Brownies dan Bollen Legendaris dari Kemuning

- detikFood Senin, 02 Jan 2012 14:58 WIB
Foto: dev/detikfood
Bandung - Di toko yang satu ini semua tersedia komplet fresh from the oven. Mulai dari aneka brownies, lapis legit kukus, kue bollen, bolu ketan hitam, cheese stick, sampai aneka camilan ringan dan jajanan pasar. Semua cocok dijadikan oleh-oleh liburan yang asyik!

Kalau ke Bandung tanpa oleh-oleh makanan rasanya kurang komplet. Selalu saja ada camilan baru yang menarik dan enak. Salah satu tempat belanja oleh-oleh yang legendaris ada di Prima Rasa Bakery Pastry yang kini memiliki beberapa outlet di Bandung.

Bakery lokal ini diawali oleh sang pemilik dengan berjualan kue-kue sederhana yang kemudian populer sebagai perintis brownies. Prima Rasa Bakery Pastry pertama kali dibuka di Jl. Kemuning No.20, Bandung. Letaknya di tkungan, sebuah rumah yang disulap menjadi toko kue. Deretan mobil-mobil yang diparkir di bagian depan toko membuatnya tak sulit dicari. Belum lagi aneka jajanan dorongan yang ada di seputaran toko ini.

Boleh dibilang kepopuleran Prima Rasa tidak lepas dari kepopuleran brownies Bandung dan kue bollen yang dari dulu jadi andalan. Meskipun banyak penjual brownies dan pisang bollen, tetapi Prima Rasa rupanya memiliki ciri khas. Browniesnya permukaannya garing dengan tekstur yang agak lembap.

Wah, makin hari bakery ini makin komplet dan sesak. Berbagai macam cake menggoda dari balik etalase kaca, kebanyakan fruit cake yang diatasnya dihias berbagai pernak pernik natal dan tahun baru. Di bagian tengah toko terdapat sebuah rak memanjang, berbagai kue-kue seperti brownies, lapis legit kukus, bolu ketan hitam, cheese stick, kue soes, bakpao ditaruh dalam wadah karton dan plastik transparan.

Aneka jajanan pasar, cheese roll, dan kue bollen ditaruh di etalase kaca. Makanan kering di taruh di rak yang menempel di dinding. Kelebihan dari toko kue ini hampir semuanya ditawarkan fresh from the oven. Jangan heran jika saat memberli beberapa kue dipajang dalam keadaan terbuka, karena masih hangat. Keranjanag belanjaan pun tersedia sehingga pengunjung bisa langsung menaruh kue belanjaan mereka.

Beberapa produk yang menjadi andalan di Prima Rasa Bakery Pastry adalah brownies, kue bollen, cheese stick, bagelen dan cheese roll. Brownies panggangnya cukup beragam mulai dari yang biasa, sampai brownies topping cokelat chip, tiramisu, dan keju. Keunikan tekstur brownies di Prima Rasa, tekstur bagian luarnya garing namun saat digigit bagian dalamnya sedikit lembap sehingga enak dikunyah di mulut.

Ada banyak rasa bollen yang ditawarkan mulai dari kue bollen pisang keju, rasa durian, kacang hijau, nangka, dan apel. Pisang bollennya memakai adonan pastry yang lembut berlapis tidak keras. Lebih lembut dibanding kue bollen buatan bakery lain. Harum aroma butternya wangi tercium kuat saat dimakan, sedangkan pisangnya legit dan potongan keju cheddar cukup besar. Bintik-bintik meisjes di bagian atas kue membuat tampilannya tambah menggoda. Sekotak kue Bollen berisi 10 buah kue yang ditawarkan Rp 27.000,00.

Kue lapis Kukus dan Lapis Phillipine yang berwarna-warni menggoda dalam wadah-wadah tansparan juga populer. Selain fresh, teksturnya juga lembut dengan rasa manis yang tak berlebih dan harganya Rp. 22.000,00 per kotak. Nah, kalau yang suka camilan ringan, ada bagelen, gurilem, kerupuk pedas, keripik pisang, dan masih banyak lainnya yang bisa jadikan oleh-oleh.

Semua kue-kue yang ditawarkan di Prima Rasa Bakery Pastry rata-rata berkisar dari harga Rp 10.000,00 - Rp 50.000,00. Sayang toko kue ini terlalu padat sehingga kurang terasa nyaman. Selain itu kasir yang sedikit membuat pengunjung harus rela mengantri lama.

Sebelum pulang di bagian luar bakery ada penjual tahu pletok panas, es krim durian, rujak buah dan siomay. Juga ada es cendol, es campur dan beragam minuman dingin. Pokoknya komplet. Oleh-oleh lengkap dan perutpun kenyang!

Prima Rasa Bakery Pastry
Jl. Kemuning No. 20
Bandung
Telp: 022-720344/7206468

Cabang:
Jl. Buah Batu 169A, Bandung
022-731-1537

Jl. Peta Ruko Kopo Plaza Bl C/6, Bandung
022-604-0160

Jl. Purwakarta No.95 (Antapani), Bandung
Telp: 022-7200128


(dev/Odi)