Rekomendasi Redaksi

Ini Dia Red Velvet Cake Paling Enak di Jakarta!

- detikFood Kamis, 24 Mei 2012 16:30 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Cake klasik asal Amerika Selatan ini sedang jadi buruan banyak orang. Warnanya yang merah cantik menjadi daya pikatnya. Banyak cake shop di Jakarta yang berlomba-lomba membuat red velvet cake yang legendaris ini. Hmm.. mana yang paling lezat mengelus lidah?

Red velvet cake punya tekstur yang lembut halus, dengan olesan cream cheese ataupun whipped cream putih yang membuatnya tampil genit dan cantik. Warnanya punya beberapa versi, mulai dari merah menyala, merah tua, hingga merah kecokelatan. Biasanya digunakan pewarna makanan ataupun ekstrak buah bit untuk menghasilkan warnanya.

Tak sulit untuk mencari kue ini di cake shop besar ataupun online cake shop di Jakarta. Detikfood telah mencicipi red velvet cake di cake shop paling hip antara lain Michel's Patisserie, The Harvest, Souly Butter Kitchen, Le Gourmet, dan juga Le Rouge Flamingo untuk mencari cake yang paling enak!

Red velvet cake buatan Souly Butter Kitchen tampil dengan cream cheese super tebal di atasnya. Agaknya sesuai namanya, cake dengan olesan krim melimpah jadi identitas Souly Butter Cream. Sayang, krim putih tak rapi dan begitu mendominasi, menutup pesona si cake merah cantik di bawahnya.

Red velvet cake seharga Rp.45.000/slice ini dibuat tak terlalu manis, dengan aksen sedikit pahit karena penggunaan cokelat di dalamnya. Warnanya pun jadi merah kecokelatan, dengan tekstur lembab. Cake yang tampak 'mengenyangkan' ini ditaburi dengan irisan almond, serpihan cake, dan juga parutan kelapa.

Di Michel's Patisserie, red velvet cake hadir dengan warna merah kecokelatan, dengan krenyes manis potongan nougat di atas whipped cream. Cake dengan empat lapisan ini juga bertekstur lembut dan lembab. Rasa yang tercecap di lidah pun sepadan dengan harganya Rp. 25.000/slice.

Ada yang istimewa dengan red velvet cake buatan The Harvest. Warna merah pekatnya dihasilkan dari ekstrak buah bit yang menghasilkan tampilan merah kecokelatan cantik. Sekelilingnya diselimuti dengan remahan cake, dengan hiasan buah strawberry dan chocolate chip di atasnya. Cantik!

Cakenya terasa lembap dan krimnya manis lembut, dengan rasa cake yang tak terlalu manis mengigit. The Harvestpun dengan apik menyajikan cake dengan tampilan super rapi dan nikmat dipandang. Per potongnya dijual seharga Rp. 25.000, harga yang tergolong bagus untuk rasa dan tampilannya sangat memuaskan!

Lalu bagaimana dengan buatan Le Gourmet? Enam lapis red velvet cake berpadu dengan cream cheese lezat. Tampilannya rapi, dengan tekstur sangat lembap. Olesan krim di atasnya dicampur dengan buah strawberry, dan menghasilkan rasa krim dengan aksen asam lezat. Ada lapisan cokelat tipis di bagian bawahnya, menyeimbangkan paduan manis dan asam dari cake dan krim. Dengan harga minimalis Rp. 23.800/slice, ada 'bonus' macaroon strawberry di atasnya.

Berbeda dengan Red Velvet Cake di empat tempat tersebut, toko kue Le Rouge Flamingo menampilkan Red Velvet Cake berbentuk cupcake. Cake buatan online cake shop ini dikemas dalam kotak cantik, membuatnya tampak manis dan elegan. Dibuat dengan cokelat asli Belgia, dengan isian mascarpone cheese dan cream cheese di atasnya.

Begitu dicicipi, hmm, lembut, moist dan lezat dengan after taste agak pahit yang nikmat di lidah. Ini karena pemakaian cokelat bubuk yang dipadu dengan cuka alami. Buat yang sedang diet, red velvet cake ini tak bikin rasa bersalah karena tak ada lapisan-lapisan krim. Cupcake ini dijual seharga Rp. 120.000/6 cupcake.

Secara garis besar, cake buatan Souly Butter Kitchen tampak mencolok dengan limpahan krimnya. Cake buatan Michel's Patisserie rasanya lumayan enak, sementara Red Velvet Cake buaLe Gourmet terasa berbeda dengan after taste manis, dengan sapuan keju berpadu strawberry yang lembut asam manis.

Yang ideal cake buatan The Harvest. Bentuknya cantik dan rapi, dengan harga yang terjangkau untuk cake lezat sekelasnya. Red Velvet Cupcake dari Le Rouge Flamingo juga sangat memuaskan dengan rasa alami dan cocok buat penyuka cake alami tanpa olesan krim berlimpah.

Nah, semua tergantung selera dan isi kantong Anda. Mana red velvet cake yang akan Anda pilih dari cake shop berikut ini?

The Harvest
Jl Senopati Raya, No.47, Jakarta Selatan
Telp: 021-52892424

Jl. Dharmawangsa Raya No. 10 B, Jakarta Selatan
Telp: 021-7394225

Jl. Sunda, No.7, Jakarta Pusat
Telp: 021-2300369

Jl. Boulevard Raya, Blok TA 2/4, Jakarta Utara
Telp: 21-45844954


Michel's Patiserrie
Central Park Mal, Jakarta Barat
Telp: 021-29200199

Souly Butter Kitchen
Jl. Kemang Raya No. 15A
Telp: 021-7199985

Le Gourmet
Grand Indonesia Shopping Town (Dekat Ranch Market)
East Mall, LG Floor Grand Indonesia Shopping Town
Jl. MH Thamrin No. 1. Jakarta Pusat

Le Rouge Flamingo
www.lerougeflamingo.com
Telp: 081905407628




(flo/odi)