Zangrandi, Es Krim Jadoel Dari Surabaya!

- detikFood Selasa, 16 Feb 2010 14:07 WIB
Jakarta - Toko es krim jadoel ini konon didirikan oleh pendatang Italia sejak 70 tahun silam. Hingga kini Zangrandi tetap digemari oleh para pencinta es krim. Tak sekedar tekstur dan tampilan jadoel es krim ini yang membuatnya khas tetapi juga suasana tempoe doeloe yang membawa nostalgia.

Liburan akhir tahun kemarin saya kembali berkunjung ke Surabaya. Selain mengunjungi sanak saudara dari keluarga suami tentunya juga ingin mencoba kuliner di kota ini. Nah, disinilah sang ibu mertua yang menyukai es krim memberitahu bahwa ada es krim kesukaannya yang sudah lama berdiri.

Suami memang telah membawa peta Surabaya sebagai persiapan saat berpergian. Setelah diberi tahu alamatnya maka meluncurlah kami menuju Zangrandi untuk mencicip es krim ini. Letak es krim Zangrandi terletak di tengah kota, tepatnya di Jl. Yos Sudarso.

Bangunan khas jaman dulu begitu jelas terlihat di tempat ini. Setelah melihat kapasitas yang lebih kecil di bagian dalam bangunan, maka kami memutuskan untuk duduk di area depan. Suasana tempoe doeloe sangat terasa dari kursi-kursi dan meja yang ditata.

Pada halaman pertama buku menu terdapat gambar Zangrandi di masa lampau. Disini tertulis bahwa Zangrandi telah ada sejak tahun 1930. Wah, berarti tempat ini sudah berdiri sejak masih dalam penjajahan Belanda. Cukup tua juga es krim ini, sebab saat ini umurnya sudah hampir 70 tahun.

Kami cukup bingung menentukan es krim yang ada karena gambar-gambar es krim pada menu kelihatan menarik. Harga ice cream mulai dari Rp 9.000,- untuk es krim horn (cone ditambah 1 scope es krim) sampai Rp 20.000,-. Ternyata, tidak hanya es krim, kita juga bisa memilih makanan ringan seperti risoles, kroket, pastel tutup, lumpia goreng, siomay atau French fries yang harganya berkisar antara Rp 5.000,- sampai Rp 14.000,-.

Pada bagian minuman di buku menu tertulis beberapa jenis minuman mulai dari air mineral, soft drink , jus buah, dan milkshake. Minuman disini ditawarkan dari harga Rp 1.000,- untuk air mineral sampai Rp 18.000,- untuk milkshake . Pada halaman terakhir buku menu ditawarkan pula berbagai ice cream tart berukuran 16 cm, 21 cm dan 24 cm.

Ice cream tart ini boleh dibeli dalam bentuk slice juga loh. Hmm... mungkin untuk pengunjung yang ingin mencicip sebelum membeli dalam ukuran besar atau memang hanya ingin menikmati sendiri. Jenisnya ada Cassata, Rainbow, Mocca atau Black Forest yang dijual seharga Rp 255.000,- sampai 295.000,-.

Setelah beberapa kali membolak-balik buku menu, sebagai penggemar coklat suami memilih Chocolate Twinkle dan saya yang menyukai pie memilih Zangrandi Pie. Pengunjung yang ramai membuat pesanan saya datang cukup lama. Untung sebelumnya pelayan telah memberikan 1 gelas kecil air putih yang sedikit menghilangkan rasa dahaga saya.

Sambil menunggu es krim kami dapat melihat mobil-mobil yang hilir mudik. Maklum, toko es krim ini terletak di pinggir jalan utama, mungkin mirip dengan Jl. Sudirman di Jakarta. Saya pun membayangkan jika mencicipi es krim ini di malam hari hmm... tentunya bakal romantis. Bagi sebagian pengunjung yang sudah tua memandangi pintu, jendela, kursi, meja dan pagar tua tempat ini bisa jadi tempat nostalgia yang menyenangkan.

Akhirnya 2 buah es krim pesanan kami tiba. Chocolate Twinkle tampil dalam gelas tinggi dengan buah ceri dan wafer stick sebagai penghias es krim coklat. Pesanan saya, Zangrandi Pie juga tidak kalah cantik karena disajikan dalam gelas lebar.Pie berfungsi sebagai mangkuk dengan es krim diatasnya dan buah ceri merah sebagai penghias.

Satu sendok es krim segera masuk ke dalam mulut saya. Rasa rhum dari es krim hmm... sangat terasa. Rasa manis yang tidak berlebih dan teksturnya membuat tidak eneg untuk dinikmati. Rasa pie yang bercampur dengan es krim menjadi bagian kesukaan saya. Penasaran saya pun mencoba sedikit es krim pesanan suami. Ternyata, es krim coklat suami saya juga tidak kalah nikmatnya. Rasa coklat terasa sangat alami ditambah sambil menggigit wafer stick sebagai tambahannya.

Sekarang, setelah tiba di Jakarta kadang kala muncul rasa ingin kangen ingin mencicipi es krim Zangrandi. Suasana kuno yang unik sambil menikmati es krim membuat rindu sehingga ingin kembali mengunjungi kota Surabaya.

Es Krim Zangrandi
Jl. Yos Sudarso no.15
Surabaya – Jawa Timur
Telp : (031) 5345820, 5461490
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB




(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com