan
Telepon: 021-29528368
(fit/odi)