Belida Goreng Plus Es Kacang Merah Racikan Wong Kito

- detikFood Rabu, 15 Feb 2012 16:27 WIB
Jakarta - Selain beragam jenis pempek, resto ini juga menyediakan beragam hidangan khas Palembang. Pempeknya lembut dengan rasa ikan yang kuat, sedangkan ikan belida digoreng garing dengan balutan daun pandan harum. Makin enak saat dicocol sambal terasi dan ditutup semangkok es kacang merah yang sugerrr!

Penggemar masakan wong kito galo pastinya sudah tak asing dengan restoran Sari Sanjaya. Belum lama ini saat berkunjung ke kawasan Alam Sutera, saya melihat sebuah bangunan besar di area Flavour Bliss 2 - yang merupakan perluasan dari Flavour Bliss 1. Sejak beberapa tahun terakhir ini kehadiran Flavour Bliss memang mengundang kedatangan sejumlah penikmat kuliner untuk mampir ke area yang memang khusus berisi berbagai jenis restoran ini.

Sepengamatan saya, Sari Sanjaya di Alam Sutera inilah yang terbesar dibanding dua outlet lainnya yang sudah lebih dahulu hadir. Di bagian depan pengunjung bisa bersantap di area outdoor tetapi karena siang itu cuaca panas menyengat saya dan teman-teman lebih memilih untuk bersantap di bagian dalam sejuk ber-AC.

Di bagian kanan ditaruh etalase dan meja panjang tempat menaruh aneka camilan. Ada berbagai kue-kue khas Palembang yang sudah menggoda mata. Ada kue 8 jam, srikaya, masuba, choipan, talam ubi, aneka gorengan, rujak buah dan masih banyak lainnya. Karena tempat bersantap cukup luas saya pun dapat leluasa memilih tempat duduk.

Makanan yang ditawarkan di buku menu benar-benar komplet. Hampir semua menu khas Palembang selain pempek tentunya tersedia. Ada sekitar 12 jenis pempek, tekwan, model, burgo, celimpungan sampai sambel tempoyak yang jarang ditemui. Sedangkan pepes dan pindangnya juga komplet, ada yang memakai ikan patin, ikan gabus, ikan seluang, ikan baung, ikan lais, ikan sale, tulang iga, dll. Waduh semua serba menggiurkan!

Untuk pempek pilihan jatuh pada pempek telor kecil, pempek tahu, dan pempek pistel (isi serutan pepaya) kegemaran saya. Pempeknya disajikan dalam piring kecil plus semangkok cuko. Pempeknya berukuran sedang digoreng kecoklatan dan dipotong dua sehingga memudahkan menyantapnya.

Bagian luarnya sedikit garing sehingga memberikan sensasi krenyes saat disantap. Saat disantap tanpa cuko hmm... terasa lembut gurih dan mudah dikunyah. Cukonya berwarna cokelat nyaris kehitaman dengan sambal yang mengendap di bagian bawahnya. Rasa pedasnya cukup mengigit lidah saya dan kentalnya cuko sangat pas buat saya. Huahh... asam dan pedas-pedas enak!

Untuk hidangan utamanya saya memesan Belida Goreng Pandan plus sepiring nasi putih. Ikan belida goreng pesanan saya rupanya memang cukup untuk porsi 1 orang saja. Ikan yang fresh from the wajan ini masih mengepul hangat dan menebar aroma menggoda yang menusuk-nusuk hidung. Ikan sungai ini konon sudah tergolong langka didapatkan di sungai Musi. Tak heran kalau seporsi belida goreng dihargai Rp 27.500,00.

Saat daging ikan dikoyak dengan tangan, daging dan tulang ikan langsung terlepas dengan mudah karena tekstur daging belida yang lembut. Yang membuatnya tambah lezat adalah adanya lapisan tipis lemak ikan yang sedikit berminyak memberi sensasi gurih alami saat menikmati ikan goreng ini. Padahal ikan belida ini dimasak tanpa banyak bumbu, sehingga yang menambah sensasi kelezatannya hanyalah sambal terasi pendampingnya.

Menikmati ikan belida yang garing ini plus sepiring nasi putih sudah memberikan kenikmatan tersendiri bagi saya. Apalagi sebagai penutup semangkok es kacang merah yang bertopping serutan es lengkap dengan kucuran sirop merah, susu kental manis putih dan cokelat, serta santan telah menanti. Es kacang merahnya di restoran ini memang wajib dicoba, kacang merahnya sangat lembut dan pastinya bikin ketagihan.

Semangkok es kacang merah segar tersebut dihargai Rp 16.000,00 dan pempek kecil dihargai Rp 4500,00. Wah, berhubung perut sudah kekenyangan tetapi masih banyak yang ingin dicicipi. Rasanya long weekend besok saya harus mampir lagi untuk menikmati masakan wong kito galo ini.

Sari Sanjaya Restaurant
Flavour Bliss 2
Jl. Flavour Bliss 2 No.15
Alam Sutera - Serpong
Tangerang
Telpon: 021-91229119

Jl. Boulevard Raya Blok QA 1 no.8-9
Kelapa Gading Permai
Telpon: 021-4535038, 45845550

Jl. Dr. Satrio No.18 A Casablanca
Telpon: 021-52901588


(dev/Odi)