detikfood

Selasa, 25/07/2017 20:03 WIB

Gurihnya 'Fried Chicken'

Si Kecil Doyan Fried Chicken? Ini Porsi yang Tepat Menurut Ahli Gizi

Lusiana Mustinda - detikFood
Si Kecil Doyan Fried Chicken? Ini Porsi yang Tepat Menurut Ahli Gizi Foto: iStock
Tidak hanya orang tua, si kecil juga sangat menyukai fried chicken yang renyah. Rasanya yang gurih dengan tekstur crunchy membuat anak-anak selalu tergoda.

Anak-anak selalu menyukai makanan yang populer dengan cita rasa gurih dan manis. Pada dasarnya, daging ayam menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk pertumbuhan sel anak. Akan tetapi, karena diolah dengan cara digoreng, tentu perlu memperhatikan porsinya. Bagaimana menurut ahli gizi soal, si kecil yang sangat menyukai fried chicken?

Fried chicken atau ayam goreng dengan tepung ataupun tanpa tepung boleh saja dinikmati oleh anak-anak. Namun, makanan ini tidaklah ideal jika dijadikan sebagai makanan sehari-hari, terutama bagi anak yang sedang dakam masa tumbuh kembang.

Si Kecil Doyan <i>Fried Chicken</i>? Ini Porsi yang Tepat Menurut Ahli GiziFoto: iStock

Baca juga: Si Kecil Cuma Mau Makan Nasi dan Ayam Goreng? Ini Trik Agar Mau Konsumsi Sayur

"Ini dikarenakan kandungan gizinya yang kurang berimbang, dimana sebagian besar kandungan kalorinya berasal dari lemak dan juga tinggi akan sodium. Terlalu sering mengonsumsi ayam goreng dapat dengan mudah menyebabkan kegemukan atau obesitas pada anak. Karena, selain kalorinya yang cukup tinggi, tekstur dan rasanya juga dapat membuat anak ketagihan mengonsumsinya," jelas Jansen Ongko, MSc, RD selaku nutrisionis dari Lagizi kepada detikFood (25/07).

Agar hal tersebut tidak terjadi, Jansen menyarankan porsi yang diberikan pada anak sebaiknya tidak terlalu berlebihan dengan frekuensi yang tidak terlalu sering. "Satu potong setiap 2-3 hari dalam seminggu masih relatif aman," ungkap pria ramah ini.

Pilihlah bagian dada karena kandungan lemaknya lebih sedikit daripada paha atau sayap. "Jangan lupa untuk menambahkan sayuran agar konsumsi vitamin an mineral anak tetap terpenuhi," tambah Jansen.

Si Kecil Doyan <i>Fried Chicken</i>? Ini Porsi yang Tepat Menurut Ahli GiziFoto: iStock

Baca juga: Mana yang Kalorinya Lebih Tinggi, Fried Chicken Bagian Dada atau Paha?

Tidak hanya anak-anak, banyak remaja hingga orang tua yang ternyata gemar konsumsi kulit ayam goreng. Karena mengandung lemak yang cukup tinggi, kulit ayam yang digoreng juga punya rasa yang sangat gurih. Apakah bisa berkontribusi terhadap kenaikan bobot berat badan secara drastis? Jansen mengatakan, kulit ayam memang mengandung lemak yang cukup tinggi, apalagi jika diolah dengan cara digoreng. Menggoreng kulit ayam dengan metode deep frying akan meningkatkan kandungan kalorinya.

Ini dikarenakan membuat lebih banyak minyak yang terserap sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus dan tidak diimbangi dengan aktvitas fisik, dapat dengan mudah memicu kenaikan berat badan.

Baca juga: Ada 3 Cara Makan Fried Chicken, Anda Tim yang Mana?

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan