Nostalgia Kelezatan Sop Buntut Legendaris Borobudur

- detikFood
Kamis, 16 Feb 2012 15:37 WIB
Foto: dev/detikFood
Jakarta - Nama Sop buntut legendaris Hotel Borobudur sudah tersohor sejak puluhan tahun silam. Kini tak hanya sop buntut, ada beragam variasi buntut, seperti rica, black pepper atau penyet. Disanding dengan kuah kaldu panas kecokelatan yang harum semerbak. Slurpp... gurih lezat!

Kalau Anda salah satu penggemar sop buntut tentunya sudah tak asing dengan Sop Buntut Hotel Borobudur yang legendaris. Kelezatan sop buntut yang disajiklan di Bogor Cafe sejak 1973 itu bahkan telah menjadi ikon dari Hotel Borobudur. Tak heran saat Sop Buntut Bogor Cafe dibuka tahun 2010 lalu di di salah satu sudut Pacific Place Mall, banyak penggemar yang menyambut gembira.

Menjelang makan siang cafe ini selalu dipenuhi pengunjung yang kebanyakan para pekerja kantoran. Nuansa cafe pun dibuat dengan interior khas, sepanjang dinding dipenuhi relief candi Barobudur dan gambar-gambar patung dari batu. Selain bisa menikmati hidangan di bagian dalam restoran, pengunjung juga bisa menempati area outdoor yang berisi sofa-sofa empuk yang merapat ke dinding.

Meski menghadirkan nuansa sedikit berbeda, namun Sop Buntut Bogor Cafe menjanjikan fasilitas dan rasa yang sama seperti saat bersantap di hotelnya. Tak tanggung-tanggung mulai dari hidangan sampai dengan para pelayan didatangkan langsung dari Hotel Borobudur. Para tamu tak bakal kecewa meski tak menikmati langsung di Bogor Cafe, Hotel Borobudur.

Di cafe ini hampir semua menu yang disajikan adalah buntut sapi. Salah satu andalannya Sop Buntut Legendaris yang disajikan dengan cara dibakar atau digoreng. Untuk menu istimewa ini bisa dipilih dalam tiga macam ukuran yaitu legendary (large), medium, dan small. Selain itu ada pula pilihan lainnya seperti Oxtail Nasi Goreng, Buntut Penyet, Buntut Rica Bakar, Buntut Cah Cabe Ijo, Buntut Black Pepper, dll.

Kalau sedang tidak ingin menikmati buntut sapi bisa juga memesan menu lainnya yang mungkin sudah tak asing lagi buat sering bersantap di Bogor Cafe, Hotel Borobudur. Ada Grilled Sirloin Steak, Prawn Sate with Honey Sauce, Cheese Chicken Cordon Blue, The Bogor Cafe Chef's Salad, dan masih banyak lainnya.

Kali ini saya sedang ingin mencoba menu yang agak beda, Buntut Bakar Rica dan Buntut Bakar Black Pepper. Khusus yang suka pedas bisa memesan Buntut Penyet yang diberi topping sambal rawit merah yang dijamin bakal menyetrum lidah. Untuk setiap menu buntut disajikan berupa dua potong buntut, sapi emping, sayuran, nasi, dan jeruk nipis. Kuah kaldunya disajikan dalam mangkok terpisah.

Buntut Bakar Rica disajikan dalam piring putih lebar, komplet dengan sayuran dan taburan emping yang royal. Dua buah buntut yang berukuran cukup besar, disajikan dengan topping sambal kemerahan. Wuih... sungguh menggiurkan! Berbeda dengan Buntut Black Pepper yang disajikan dengan balutan saus lada hitam dan taburan irisan paprika hijau dan merah serta bawang bombay. Khusus untuk Buntut Black Pepper ini disajikan tanpa kuah kaldu sop.

Buntutnya sangat empuk, daging tebalnya mudah diloloskan dari tulang. Lemak-lemak tipis yang melekat di daging membuat rasanya sedikit juicy memberikan aksen gurih saat disantap. Sambal ricanya juga cukup mengigit. Kalau kurang pedas atau terlalu pedas tinggal menambahkan sambal atau kecap manis yang sudah tersedia di atas meja. Acar timun yang segar membuat rasa sop buntut ini makin komplet.

Kuahnya kadunya bening berwarna kecokelatan dengan genangan irisan tomat dan daun bawang. Aroma pala dan kayu manis yang harum sangat semerbak. Hmm... sungguh membuat lidah menari-nari mengenang kelezatan sop buntut legendaris ini. Jika perut belum kekenyangan bisa juga mencoba dessert ice cream atau cake lezat dari Hotel Borobudur seperti tiramisu, black forest, atau chocolate truffle.

Buat yang ingin bernostalgia sop buntut legendaris ini kelezatan rasanya bisa ditebus seharga Rp 68.000,00 - Rp 98.000,00. Buat yang ingin take away sop buntut ini sebagai oleh-oleh juga bisa, karena sudah disediakan box eksklusif untuk dibawa pulang.

Sop Buntut Bogor Cafe
Managed by Hotel Borobudur Jakarta
Pacific Place Mall, Level 5-57 SCBD
Jl. Jendral Sudirman Kav.52-53
Jakarta Selatan
Telp: 021-57973238

(dev/Odi)