Gordon Ramsay Kepincut Bika hingga Dadiah di 'Uncharted' Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 14:00 WIB
Gordon Ramsay Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic
Jakarta -

Gordon Ramsay terpesona ragam makanan Sumatera Barat saat syuting 'Uncharted' di Indonesia. Ia mencicipi bika hingga dadiah yang rasanya unik.

Gordon Ramsay tengah jadi perbincangan netizen Indonesia karena acaranya di National Geographic, Uncharted, akhirnya tayang kemarin (29/6). Ada banyak hal menarik yang Ramsay temukan saat mengeksplor wilayah serta budaya Sumatera Barat. Ia didampingi pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Fokus kedatangan Ramsay ke Sumatera Barat adalah belajar bikin rendang. Ia memohon arahan dan bimbingan dari William Wongso untuk menyajikan rendang ala dirinya. Namun dalam perjalanannya, Ramsay tak ketinggalan mencicipi ragam makanan khas Sumatera Barat lainnya.

Sebagai orang Inggris yang jarang mengonsumsi makanan bercita rasa kuat, Ramsay termasuk berani mencicipi terong balado, rendang, sampai durian saat menjelajah Sumatera Barat. Ia bahkan menginterpretasikan beberapa resep makanan tersebut menjadi ala dirinya.

Uncharted sendiri merupakan program dokumenter besutan National Geographic yang tayang sejak 2019. Acara ini tidak menonjolkan sisi galak Ramsay yang biasanya terlihat dalam kompetisi masak, tapi menunjukkan bagaimana Ramsay mengeksplorasi bahan makanan lokal sampai tradisi kuliner di tiap wilayah yang dikunjunginya.

Selain Indonesia, Ramsay juga mengunjungi Peru, Afrika Utara, Selandia Baru, sampai Laos. Nah, kalau penasaran dengan makanan unik apa saja yang dicicipi Ramsay saat di Indonesia, detikFood merangkum informasinya seperti berikut:

Baca Juga: Gordon Ramsay 'Uncharted' di Indonesia, Cicip Durian Sampai Masak Rendang

1. Bika

Gordon Ramsay Uncharted di Sumatera BaratGordon Ramsay Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

Usai melihat dan merasakan langsung tradisi Bajamba di Istano Pagaruyung, Ramsay bersama culinary story teller Indonesia, Ade Putri Paramadita mencari daging sapi terbaik untuk dibuat rendang. Namun di tengah perjalanan, keduanya mampir ke warung Bika Talago yang berjarak sekitar 10 km dari pusat Bukittinggi.

Mereka mencoba bika, camilan manis khas Koto Baru yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan gula pasir. Ramsay melihat langsung proses pembakaran bika yang masih menggunakan tungku api sederhana. Ramsay sempat mengira bika adalah cookies, namun Ade bilang kalau bika lebih kepada cake mungil.

Ramsay juga mencoba membakar adonan bika, namun ia terlihat kesulitan melempar adonan ke dalam tungku. Ia juga kaget saat tahu penjual Bika Talago bisa membuat 2.000 buah bika per hari. Bika sendiri biasanya dinikmati sore hari sebagai teman minum teh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gara-gara Adegan Ini, Gordon Ramsay Dituntut Sebuah Restoran"
[Gambas:Video 20detik]