Sluurp! Jamaica, Home Made Ice Cream Resep Ollino

- detikFood Jumat, 15 Jun 2012 17:56 WIB
Jakarta - Penggemar es krim bisa memanjakan diri di tempat ini. Variannya es krimnya cukup banyak, ada cokelat hingga rhum raisin, sahara, atau jamaica. Terbuat dari susu asli membuat rasanya legit dan jadi mudah melumer di lidah. Hmm... yummy!

Kalau Anda salah satu penggemar es krim jadoel, Ollino yang berlokasi di kawasan Muara Karang ini boleh disinggahi. Tempatnya berupa ruko sederhana dengan sebuah etalase tempat menaruh es krim dan juga freezer dengan isi aneka ice cream cake. Buat yang ingin menikmati es krim di tempat Ollino juga menyediakan area bersantap yang cukup nyaman.

Es krim Ollino tergolong legendaris, karena es krim a la rumahan ini sudah beroperasi sejak tahun 1983 silam. Disebut es krim a la rumahan karena memang dibuat berdasarkan racikan sang pemilik. Mereka juga menjual ice cream dengan bentuk-bentuk yang unik baik untuk ulang tahun maupun pernikahan. Tapi untuk yang satu itu tentunya harus dipesan terlebih dahulu.

Saat mengintip di balik kaca freezer saya melihat banyak varian es krim yang dibungkus dalam dua kemasan yang berbeda. Untuk ice cream cake ada Jamaica, Bavarian, Natalia, dan African. Khusus varian tersebut rupanya banyak memakai kombinasi es krim rasa vanilla, mocca, coffee, dan chocolate. Bentuknya seperti kue lapis dengan aneka warna yang berselang-seling. Hmm... yummy!

Sedangkan untuk yang versi ice cream stick rasanya cenderung segar dan berwarna-warni. Es krim yang dibungkus dengan plastik berwarna ungu tersebut menawarkan aneka rasa Tutti Fruti dengan campuran strawberry, rhum, mocca dan masih banyak lainnya. Kalau yang suka menikmati es krim dengan satu rasa bisa memesan satu atau dua scoop es krim di etalase. Wah, saya pun jadi bingung dengan pilihan yang cukup banyak karena semua tampak menggoda.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada ice cream cake rasa Jamaica. Seperti namanya, es krim ini berbentuk segi empat seperti irisan kue lapis yang dibungkus pastik transparan. Kemudian sang pelayan akan menaruhnya dalam piring kecil dan menyajikannya dengan segelas air putih. Es krim saya tersaji lengkap dengan sebuah sendok kecil persis seperti kue.

Jamaica ini terdiri dari campuran es krim vanilla, rhum raisin, dan moka. Saat tersaji di piring ukurannya cukup tebal juga sekitar 1.5 - 2 cm. Tekstur es krimnya lembut saat dipotong dengan sendok dan saat disuapkan ke mulut rasa dingin manis dan sedikit pahit. Rasa sedikit pahit dengan aroma wangi ini berasal dari Jamaica rhum yang dipakai merendam kismis. Sesekali tergigit kismis yang lengket-lengket legit. Saat menyentuh lidah langsung melumer di mulut, karena terbuat dari susu segar asli persis seperti es krim jadoel lainnya.

Buat saya es krim ini patut diacungi jempol karena selain enak dan tidak terlalu manis kombinasi rasanya juga tidak membosankan. Pastinya tak kalah dengan buatan es krim bergaya Italia yang banyak di jual di berbagai mal. Ditambah pelayanan yang ramah dari sang penjual membuat saya tambah nyaman menikmati es krim di tempat ini.

Untuk sepotong ice cream cake dihargai Rp 16.000,00 sedangkan yang ice cream stick Rp 15.000,00. Air putihnya? Gratis! O ya, selain di Muara Karang es krim ini juga dapat dijumpai di Sunter dan Kelapa Gading.

Ollino Ice Cream
Jl. Muara Karang Raya blok no.129
Jakarta Utara
Telp: 021-6625468

Ollino Kelapa Gading
Mal Artha Gading lantai 1
Telp: 021-93250918
(dev/gst)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com