Rekomendasi Redaksi

Kriukkk! Mana Fried Chicken yang Paling Renyah Gurih?

- detikFood Selasa, 20 Nov 2012 15:41 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kriuk-kriuk fried chicken renyah memang tak ada duanya. Saat digigit, tekstur bagian luarnya renyah gurih, namun daging di dalamnya lembut enak. Apalagi dinikmati bersama nasi hangat dan cocolan saus cabai. Hmm, fried chicken di restoran cepat saji memang bikin lupa diet!

Fried chicken alias ayam goreng tepung ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Asalnya dari negeri Paman Sam. Kemudian dipopulerkan ke seluruh dunia oleh gerai-gerai makanan cepat saji asal Amerika. Biasanya dijual dengan menu lainnya seperti burger, french dan juga minuman bersoda.

Semakin meroketnya popularitas makanan cepat saji membuat gerai-gerainya di Indonesia makin banyak jumlahnya. Tak heran jika gerainya selalu dipadati pengunjung. Penggemar fried chicken pun tak mengenal batas usia.

Karena penasaran, detikFood mencoba cicipi fried chicken dari beberapa gerai ternama di Indonesia, yaitu McDonald's, KFC, dan juga A&W, dengan bagian yang sama, yaitu dada ayam. Hmm, kira-kira mana yang paling kriuk lezat ya?

Pertama, kami menikmati ayam goreng renyah buatan McDonald's (Rp. 21.500 termasuk nasi dan minuman). Ukuran ayamnya terbilang besar dan tampak bikin puas. Warna kulitnya coklat keemasan dengan kulit yang tebal. Jika dilihat dari harganya, tentu paket ini cocok untuk yang sedang lapar berat namun tetap ingin makan hemat.

Begitu dinikmati, hmm, kulitnya bertekstur renyah-renyah gurih! Begitu bagian kulitnya diambil, tampak bagian putih dagingnya yang tebal. Di beberapa sisi, terlihat lemak-lemak ayam yang menempel di bagian kulit. Rasa gurihnya tak hanya sampai di bagian kulit, namun meresap hingga ke dalam dagingnya.

Yang kedua, kami mencoba menu Super Besar 1 (Rp. 22.727 termasuk nasi dan minuman) dari KFC, dengan pilihan ayam crispy. Dari tampilannya, tampak ayam yang digoreng hingga cokelat keemasan. Hmm, aroma gurih renyahnya sempat meruap ke hidung, menggoda perut yang lapar!

Begitu digigit, kriukkk! Kulitnya terasa begitu tebal, renyah dan enak. Yang bikin tambah enak, tidak banyak sisa minyak di wadah dan terasa kering. Lemak di permukaan ayamnya juga minim. Daging ayamnya putih tebal dengan rasa gurih yang lamat-lamat. Meski ukurannya tak sebesar buatan McD, namun ayam yang ini cukup bisa bikin puas. Apalagi dicocol dengan sausnya yang pedas enak. Nyam!

Sebagai perbandingan, kami juga turut mencicipi fried chicken renyah buatan A&W (Rp. 18.500 termasuk nasi). Di bagian kulit renyahnya tampak ada titik-titik mirip lada hitam. Tampak kulitnya lebih tipis, tidak terlalu tebal balutan tepungnya dan digoreng hingga berwarna cokelat agak tua. Disajikan panas-panas, dengan aroma yang gurih enak!

Hmm, rupanya benar dugaan kami, lapisan tepungnya tak terlalu tebal, dan membuat teksturnya tak terlalu renyah seperti ayam goreng sebelumnya. Namun rasanya lebih gurih dan enak, dan gurihnya terasa hingga bagian dalam daging. Hmm, renyah gurih dan bikin puas!

Menurut kami, fried chicken renyah buatan A&W patut dinikmati Anda yang senang menyantap ayam goreng yang renyah gurih dan enak hingga ke bagian dalam. Untuk yang suka ayam goreng dengan bagian kulit yang tebal renyah, tentu saja KFC yang jadi pilihan. Namun jika Anda ingin menikmati ayam goreng renyah dengan ukuran besar dan harga lebih hemat, bisa memesan ayam goreng buatan McDonald's.

Nah, tentu Anda punya pilihan dan selera masing-masing. Hmm, jadi ingin segera angkat telepon dan memesan fried chicken untuk diantar langsung ke rumah!


McDonald's
Jl. Salemba Raya Kav. 31 Jakarta Pusat
Jl. MH Thamrin No 11 Jakarta Pusat
Jl. Kemang Raya No. 10 Jakarta Selatan
Pasar Festival, J HR Rasuna Said No 9 Jakarta Selatan

KFC
Jl. Cikini Raya 119 Jakarta Pusat
Jl. Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta Pusat
Jl. Kemang Raya No. 14 B Jakarta Selatan
Jl. Jatinegara Timur Raya No. 84 Jakarta Timur

A&W
Mall Pondok Indah
Mall Citraland
Cibubur Junction
Mall Kelapa Gading
Mall Metropolitan Bekasi

(flo/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com