detikfood

Jumat, 18/08/2017 12:03 WIB

Rekomendasi Makan Siang

Bernostalgia Makan Siang di 5 Rumah Makan Legendaris Ini

Lusiana Mustinda - detikFood
Bernostalgia Makan Siang di 5 Rumah Makan Legendaris Ini Foto: detikFood
Rasa yang masih autentik serta konsisten membuktikan bahwa rumah makan ini banyak disukai pelanggan. Menyajikan makanan Indonesia, Anda bisa mencicip makanan enak di sini.

Kalau ingin memuaskan makan siang dengan rasa makanan enak, Anda patut mencoba rumah makan ini. Sajian khas Indonesia diracik dengan rasa yang "jujur". Sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, Anda perlu mencoba beberapa makanan enak di rumah makan ini.

Sekali-kali, cobalah menjelajah berbagai masakan di rumah makan legendaris ini.

1. Gado-gado Bon Bin

Gado-gado Bon Bin.Gado-gado Bon Bin. Foto: Istimewa

Siapa yang bisa menolak kelezatan gado-gado legendaris ini. Gado-gado yang ada di kawasan Cikini ini sudah berdiri sejak tahun 1960. Nama Bon Bin ini didapatkan dari kata Kebun Binatang, karena dulu berjualan di kawasan Kebun Binatang. Potongan sayuran rebus seperti kacang panjang, labu siam, jagung hingga sayuran lainnya ini diracik segar dengan campuran bumbu kacang.

Semakin enak dipadukan bersama dengan lontong dan kerupuk yang renyah. Mau coba? Selain gado-gado, rumah makan ini juga menjual hidangan lainnya seperti nasi rames, asinan hingga mie ayam. Tak ketinggalan ada juga es cendol, es kopyor hingga es cincau hitam.

Gado-gado Bon Bin
Jl. Cikini 4 No, 5
Cikini, Jakarta
Telp: (021) 3925404/ (021) 3141539

2. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci.Bakmi Gang Kelinci. Foto: Detikfood

Bakmi Gang Kelinci memiliki banyak cabang di Jakarta Pusat, salah satunya di kawasan Pasar Baru. Di sini Anda bisa mencicip sajian bakmi, nasi goreng serta aneka sayuran tumis. Bakminya terdiri dari beberapa campuran seperti bakso ikan, ayam hingga nasi goreng ikan asin.

Berdiri sejak tahun 1957, rasa dan kualitasnya masih sama. Bakminya memiliki tekstur yang lembut sedangkan nasi gorengnyapun masih bercitarasa asli. Cocok dinikmati untuk makan siang.

Bakmi Gang Kelinci
Jl. Gang Kelinci Raya no. 1-3
Pasar Baru, Jakarta Pusat
Telp: (021) 3522288 / (021) 99722288

3. RM Pondok Djaja

Sajian enak di RM Pondok Djaja.Sajian enak di RM Pondok Djaja. Foto: (Randy/detikTravel)

Rumah makan milik Sjoffian Chaedir ini jadi salah satu rumah makan Minang yang legendaris sekitar tahun 1969. Sempat pindah beberapa kali, kini gerai Pondok Djaja hanya ada di Jalan Hasyim Ashari No. 13. Resep dan teknik tradisional masih diterapkan dalam proses pembuatannya.

Kalau berkunjung ke Pondok Djaja, Anda wajib mencicip sajian ayam gorengnya yang garing dengan taburan serundeng yang gurih. Selain itu, ada juga makanan khas Minang lainnya seperti rendang, gulai hingga telur balado. Lezat dan mantap!

RM. Pondok Djaja
Jl. Hasyim Ashari No. 13
Gajah Mada, Jakarta Pusat
Telp: (021) 6333662

4. RM Surya

Gulai tunjang di RM. Surya.Gulai tunjang di RM. Surya. Foto: detikFood

Nah, kalau restoran yang satu ini tempatnya ada di Bendungan Hilir. Rumah makan yang didirikan oleh Haji Daswir Gazali ini sudah buka sejak 1970 di kawasan Karet. Dan di tahun 1989, barulah pindah ke kawasan Bendungan Hilir.

Lauknya sangat beragam, ada gulai kikil, rendang, ayam bakar, kalio hati sapi, dendeng kering hingga sambal lado mudo. Salah satu yang bisa Anda coba dalah rendang dagingnya yang empuk. Makin enak dipadu dengan nasi hangat dan peru goreng yang garing. Mantap!

RM. Surya
Jl. Bendungan Hilir No. 5
Jakarta Pusat
Telp: (021) 5731474 / 081310032485

5. Soto Betawi H. Ma'ruf

Soto Betawi.Soto Betawi. Foto: detikFood

Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 1940 ini terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Tepatnya berada di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Sajian soto di sini terkenal enak dengan perpaduan daging dan jerohan yang sedap. Selain soto betawi, ada juga sate dan sop kambing yang juga cocok dinikmati bersama dengan nasi.

Soto Betawi H. Ma'ruf
Jalan Cikini Raya No. 73
Cikini, Jakarta Pusat
Telp: (021) 3148817

Baca juga: Gurih Hangat Soto Betawi dengan Isian Lengkap Ada di 4 Tempat Ini
(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan